Pabrik Kertas Nasi Coklat di Indonesia | PT Suparma Tbk


 

Saat ini pembungkus makanan kian beragam model dan jenisnya. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh pabrik kertas nasi coklat bernama PT Suparma Tbk untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kertas nasi coklat buatannya.

PT Suparma Tbk selalu berupaya untuk meningkatkan komitmennya dalam menghadirkan kertas bungkus coklat yang aman untuk dipakai sekaligus aman untuk lingkungan dalam jangka panjang. Komitmen itulah yang diwujudkan pada produk kertas nasi coklat PT Suparma Tbk merek Cap Gajah.

PT Suparma Tbk selalu menghormati setiap pelanggan kertas nasi coklat Cap Gajah. Oleh karena itu, lewat artikel ini, PT Suparma Tbk ingin membagikan cerita tentang perjalanan panjang keberhasilan menjadi pabrik kertas nasi coklat yang paling dipertimbangkan di Indonesia.

Sejarah PT Suparma Tbk: Pabrik Kertas Nasi Coklat di Indonesia

PT Supar Inpama telah berdiri sejak 25 Agustus 1976 di atas tanah seluas 5 (lima) hektar yang berlokasi di Jl. Raya Mastrip No.856, Warugunung, Kec. Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur 60221. Pada saat itu PT Supar Inpama dibantu  oleh 100 tenaga kerja yang ahli di bidangnya, sehingga mampu mempertahankan kualitas kertas.

Pada saat itu, PT Supar Inpama berhasil memproduksi kertas roll jumbo pertama yang berkapasitas keseluruhan 6.000 ton pada tahun 1978, di mana pada tahun itu masih belum ada pabrik kertas nasi coklat yang mampu memproduksi gulungan kertas roll sebanyak itu.

Pada tahun 1978, PT Supar Inpama berganti nama menjadi PT Suparma. Pergantian nama ini menjadi awal yang baik bagi pabrik kertas nasi coklat untuk masa depannya. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan produk kertas nasi coklat di Indonesia terus meningkat.

Demi memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat, PT Suparma menambahkan tiga mesin kertas termutakhir pada tahun 1983 sehingga kapasitas kertas roll yang dihasilkan mencapai total 36.000 ton per tahun. Jumlah tersebutpastinya masih terus ditingkatkan oleh PT Suparma sebagai pabrik kertas nasi coklat.

Sejalan dengan perkembangan sektor industrialisasi di Indonesia pada tahun 1992, PT Suparma meningkatkan kapasitas produksi dengan menambahkan dua unit mesin kertas terbaik di Indonesia. Dengan bantuan mesin-mesin tersebut, pada tahun 1992 PT Suparma meningkat dengan menghasilkan gulungan kertas dengan total keseluruhan mencapai 78.000 ton per tahun.

Keberhasilan PT Suparma tersebut menunjukkan kemampuan pabrik kertas nasi coklat ini untuk bersaing di era globalisasi. Oleh karena itu, pada 15 November 1994, PT Suparma resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan publik atau Tbk. Dengan demikian, "Tbk" resmi disematkan di belakang PT Suparma, menjadi PT Suparma Tbk.

PT Suparma Tbk kian meningkatkan kapasitas produksinya salah satunya dengan membangun pembangkit listrik dengan kapasitas 27 Megawatt (MWH) yang bertujuan agar mesin-mesin kertas dan operasional pendukung dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

Seiring dengan upaya PT Suparma Tbk menjaga mutu dan kualitas pabrik serta produk, pada tahun 2003 pabrik kertas nasi coklat ini resmi mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Baca Juga: Pabrik Kertas Bungkus Nasi Cap Gajah: Lokasi, Sejarah, Produk

Keberhasilan terbaru inilah yang mendorong PT Suparma Tbk untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kertas nasi coklat. Hal ini dibuktikan dengan penambahan mesin kertas terbaru untuk memproduksi semakin banyak kertas nasi coklat guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sejalan dengan penambahan mesin kertas, PT Suparma Tbk memperluas pabriknya menjadi 28 hektar. Dengan demikian, kapasitas produksi mencapai 230.000 ton per tahun. Selain kertas nasi coklat, PT Suparma Tbk juga memproduksi berbagai jenis produk berbahan dasar pulp seperti kertas industri, fine paper, hingga tisu yang berhasil dijual secara nasional dan internasional.

PT Suparma Tbk juga terus berupaya meningkatkan kapasitas produksi dengan menghadirkan dua mesin kertas terbaru pada tahun 2015 dan 2022. Peningkatan jumlah mesin ini sejalan dengan peningkatan kapasitas produksi secara keseluruhan, sehingga penting bagi PT Suparma Tbk untuk memiliki sertifikat-sertifikat kelayakan untuk produk kertas dan tisu dari PT Suparma Tbk.

Di tahun-tahun berikutnya, PT Suparma Tbk berhasil mendapatkan sertifikat sebagai berikut:

  • ISO 9001
  • ISO 14001

Kumpulan Produk Kertas Nasi Coklat

PT Suparma Tbk adalah pabrik kertas nasi coklat merek "Cap Gajah" dengan memproduksi sembilan jenis kertas nasi coklat dengan ukuran-ukuran yang berikut ini:

NO NAMA PRODUK Ukuran Isi
1 Kertas Nasi Coklat Kemasan Merah    
2 Kertas Nasi Coklat Kemasan Abu-Abu    
3 Kertas Nasi Coklat Kemasan Oren    
4 Kertas Nasi Coklat Kemasan Hijau    
5 Kertas Nasi Coklat Kemasan Merah Muda    
6 Kertas Nasi Coklat Kemasan Ungu    
7 Kertas Nasi Coklat Kemasan Merah    
8 Kertas Nasi Coklat Kemasan Biru    
9 Kertas Nasi Coklat Kemasan Biru Muda    

Cap Gajah: Kertas Nasi dengan Kualitas Teruji, Inovasi Terdepan Produksi PT Suparma Tbk

Sebagai pabrik kertas nasi coklat di Indonesia, PT Suparma Tbk telah berhasil mempertahankan kualitas produk "Cap Gajah" selama bertahun-tahun hingga saat ini.

Dengan selalu mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan konsumen, Cap Gajah terus berinovasi baru dalam dunia pengemasan makanan.

Melalui produk-produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, Cap Gajah tidak hanya menjadi pilihan favorit bagi para pedagang, tetapi juga memberikan kepuasan bagi konsumen.

ecommerce suparma

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 05 September 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer