Perusahaan Kertas Sustainability di Indonesia | PT Suparma Tbk


 

PT Suparma Tbk adalah perusahaan kertas sustainability di Indonesia yang memproduksi Tissue Plenty, Tissue See-U dan Cap Gajah.

Industri kertas memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, namun juga memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Oleh karena itu perusahaan kertas sustainability di Indonesia PT Suparma Tbk senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan produk dari kertas yang baik untuk manusia dan lingkungan.

PT Suparma Tbk memproduksi dua merek tisu dan merek kertas bungkus nasi terbaik di Indonesia. Hal itu karena PT Suparma Tbk memproduksinya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan yang melalui proses berstandar internasional sehingga menghasilkan produk yang aman dipakai sekaligus aman untuk lingkungan.

Perjalanan PT Suparma Tbk sangat panjang agar layak disebut Indonesia's Sustainable Paper Company seperti yang di bawah ini:

Sejarah Perusahaan Kertas Sustainability di Indonesia

PT Suparma Tbk (dahulu bernama PT Supar Inpama) adalah perusahaan kertas Sustainability di Indonesia yang memproduksi Tisu Plenty, Tissue See-U dan Kertas Nasi Cap Gajah.

PT Supar Inpama berdiri pada 25 Agustus 1976 di atas lahan seluas lima hektar yang awalnya didukung oleh 100 tenaga kerja ahli yang memastikan kualitas kertas tetap terjaga.

Pada dekade awal, PT Supar Inpama berhasil memproduksi kertas roll jumbo pertama dengan kapasitas 6.000 ton per tahun pada 1978. Saat itu, belum ada perusahaan kertas sustainability di Indonesia yang mampu menghasilkan gulungan kertas sebesar itu. Pada tahun yang sama, PT Supar Inpama berganti nama menjadi PT Suparma.

Baca Juga:

Pabrik Kertas Bungkus Nasi Cap Gajah

Seiring meningkatnya permintaan kertas nasi di Indonesia, PT Suparma menambah tiga mesin kertas baru pada 1983, sehingga produksi meningkat hingga 36.000 ton per tahun. Pada tahun 1992, PT Suparma menambah dua mesin lagi, sehingga produksi mencapai 78.000 ton per tahun.

Keberhasilan ini menunjukkan kemampuan PT Suparma Tbk dalam bersaing di era globalisasi. Pada 15 November 1994, PT Suparmaresmi menjadi perusahaan kertas sustainability di Indonesia yang sudah publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nama PT Suparma Tbk.

PT Suparma Tbk terus meningkatkan produksinya. Alhasil pada 1997, PT Suparma Tbk membangun pembangkit listrik berkapasitas 27 MWh guna mendukung operasional pabrik. Dengan demikian, produksi PT Suparma Tbk semakin meningkat, sejalan dengan perluasan pabrik hingga mencapai 28 hektar dan kapasitas produksi 230.000 ton per tahun.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi, PT Suparma Tbk sebagai perusahaan kertas Sustainability di Indonesia menambah dua mesin kertas pada 2015 dan 2022, serta mendapatkan sertifikasi kelayakan untuk kertas dan tisu, diantaranya: .

  • ISO 14001 (2016)
  • HALAL (2018)
  • SUCOFINDO (2020)
  • FSSC (2020)

Apa Saja Produk Sustainability?

PT Suparma Tbk sebagai perusahaan kertas Sustainability di Indonesia memproduksidua contoh produk sustainability yaitu tisu dan kertas bungkus nasi.

Merek tisu produksi PT Suparma Tbk adalah Plenty dan See-U. Sementara Merek kertas bungkus nasi produksi PT Suparma Tbk adalah Cap Gajah.

Tissue Plenty dan See-U dikemas dengan plastik yang menggunakan Teknologi OXO-Biodegradable "OXIUM" yang telah menerima “100% dan memenuhi standar ASTM 6954-04” (Panduan Standar yang dikembangkan untuk mengekspos dan menguji plastik yang terdegradasi di lingkungan dengan kombinasi oksidasi dan biodegradasi).

Contoh produk Sustainabilitylainnya dari PT Suparma Tbk yaitu kertas nasi bungkus "Cap Gajah" yang juga menggunakan Teknologi OXO-Biodegradable.

"OXIUM" di laminasinya dan sudah terbukti aman saat kontak langsung dengan makanan.

Komitmen PT Suparma Tbk Sebagai Indonesia's Sustainability Paper Company

Sebagai perusahaan kertas sustainability di Indonesia, PT Suparma Tbk terus berupaya mewujudkan visi keberlanjutan melalui Suparma Sustainability Initiative (SSI). Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) ke dalam seluruh aspek bisnis, PT Suparma Tbk tidak hanya menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham, tetapi juga berkontribusi aktif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

PT Suparma Tbk akan terus berupaya meningkatkan kinerja keberlanjutan dengan mengembangkan produk dan proses produksi yang lebih ramah lingkungan, serta memperkuat kemitraan dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama.

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 05 September 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer