4 Cara Buang Sampah untuk Bantu Mengurangi Pencemaran



 

Sampah menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai. Sampah  menjadi salah satu permasalahan utama masyrakat Indonesia. Kini permasalahan itu bergantung kepada generasi muda untuk dapat mengatasinya. Lakukanlah langkah kecil namun yang ampuh untuk mengurangi sampah, misalnya membuang sampah dengan cara yang tepat. Jangan meremehkan cara buang sampah karena ada saja yang salah dalam menerapkannya.

Niat baik belum tentu berbuah manis dikarenakan cara melakukannya yang kurang tepat. Hal itulah yang akan dirasakan jika tak menerapkan langkah-langkah membuang sampah yang benar seperti dalam artikel ini. Bukannya menjaga lingkungan, tapi malah mengotori lingkungan karena kesalahan yang tidak disengaja itu.

Oleh karena itu rayakanlah Sumpah Pemuda dengan berkontribusi agar lingkungan Indomesia yang membaik dan terbebas dari sampah. Bacalah artikel ini untuk melakukan cara pembuangan sampah yang tepat untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Cara Buang Sampah yang Tepat

Disekeliling kita pasti akan menemukan sampah organik dan anonganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari hayati seperti hewan dan tumbuhi sedangkan sampah anonrganik berasal dari benda non hayati. Perbedaan keduanya mempengaruhi cara buang sampah yang benar demi menghasilkan lingkungan yang bersih. Berikut ini cara buang sampah yang dikategorikan dari sampah organik dan anorganik.

1. Kenali Jenis Sampah

Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk akibat bakteri misalnya: sisa makanan, pembungkus makanan, tisu, olahan dari kayu, dan dedauan. Sementara sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa terurai secara alami. Biasanya sampah-sampah anorganik tersebut adalah perngkat elektronik, barang pecah belah, besi, dan juga plastik.

Sampah-sampah tersebut pasti ditemukan di sekitar kita. Tak heran jika kedua sampah itu adalah "penyumbang" sampah terbesar di Indonesia. Oleh karena itu lakuikanlah cara buang sampah secara bertahap dengan membedakan sampah-sampahnya terlebih dahulu. Lalu menjalankan cara-cara yang ada di bawah ini.

2. Pisahkan Jenis-jenis Sampah ke Tempat yang Berbeda

SMenyediakan tempat sampah lebih dari dua adalah solusi yang terbaik sekalipun hanya terdapat sampah organik yang ada di sekeliling Anda. Sampah organik terbagi jadi dua yaitu sampah organik kering dan sampah organik kbasah. Sampah organik kering meliputi: ranting pohon, dedaunan, dan bagian pohon yang lainnya. Sementara sampah organik basah yaitu: sisa makanan, buah, sayuran, dan sebagainya.

Sebaiknya lapisilah tempat sampah organik basah dengan kantong pplastik. Salah satu cara buang sampah ini bertujuan untuk memudahkan membuang sampah akhir dan mengurangi bakteri di sekitar sampah.

Meskipun tergolong sampah organik kering akan tetapi sampah tisu lebih baik dipisahkan dengan sampah organik kering yang lainnya. Tempat sampah khusus untuk tisu biasanya ada di beberapa fasilitas umum seperti perkantoran.

3. Letakkan Tempat Sempat di Area yang Sesuai

Cara buang sampah ini bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat Anda saat ingin membuat sampah. Dengan demikian Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencari tempat sampah.

Tak lupa berikan tulisan di kepala tempat sampah mengenai barang apa saja yang boleh dibuang pada tempat sampah tersebut. Tulisan itu berguna untuk menginformasikan orang yang ingin membuang sampah agar menyesuaikan dengan sampah yang dibuangnya.

4. Sisihkan Sesuai Jenisnya

Ini perlu dilakukan ketika Anda ingin membuang bungkus makanan yang di dalamnya terdapat sisa-sisa makanan. Cara buang sampah ini bertujuan untuk memudahkan petugas kebersihan saat menaruhnya ke tempat pembuangan akhir.

Menyisihkan sampah sesuai jenisnya akan memudahkan Anda saat ingin melakukan daur ulang. Salah satu benda yang dihasilkan dari cara buang sampah ini adalah pupuk kompos dari sisa makanan , buah, dan sayur. Benda ini dapat membantu menyuburkan tanaman sehingga membuatnya tumbuh besar dan rindang.

Jadilah Pemuda Indonesia yang Tertib Demi Lingkungan yang Bersih

Generasi muda berhadapan dengan permasalahan lingkungan yang sangat kompleks. Itu terjadi karena kecerobohan kita saat membuang sampah yang seakan tidak memperdulikan efek panjangnya.

Inilah saatnya kita untuk membenahi lingkungan dengan tertib membuang sampah seperti cara buang sampah ydalam artikel ini. Selain itu mengurangi sampah pun bisa dilakukan dengan memilih produk-produk ramah lingkungan dari perusahaan yang menjalankan sustainability demi keberlangsungan masa depan yang lebih terjamin.

Pilihlah produk-produk PT SUPARMA Tbk demi keberlanutan masa depan yang lebih terjamin karena mengurangi sampah yang tidak dapat diolah kembali.

Referensi:

www.hellosehat.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 03 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer