7 Cara Masak Ikan yang Sehat dan Praktis Dibuat di Dapur



 

Ikan adalah sumber protein tinggi yang baik untuk tubuh dan mudah didapatkan di Indonesia. Sebagai negara martitim, Indonesia menyimpan beraneka ragam ikan untuk sumber protein harian Anda dan keluarga. Keaneka ragaman ikan di Indonesia memunculkan aneka ragam cara masank ikan yang sehat sehingga perlu untuk dipraktekkan sendiri.

Memasak ikan yang benar membuat kandungan proteinnya tidak akan berubah. Selain itu memasak ikan yang benar akan mengurangi kontaminasi bakteri di dalam ikan yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan.

Penting bagi Anda, khususnya jika Anda seorang Ibu untuk mempraktekkan seluruh cara memasak ikan dalam artikel ini. Selain menghindari berkurangnya kandungan vitamin di ikan, aneka cara mengolah ikan yang sehat ini dapat mengurangi kebosanana anggota keluarga sehingga mereka lebih lahap saat menyantap ikan yang Anda buat.

Tak lupa untuk senantiasan menjaga kebersihan dapur setelah membuat olahan ikan yang menggugah selera. Satu alat kebersihan itu wajib ada di dapur Anda. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mengetahui peralatan kebersihan dapur yang dimaksud.

Cara Masak Ikan yang Sehat

Lakukanlah cara masak ikan yang sehat ini agar vitamin pada ikan tersaji penuh demi kesehatan seluruh anggota keluarga.

1. Panggang / Baking

Memanggang termasuk cara masak ikan yang sehat karena tidak menggunakan tambahan minyak. Minyak dalam ikan akan membantu melumuri badan ikan saat dipanggang sehingga hal itu lebih menyehatkan daripada menggunakan minyak goreng.

Dengan demikian cara pemasakan ini cocok jika diaplikasikan kepada jenis ikan yang mengandung minyak, diantaranya:almon, tuna, ikan trout air tawar, dan ikan layur. Selain mengandung minyak yang baik, ikan-ikan tersebut punya tekstur daging yang padat sehingga tidak mudah hancur saat dipanggang.

Cara masak ikan dengan cara dipanggang cocok untuk ikan yang diolah utuh agar daging ikan tetap tersaji dengan utuh. Bila memamungkinkan, gunakanlah mentega atau minyak kelapa secukupnya. Hal itu beguna untuk mengurangi kemungkinan kolestrol dari penggunaan minyak yang berlebihan.

2. Kukus

Selain menyehatkan, mengukus adalah cara masak ikan yang sehat agar matangnya menyeluruh. Dengan merapatkan tutup pengukus maka panasnya di dalamnya akan menyebar ke seluruh bagian ikan.

Mengukus tidak menghilangkan banyak vitamin pada ikan sehingga cata masak ikan yang sehat ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Hal itu karena orang yang diet membutuhkan asupa makanan yang vitamin dan proteinnya cukup banyak tanpa tambahan minyak yang menyebabkan lemak.

Mengukus ikan membuat tekstur daging terasa lebih lembut sehingga mudah untuk dikunyah. Dengan demikian daging ikan yang dikukus cocok untuk isian makanan misalnya dimsum.

Ikan yang cocok diolah dengan cara dikukus yaitu yang tergolong ikan berlemak dan berdaging putih. Contoh jenis ikan yang cocok dengan cara dikukus ialah: ikan kod, lele, dan juga kakap.

3. Tumis

Masih belum bisa lepas dari makanan yang digoreng? Tenang, Anda masih bisa menggoreng ikan namun masih tergolng sehat yaitu dengan cara menumisnya.

Tumis memerlukan minyak yang sedikit untuk membantu mengeluarkan aroma gurih dari ikan yang ingin di masak. Umumnya jenis ikan yang cocok untuk menggunakan cara masak ikan yang sehat yaitu ditumis adalah ikan berdaging putih dan beberapa seafood seperti udang, kerang, dan tiram.

Agar protein dan aneka vitamin dalam ikan tetap terjaga, gunakanlah mentega dan minyak zaitun dengan jumlah yang sedikit. Gunakanlah kedua minyak tersebut di atas panci anti lengket agar Anda tak menggunakan banyak minyak untuk menumin ikan.

Mentega dan minyak zaitun dipilih karena punya kandungan vitamin A,E,K, dan Selenium. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk menambahkan nutrisi pada tubuh. Pastikan agar tidak menggunakan kedua minyak itu dengan berlebihan demi nebjaga kebutuhan vitamin pada tubuh.

4. Poaching

Poaching adalah cara masak ikan yang sehat dengan memasukannya dalam air atau kaldu panas yang belum mendidih. Kira-kira suhu air tersebut diantara 70 – 82º Celsius. Cara memasak ikan ini cpcok untuk ikan yang berdaging lembut mcontohnya ikan kod, ikan halibut, tuna ekor kuning, dan mujair.

Agar nutrisi dari ikan teteap terjaga, gunakanlah kaldu atau air yang sudah dicampurkan dengan aneka sayuran. Jika daging ikan sudah lembut, angkat dan tiriskan hingga dingin dan mengikuti proses olahan lainnya untuk menghasilkan makanan dari daging ikan yang menyehatkan.

Poaching lebih nikmat dengan pemberian aneka bumbu rempah-rempah yang menggugah cita rasanya. Bawang putih, bawang bombay, serta campuran rempah-rempah lainnya yang membuat kaldunya menyehatkan dan terasa nikmat saat dinikmati saat hangat.

5. Dimasak di Microwave

Microwave juga dapat digunakan untuk memasak ikan yang sehat dengan waktu yang cepat dan praktis karena tidak membutuhkan banyak peralatan masak. Cara masak ikan yang sehat ini tidak akan mengurangi kandungan vitamin pada ikan karena pancaran panasnya yang tidak tinggi seperti masak pada umumnya.

Menggunakan microwave tidak akan menghilangkan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan. Omega 3 bermanfaat untuk memperlambat degenerasi otak yang dapat menyababkan kepikunan. Dengan demikiancara masak ikan yang sehat ini dapat menjaga nutrisi ikan dan baik untuk kesehatan tubuh

Menggunakan microwave membuat Anda tidak akan menggunakn minyak tambahan lagi untuk memask daging ikan. Dengan demikian daging ikan menjadi lebih sehat dan baik untuk kesehatan otak.

6. Grilling

Grilling dan memanggang sekilas mirip. Akan tetapi griling adalah teknik memanggang di atas pemanggangan yang terbuka atau grill. Biasanya cara masak ikan yang sehat ini sebelumnya telah dipotong sesuai selera. Berbeda dengan pemanggangan yang biasanya menggunakan ikan utuh yang dilumuri dengan bumbu yang aromanya sangat menggugah selera.

Ikan yang grilling nikmat disantap dengan aneka olahan sayuran yang menyehatkan seperti aneka tumisan sayuran. Dengan perpaduan sayuran dan ikan yang dimasak dengan benar maka nutrisi yang didapatkan dalam tubuh akan terasa kompleks dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

7. Cara Masak Ikan yang Sehat Bertekstur Kuah

Jika ingin memasak ikan yang sehat dan menyegarkan, cobalah untuk melakukan cara masak ikan yang sehat yaitu olahan pindang. Cara masak ikan ini tergolong menyhatkan karena minim menyebabkan lemak dan kalori.

Kuah pindang terasa asam, manis dan sedikit pedas sehingga memberikan rasa yang menyegarkan dan sangat nikmat untuk dihidangkan bersama-sama. Agar nutrisi lengkap, tambahkan nasi secukupnya dalam piring sehingga menikmati ikan olahan pindang akan menambahkan energi.

Umumnya ikan yang diolah dengan cara pindang ini adalah Ikan Kembung. Jenis ikan ini dinilai lebih murah daripada ikan laut lainnya seperti tuna dan salmon.

Hadirkan Makanan Sehat di Rumah Bersama Dapur yang Selalu Bersih

Dapur bersih membuat Anda nyaman untuk menghidangkan olahan ikan yang bergizi tinggi untuk keluarga. Selain nyaman, kebersihan dapur akan meminimalisir kontaminasi bakteri yang masuk dalam olahan ikan Anda.

Oleh karena itu gosokanlah tisu ke setiap sudut dapur setiap sesudah menggunakannya. Pakailah tisu dapur dari merek yang berkualitas karena dapat mengngkan koptoran yang cepat. Selain itu sheets tisunya yang kuat membuatnya tidak akan robek dan meninggalkan residu baru yang membuat Anda sulit untuk membersihkannya.

Tisu dapur See U adalah pilihan yang tepat karena keunggulan0keunggulan tersebut pasti dirasakan. Satu usapan sudah cukup membersihkan dapur sehingga apapun olahan ikan yang Anda masak terjaga kebersihannya.

    Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 15 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer