4 Cara Melestarikan Pohon Paling Mudah di Lingkungan Sekitar



 

Pohon adalah adalah anygerah Tuhan yang memberikan kita segudang manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sayangnya kita terlena dengan manfaatnya sehingga kita secara tidak sengaja memanfaatkannya secara berlebihan sehingga menyebabkan pengurangan jumlah pohon yang semakin signifikan. Kini saatnya untuk melakukan cara melestarikan pohon tanpa menunggu orang lain untuk memulainya terlebih dahulu.

Jadikan diri Anda sebagai pionir kelestarian pohon dengan menerapkan aktivitas-aktivitas kecil yang berharga untuk kemudian hari. Dengan tindakan Anda diharapkan semua orang semakin mengerti pentingnya kehidupan pohon untuk kita semua.

Mulailah dengan cara yang sederhana dan dari lingkungan sekitar, misalnya rumah. Kebiasaan itu akan terbawa hingga Anda berada dimana saja. Perlahan mereka akan tahu apa yang Anda lakukan sehingga mereka akan menirunya karena kesadaran diri mulai terbangun. Tirulah cara-cara berikut ini dan ketahuilah perusahaan yang sudah menjalankan kelestarian pohon dengan menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

1. Mengontrol Penggunaan Kertas

Menghemat penggunaan kertas termasuk dalam cara melestarikan pohon yang bisa dilakukan dari rumah. Mulai saat ini kurangi penggunaan kertas dengan beralihlah ke digital. Kini kegiatan menulis apapun bisa dilakukan di smartphone Anda dengan demikian berkuranglah penggunaan kertas untuk mencatat apapun di rumah.

Jika Anda punya kertas banyak di rumah maka manfaatkanlah kembali. Pemanfaatan kertas bekas di rumah yaitu dengan menjadikannya kliping kemudian memanfaatkan halaman yang kosong untuk menulis hal-hal yang lain.

Cara melestarikan pohon engan cara menghemat kertas pun dapat dilakukan saat di kantor. Kumpulkanlah kertas-kertas yang masih layak namun sudah tak terpakai. Setelah itu manfaatkan lembaran yang kosong untukkertas cetak. Itulah yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan kertas.

2. Cara Melestarikan Pohon dengan Memilih kemasan ramah lingkungan

Kemasan produk digunakan sebagai identitas produk yan ada di dalamnya. Anda akan menemukan informasi yang lengkap tentang roduk yang ingin dibeli pada kemasan tersebut.

acalah deskrisp-deskripsinya secara seksama disetiap sudut kemasan. Bila perlu cari tahu definsisi logo-logo yang ada di kemasan tersebut melalui internet.

Simbol FSC yang tercantum pada kemasan produk berarti sebuah informasi mengenai bahan baku yan dipakai. Produk tersebut telah menggunakan sumber bahan baku dari pohon yang bertanggung jawab. Rasa tanggung jawab itu dikarenakan telah patuh terhadap persayaratan yang ditentukan dan disepakati secara global dalam menjaga kelestarian pohon.

3. Upcycle Kemasan yang Tak Terpakai

Upcycle adalah proses yang mengubah barang asli menjadi barang yang memiliki kemanfaatan baru namun tidak menghilangkan bentuk asli. Kemasan yang terbuat dari beberapa bagian di pohon biasanya dapat digunakan lagi. Dengan demikian jangan terburu-buru untuk membuangnya karena dapat bermanfat untuk hal-hal yang lainnya.

Agar upcycle tepat sasaran, cara melestarikan pohon yang bisa dilakukan yaitu pilah-pilah semua limbah Anda. Pisahkan kemasan yang terbuat dari plastik dan berbahan baku bagian dai pepohonan. Hiasilah kemasan jika diperlukan dan rasakanlah manfaat dari kemasan yang terbuat dari bahan baku ari pohon.

Penggunaan kemasan dari pohon berulang kali ada membantu pohon-ohon tetap lestarikan. Penebangan liat dapat diminimalisir karena berkurangnya kebutuhan terhadap kemasan setiap harinya.

4. Manfaatkan media sosial

Cara melestarikan pohon ini adalah upaya untuk menyadarkan khalayak yang lebih luas lagi. Soial media mampu menjaring orang-orang yang lebih banyak untuk menyadarkan ke orang lain mengenai hal-hal yang baik.

Ajaklah orang lain untuk meniru apa yang Anda lakukan dengan melestarikan pepohonan. Bila perlu bangunlah sebuah komunitas, kemudian buatlah pergerakan yang nyata terhadap komunitas itu seperti ikut serta acara pemerintah dan suatu lembaga untuk melestarikan pepohonan.

Tingkatkan jejaring dengan orang atau lembaga yang meluas dalam mengajaknya untuk melakukan cara melestarikan pohon. Hal itu bertujuan agar niat baik Anda untuk melestarian pohon dapat dijalankan dengan maksimal berkat kesadaran orang-orang seluruh Indonesia bahkan dunia.

Perusahaan yang Melestarikan Pohon

Masyrakat Indonesia mampu mengolah seluruh bagian dari pepohonan menjadi benda-benda yang berguna. Kini sudah banyak bermunculan aneka benda-benda yang dibuat menggunakan bahan baku pepohonan.

Lambat laun kebutuhan benda dari pohon semakin meningkat sehingga sejalan dengan meningkatnya kebutuhan bahan baku pepohonan yang semakin banyak. Parahnya lagi banyak pepohonan yang ditebang demi memenuhi kebutuhan kita sehingga mengakibatkan pepohonan semakin menipis yang berdiri kokoh di atas tanah. Itulah yang menyebabkan semua negara di dunia memasuki musim arurat kehilangan pohon di hutan semakin banyak setiap harinya.

Kami ikut prihatin terhadap pengurangan jumlah pepohonan di dunia. Sebagai prosen oroduk dari pepohonan hutan, kami ingin menghentikan penggundulan hutan itu dengan ikut serta menjadi bagian dari lembaga FSC di setiap produk kami.

Anda pasti menemukan logo FSC di kemasan-kemasan produk kami. Itulah yang membuktikan keikut sertaan kami untuk menjaga pepohonan dunia agar tetap lestari.

Dengan demikian yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti cara melestarikan pohon di atas dan memilih produk-produk dari PT SUPARMA Tbk dengan melakukan pembelian di link-link di bawah ini:

  • E Commerce PT Suparma Tbk
  • Shopee PT Suparma Tbk Jakarta
  • Shopee PT Suparma Tbk Surabaya
  • Shopee PT Suparma Tbk Bandung
  • Tokopedia PT Suparma Tbk Jakarta
  • Tokopedia PT Suparma Tbk Surabaya
  • Tokopedia PT Suparma Tbk Bali
  • Tokopedia PT Suparma Tbk Bandung
  • Blibli PT Suparma Tbk Surabaya
  • Blibli PT Suparma Tbk Jakarta
  • Blibli PT Suparma Tbk Bandung
  • Lazada PT Suparma Tbk Jakarta
  • TikTok Shop PT Suparma Tbk

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 23 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer