Runtutan Cara Membersihkan AC Sendiri yang Mudah Sekali


 

Udara di ruangan yang terasa panas sangat mengganggu kenyamanan. Imbasnya akan mempengaruhi produktivitas Anda di ruangan tersebut. Penyebab ruangan terasa panas bisa jadi karena AC tidak menghembuskan udara yang segar. Inilah saatnya untuk melakukan cara membersihkan AC sendiri seperti pada artikel ini.

Dengan mengetahuinya, Anda pun tidak akan tergantung dengan orang lain. Kemandirian dalam membersihkan AC juga dapat menghemat pengeluaran. Dengan demikian Anda pun bisa membersihkannya saat dibutuhkan,

Tak lupa siapkanlah satu alat kebersihan berupa tisu. Namun jangan asal memilih jenis tisu, pilihlah jenis tisu yang tepat dengan mengetahuinya di akhir artikel ini. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara Membersihkan AC Sendiri

Dengan mengetahui cara membersihkan AC sendiri dijamin ruangannya menjadi lebih dingin. Berikut ini cara-caranya.

1. Siapkan Peralatan yang diperlukan

Saat membersihkan AC sendiri, siapkanlah peralatan-peralatan yang di bawah ini:

  • Obeng
  • Sikat gigi bekas atau kuas
  • Tisu kering khusus
  • Kemoceng
  • Vacuum cleaner
  • Air secukupnya
  • Cairan pembersih

Alat-alat tersebut wajib ada agar AC terasa bersih layaknya dibersihkan oleh orang yang profesional.

2. Lepas Aliran Listrik di AC

Pastikan AC dalam kondisi netral yang tidak dialiri listrik. Cara membersihkan AC sendiri ini penting agar terhindari dari konsleting dan kesetrum.

Membersihkan AC menggunakan air dan cairan pembersih. Kedua alat tersebut jadi penghantar kelistrikan yang cepat sehingga mudah mengalami konsleting dan kesetrum.

Setelah dilepas, jangan buru-buru untuk membersihkan AC. Agar saklar tidak terciprat air maka tutuplah dengan menggunakan lakban. Atau, Anda pun bisa mengganti lakban dengan tisu kering dengan cara memasukkan gumpalan tisu ke dalam lubang saklar.

3. Buka Permukaan luar AC

Permukaan terluar dari AC kerap disebut dengan cover atau casing. Mula-mula bersihkan permukaannya menggunakan kemoceng untuk menghilangkan debu. Namun Anda bisa menggunakan tisu dalam membersihkan permukaan luar AC bila ada kotoran debu yang cukup lengket.

Pada cara membersihkan AC sendiri ini, harus diakhiri dengan tisu kering dengan lembaran yang baru. Cara ini berguna untuk benar-benar menghilangkan kotoran sehingga permukaan luarnya jadi konclong seperti baru.

4. Lepas dan Bersihkan Filter

Fungsi filter ac adalah untuk menyaring debu dan menjaga kelembapan di udara. Jika filter ac kotor maka AC akan tidak stabil dalam bekerja sehingga menimbulkan kejadian yang lebih parah misalnya AC ditumbuhi oleh jamur.

Ketika Anda merasa AC sudah tidak dingin, maka segeralah periksa filternya. Jika sudah terlihat kotor maka cara membersihkan AC sendiri ini pertama-tama membersihkan debu menggunakan vacuum dan kuas. Pastikan kuas dalam kondisi bersih sebelum digunakan.

Setelah itu cucilah filter AC menggunakan air jika dterlihat tidak terlalu kotor. Namun jika filter AC terlalu kotor maka gunakanlan sabun cuci piring untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di filter.

Setelah itu keringkan filter dengan cara menjemur dibawah sinar matahari. Proses pengeringan ini dinilai lebih baik karena dapat membnuh kuman-kuman yang menempel di filter ac.

5. Bersihkan Bilah Evaporator

Saat membersihkan Evaporator, jangan lupa tutup area lantai dan dinding di dekat AC. Cara ini bertujuan untuk meminimalisirk tumpahan atau percikan air kotor yang mungkin mengotori lantai dan dinding di sekitarnya.

Selain ditutup, cara membersihkan AC sendiri dalam hal ini lebih baik menyiapkan ember. Bnda tersebut berguna untuk menampung kucuran air setelah membersihkan cairan pembersih AC.

Lakukanlah penyemprotan evaporator dengan berhati-hati. Cara itu bertujuan agar airnya tidak terkena komponen penting lainnya di AC.

6. Masukan Filter AC ke Tempat Semula

Cara membersihkan AC sendiri yang terakhir ini bisa dlakukan setelah filter AC sudah benar-benar kering. Ini sangat penting untuk mencegah pertumbuhan jamur di area filter AC.

Setelah itu, Anda dapat menguji dengan menghidupkan AC. Jika udara sudah terasa sejuk dan segar lagi, ini menandakan bahwa proses pembersihan sudah selesai.

Terakhir, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah selesai membersihkan. Agar tubuh Anda terbebas dari debu-debu kecil.

Jenis Tisu untuk Membersihkan AC

Setelah melakukan semua cara-cara tersebut, jangan lupa bersihkan are asekitar dari debu dan percikan air menggunakan tisu. Agar air dan debu cepat terangkat gunakanlah tisu untuk membersihkan AC yang tepat.

Tisu itu punya daya serap yang lebih baik daripada jenis tisu yang lainnya. Bahkan selain itu, jenis tisu ini juga digunakan untuk mengeringkan tangan setelah Anda mencuci tangan. Dengan demikian jens tisu untuk membersihkan AC tersebut adalah tisu pengesat atau tisu hand towel.

Berkat emboss yang melimpah di setiap sisinya maka tisu hand towel mampu menyerap kotoran dan percikan air bahkan dalam sekali usap. Bahkan kemampuan daya serapnya dapat mengalahkan kain lap.

Disamping daya serapnya yang tinggi, akan lebih baik jika Anda memilih merek tisu yang ramah lingkungan. Dengan memilihnya maka Anda telah berkontribusi untuk menghadirkan lingkungan yang berkelanjutan untuk masa depan.

See U Hand Towel Bantu Hadirkan Udara yang Segar

Ruangan yang segar dapat meningkatkan produktifikas kerja dan aktivitas-aktivitas Anda. Oleh karena itu rutinlah dalam membersihkan AC secara mandiri dengan mengikuti cara membersihkan AC sendiri di atas.

Membersihkan AC sendiri jadi lebih menyenangkan saat menggunakan tisu yang tepat. Bukan hanya daya serap yang baik tapi tisu untuk membersihkan AC itu dipercaya karena ramah lingkungan.

Oleh karena itu tisu ee U hand towel jaditisu yang wajib dimiliki. Dengan demikian sediakan tisu hand towel See U dengan membelinya di sini:

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 01 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer