5 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Bongkar, Siapapun Bisa


 

Indonesia dilanda musim kemarau di waktu-waktu tertentu. Hal itu menyebabkan wilayah indonesia terasa sangat panas meskipun di dalam ruangan. Tak heran bahwa setiap rumah, kantor, ruko, dan sebagainya disiapkan kipas angin berbagai bentuk. Jika Anda juga memilikinya, jangan lupa lakukanlah cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar.

Cara ini penting untuk diketahui bagi Anda yang tidak terlalu mengetahui komponen-komponen kipas angin. Jika itu dipaksakan maka akan merusak kipas angin karena kesalahan memasang komponen kecil kipas angin.

Selain tutorialnya, kami akan ajak Anda untuk tahu penjelasan mengenai kipas angin atau AC yang lebih baik. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kipas Angin VS AC, Mana yang Lebih Baik?

Kedua alat pendingin itu adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Keduanya punya keunggulan masing-masing untuk Anda pertimbangkan.

AC lebih unggul dari segi kemampuannya untuk mengusir hawa panas. AC punya pilihan suhu yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Selain itu mode hembusan air dapat diatur misalnya: Fan, Swing, dan lain sebagainya sesuai merek AC.

Sayangnya kipas angin tidak bisa meniru kehebatan AC dalam menghembuskan udara yang segar. Kipas hanya menghembuskan angin namun tidak mengubah udara di dalam ruangan. Jadi sekalipun Anda menyalakan dengan volume yang besar maka udaranya tidak dapat sejuk seperti yang dilakukan oleh AC.

Kipas angin VS AC juga dibandingkan dari segi kesehatannya. Sebaliknya dalam hal ini kipas angin dinyatakan lebih sehat daripada AC. Air Conditioner (AC) menyebabkan sirkulasi udara sangat buruk. Itu karena ruangan AC harus tertutup sehingga tidak ada pergantian udara yang baik.

Menggunakan kipas angin tidak mengharuskan ruangannya tertutup. Oleh karena itu udaranya masih bisa bersirkulasi keluar dan masuk dengan baik.

Sirkulasi buruk AC secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan. Oksigen yang menipis dan karbon dioksida yang meningkat mengakibatkan sesak nafas, kelelahan, dan sakit kepala.

Kipas angin VS AC bisa jadi keduanya mengancam kesehatan kita jika tidak dibersihkan dengan baik. Pada artikel ini, kami tidak membahas tentang cara membersihkan AC. Tapi fokus artikel ini adalah menginformasikan tentang cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar. Hal itu karena menurut kami membersihkan kipas angin lebih mudah dan memerlukan waktu yang cukup singkat.

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Bongkar

Tanda-tanda kipas angin yang kotor sangat mudah dikenali. Jadi jangan menunda ketika ingin membersihkannya karena cara membersihkan kipas angin bisa dilakukan tanpa dibongkar.

Ada 5 (lima) cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar yang bisa Anda tiru. Tidak perlu banyak waktu dan juga tidak perlu meminta tolong orang lain. Cara-cara ini bisa dilakukan sendiri.

1. Menggunakan Blower

Cara membersihkan kipas angin tanpa dibongkar dengan menggunakan blower yaitu pertama bawalah kipas ke luar ruangan. Cara tersebut bertujuan agar debunya tidak mengotori seluruh ruangan. Kemudian semprotkan blower ke arah kipas Anda sambil digerak-gerakan agar debu cepat rontok.

Namun cara ini akan lebih efektif jika debu dalam kipas tidak terlalu tebal. Dengan demikian debu-debu tersebut jadi lebih mudah untuk rontok.

Cara membersihkan kipas angin pakai blower lainnya adalah menggunakan bantuan kantong plastik berukuran besar. Benda tersebut untuk mencegah debu-debu kecil yang terjatuh di lantai. Itu akan sulit dibersihkan dan menyebabkan lantai licin.

2. Dibersihkan Pakai Hair Dryer

Cara membersihkan kipas angin menggunakan hair dryer sama seperti blower. Fungsi hair dryer adalah untuk mendorong debu keluar dari baling-balingnya.

Perhatikan jaraknya ketika Anda menerapkan cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar dengan hair dryer. Agar hasil maksimal gunakanlah jarak 15-20 centimeter. Dikarenakan hair dryer punya kemampuan hembusan angin yang kecil maka dekatkanlah ke baling-baling kipas. Beda halnya dengan menggunakan blower, menggunakan jarak tersebut justru akan merusak komponen kipas angin.

Gunakanlah udara yang paling dingin. Ini mencegah semburan angin yang bisa merusak komponen.

3. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner dikenal sebagai alat yang mampu menyedot debu di berbagai barang. Cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar ketika menggunakan vacuum cleaner dalam memilih jenis ujungnya. Pilihlah ujung vacuum cleaner yang kecil agar debu-debunya bisa mudah tertarik.

Kemudian gantilah ujung vacuum cleaner dengan model sikat. Ini digunakan saat terdapat debu-debu kecil dan dibersihkan menggunakan ujung vacuum tersebut.

4. Memakai Air Duster

Udara dari air duster lebih kencang daripada yang lain. Itu terlihat dari bentuknya maka tak heran semprotan udara sangat kencang.

Berhati-hatilah saat menggunakan ini. Udara yang kencang bisa akan merusak komponen kipas angin di dalamnya. Oleh karena itu cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar dengan air duster adalah menjaga jaraknya.

Jarak minimal yang disarankan adalah 30 sentimeter. Jarak itu pun bisa digunakan pada debu-debu yang lengket sehingga mudah untuk rontok.

Namun jika debu-debunya sudah menipis, jauhkanlah jaraknya sambil digoyang-goyangkan. Dengan demikian debunya agar cepat rontok.

5. Menggunakan Cairan Tertentu

Cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar bisa menggunakan cuka yang dicampur dengan baking soda dan sabun cuci piring.

Campurkanlah benda-benda tersebut ke dalam satu wadah. setelah itu tuangkan pada semprotan yang sudah dipersiapkan. Gunanya semprotan itu agar cairan tersebut bisa menyebar dengan baik.

Setelah itu semprotkan cairan tersebut ke kipas angin secara merata. Setelah itu balut baling-baling kipas angin dengan kantong plastik besar. Setelah itu hidupkan dan biarkan 10-15 menit. Lihatlah, kotoran tersebut akan jatuh di kantong plastik tersebut.

Cuka adalah cairan alami yang bermanfaatkan untuk beberapa hal. Bahkan kami pernah membuatkan artikel tentang manfaat cuka untuk menghilangkan goresan di mobil.

Kipas Bersih, Hembuskan Angin yang Sehat Pula

Itulah pilihan cara membersihkan kipas angin tanpa bongkar yang wajib Anda lakukan. Tidak perlu memaksakan untuk memiliki barang-barang diatas. Gunakanlah barang yang sekiranya Anda punya dari beberapa cara di atas.

Namun ada satu benda yang tidak boleh dilewatkan dalam membersihkan kipas angin yaitu tissue kering. Tissue berguna untuk membersihkan kerangka besi dan atau kerangka luar kipas lainnya. Dengan menggosokkan tissue maka sisa cairan dan noda itu bisa langsung terangkat.

Pilihlah tissue See U dan Plenty sebagai tissue untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di kipas angin. Itu akan membuat hembusan angin lebih bersih dan tidak khawatir jika dipakai lagi.

Sudah menyediakan tissue See U dan Plenty belum?

    Referensi:
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 16 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer