6 Cara Membersihkan Kompor Agar Bersih Maksimal Dengan Tisu


 

Pernahkah Anda mengabaikan kebersihan kompor setelah memasak hidangan favorit keluarga? Salah satu alasannya yaitu karena membersihkan kompor sangat menyulitkan dan membutuhkan waktu lama. Jika Anda salah satu orangnya, berarti Anda perlu meniru cara membersihkan kompor yang ada pada artikel ini.

Membersihkan kompor yang cepat dan bersih perlu menggunakan cairan pembersih tertentu. Cairan tersebut akan melunakkan kotoran kemudian kotoran tersebut diangkat menggunakan tisu untuk membersihkan kompor.

Agar kotoran cdi permukaan kompor cepat terangkat, gunakan jenis tisu yang tepat. Oleh karena itu jenis tisu itu akan Anda ketahui di akhir artikel ini.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui cara membersihkan sekaligus mengetahui jenis tisu yang dimaksud. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara Membersihkan Kompor yang Tepat

Inilah cara membersihkan kompor yang tepat yang dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan demikian kebersihan dapur pun selalu terjaga kebersihannya kapan saja.

1. Matikan Kompor

Cara membersihkan kompor yang pertama ini sangat krusial untuk mencegah kebakaran atau kecelakaan tunggal saat membersihkan kompor. Pastikan kompor benar-benar dalam keadaan dingin sebelum mulai membersihkannya. Hal itu untuk memastikan tidak ada aliran air atau listrik yang tertinggal di dalam kompor yang ingin dibersihkan.

Kompor yang sudah dingin memudahkan Anda untuk membersihkan sela-sela kompor. Kemudahan itu karena sela-sela kompor tidak lagi terasa panas yang akan mengganggu tangan Anda ketika dibersihkan.

2. Lepas Bagian Kompor yang Mudah Dilepas

Lepaskanlah bagian kompor yang dapat dilepas agar dapat melakukan cara membersihkan kompor yang sangat detail. Beberapa bagian yang dapat dilepas yaitu diantaranya pemanggangan atau  gril dan juga tungku kompor. Kedua bagian ini termasuk bagian kompor yang wajib dibersihkan karena noda minyak dan lemak banyak menumpuk di sana.

Proses pelepasan itu harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan produsen. Namun sebelum melepaskannya, pastikan untuk mengingat posisi awal setiap bagian agar dapat dipasang kembali dengan benar setelah selesai membersihkan.

3. Oleskan Cairan Pembersih

Cara membersihkan kompor pada tahapan pengolesan cairan pembersih ini wajib dilakukan setelah melakukan cara kedua. Hal itu bertujuan agar caoran pembersihnya bisa masuk ke dalam sela-sela kompor dengan baik sehingga tidak ada kotoran yang terlewatkan.

Zat kimia pada cairan pembersih berfungsi melunakkan kotoran di sela-sela kompor. Pemilihan pembersih yang tepat untuk jenis kompor Anda sangat penting untuk mendapatkan hasil pembersihan terbaik. Pastikan pembersih aman digunakan pada permukaan yang bersentuhan dengan makanan setelah membaca petunjuk penggunaan.

Lebih aman lagi jika Anda mempertimbangkannya untuk menggunakan cairan alami. Cairan pembersih kompor yang alami diantaranya: air panas, jeruk nipis, minuman bersoda, cuka garam, baking soda dan cuka.

Setelah melunak barulah Anda mudah untuk mengangkatnya. Namun zat-zat kimia itu akan berfungsi dengan baik jika Anda memberiakannya beberapa saat.

Tidak ada batasan waktu khusus saat membiarkan cairan pembersihnya bekerja. Namun lebih baik jika diberikan cairan pembersih secara berkala tergantung dengan kondisi kotoran yang ada di kompor.

4. Gosok Menggunakan Tisu Dapur

Setelah menunggu beberapa saat, kotoran di kompor akan melunak sehingga memudahkan Anda saat membersihkannya. Angkatlah kotoran-kotoran di kompor dengan menggunakan tisu dapur dengan cara di gosok.

Bila perlu gosokan dengan gerakan searah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi komtainasi kotoran di bagian yang sudah bersih.

Gantilah secara berkala lembaran tisu dapur saat digunakan untuk mengangkat kototan di kompor. Ulangi cara ini sampai tidak ada kotoran yang menempel di lembaran tisu.

5. Bilas Sekali Lagi dengan Cairan Pembersih

Agar memastikan kompor benar-benar bersih, berikan cairan pembersih sekali lagi. Kemudian usaplah dengan menggunakan tisu kering secara merata sampai ke sela-selanya.

Setelah dirasa sudah bersih maka biarkan sejenak kompor tersebut. Setelah itu keringkan dengan menggunakan tisu kering. Cara yang terakhir ini untuk emmastikan bahwa kompor benar-benar bersih dan kering.

6. Pasang Kembali Bagian yang Dilepas Sebelumnya

Cara membersihkan kompor ini harus dilakukan benar-benar sesuai petunjuk yang diberikan. Kesalahan pemasangan dapat mempengaruhi kinerja kompor atau bahkan menimbulkan risiko keamanan.

Memasang kembali bagian yang dilepas tidak hanya menyelesaikan proses pembersihan, tetapi juga memastikan bahwa kompor tetap berfungsi dengan baik dan aman untuk digunakan. Selama pemasangan, perhatikan dengan cermat setiap detail, termasuk memastikan bahwa gas atau listrik terhubung jika perlu, dan memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik.

Angkat Semua Noda di Dapur Dengan Plenty

Tisu untuk membersihkan kompor harus mampu menyerap air dan kotoran dengan sempurna. Keunggulan inilah yang membuat Anda lebih nyaman dan cepat saat ingin membersihkan kompor.

Namun berdaya serap baik saja tidak cukup. Gunakanlah tisu untuk membersihkan kompor yang terbuat dari bahan alami atau virgin pulp. Perpaduan keduanya akan menghasilkan kenyamanan ketika Anda membersihkan area dapur terutama kompor.

Dengan demikian gunakanlah tisu dapur Plenty demi kebersihan dan kenyamanan di ruang dapur. Sekali usap, kotoran di kompor akan hilang seketika tanpa meninggalkan residu baru yang mengganggu estetika dapur Anda.

Hadikan kenyamanan di dapur bersama tisu berkulitas, lembut, dan berdaya serap tinggi yaitu tisu dapur Plenty.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 03 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer