Cara Membersihkan Layar TV LED dan TV Tabung Mudah Dilakukan


 

Tak dipungkiri bahwa televisi (TV) semakin ditinggalkan karena menonton bisa dilakukan menggunakan smartphone. Itulah yang menyebabkan layar televisi dihinggapi debu karena jarang digunakan. Jangan asal membersihkan karena ada cara membersihkan layar TV yang wajib Anda ketahui.

Layar TV jadi salah satu komponen yang rawan goresan. Goresan tersebut tercipta karena salah dalam membersihkannya. Goresan tersebut akan mengganggu penglihatan karena gambar yang disiarkan tidak tampil jernih seperti sedia kala.

Oleh karena itu ketahuilah cara membersihkannya secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Membersihkan Layar TV LED

TV LED atau Light-Emitting Diode memanfaatkan teknologi diode sebagai semikonduktor untuk menghasilkan cahaya. Oleh karena itu TV LED mampu menampilkan gambar yang tajam daripada jenis TV yang sebelumnya.

Agar gambar yang ditampilkan terjaga ketajamannya, lakukanlah cara membersihkan layar TV LED yang seperti berikut ini:

1. Matikan Televisi

Cara membersihkan layar TV yang ini harus dilakukan di awal.Cara ini berguna agar mematikan aliran listrik untuk sementara waktu agar tidak menimbulkan kesetrum. Manfaat lainnya dalam mematikan TV yaitu mengurangi resiko kerusakan TV karena kemasukan air dalam kondisi panas.

Mematikan televisi sebelum membersihkan televisi memudahkan Anda untuk melihat kotoran di layar. Dengan demikian Anda dapat mengetahuiarea manakah yang didahulukan untuk dibersihkan..

2. Siapkan Cairan Screen Clean

Membersihkan layar TV LED harus menggunakan cairan tertentu yang biasa disebut dengan cairan screen clean. Cairan ini juga digunakan untuk membersihkan layar-layar elejtronik lainnya misalnya komputer, laptop, hingga samrtphone.

Cara membersihkan layar TV LED yang tepat yaitu menyemprotkan caoiran ini ke tisu yang sudah disiapkan. Cara ini bertujuan agar layar TV tidak terlalu basah yang dapat menyebabkan kerusakan dikemudian hari.

Dalam hal ini, tisu paling disarankan daripada kain lap. Hal itu karena lembaran tisu lterjaga kebersihannya karena setaip sheet atau helai tisu digunakan untuk sekali membersihkan saja.

3. Usap satu arah

Pastikan mengusap tisu ke layar TV LED secara satu arah yaitu horizontal atau vertikal. Setelah dipastikan bersih, ambilah lembaran tisu yang baru, kemudian bersihkan bagian pinggir dari layar televisi.

Agar sela-sela pinggiran layar TV dapat dibersihkan, Anda dapat menggunakan pinggiran tisu. Bersihkanlah dengan cara satu arah dan ulangi cara tersebut disetiap pinggir layar TV LED.

4. Jangan terlalu ditekan

Terlalu menekan layar TV LD dapat merusak elemen-elemen di layarnya. Oleh karena itu cukup usap-usap layar TV dengan halus dan tetap dengan satu arah pembersihan.

Menekan layar TV LED saat dibersihkan dapat menggores lapisan terluas layar. Goresan itu menyebabkan tlayar tidak dapat menampilkan gambar yang tajam seperti sebelumnya.

5. Keringkan

Cara membersihkan layar TV LED yang terakhir yaitu dikeringkan. Mengeringkannya cukup mudah yaitu dengan cara menggosokkan tisu kering ke layar yang sudah dibersihkan.

Selain menggunakan tisu, mengeringkan layar TV setelah dibersihkan dapat dilakuakan dengan cara diangin-anginkan. Letakanlah di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Hindarilah meletakan TV di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Setelah terlihat cukup kering barulah layar TV dapat digunakan kembali.

Cara Membersihkan Layar TV Tabung

Adakah dari Anda yang masih punya TV tabung? Jika masih punya mungkin TV ini hanya dijadikan koleksi. Mengingat pemerintahan Indonesia sudah memberlakukan tv digital yang ternyata tidak mendukung di tv jenis tabung atau CRT (cathode ray tube).

Meskipun hanya jadi koleksi tapi sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Begini cara membersihkan layartv tabung.

1.Siapkan tisu

Cara membersihkan layar TV tabung ini harus dilakukan. Itu karena tisu digunakan untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel di tv tabung.

Gunakanlan tisu yang permukaannya lembut agar meminimalisir goresan di layar tabung. Kemudian ambillah lembaran secukunya tergantung kondisi kontoran yang ada di tv. Semakin banyak kotorannya maka semakin banyak lembaran yang akan Anda gunakan.

2. Semprot Cairan ke Tisu

Jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan ke tisu. Cara itu akan menyebabkan tisu tidak mampu mengangkat kotoran dengan maksimal karena permukaannya sudah terlalu basah.

Tidak disarankan untuk menyemprotkan cairan angsung ke layar TV tabung. Sama dengan TV LED, cairan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan layar televisi.

Cara membersihkan layar TV tabung setelahnya adalah menggosokkan tisu ke layar TV tabung dengan gerakan searah. Kemudian ganti lembaran tisu baru yang sudah disemprotkan cairan dan kemudian gosokan ke permukaan TV tabung yang lainnya.

3. Hilangkan Noda Membandel dengan Kuku

TV tabung dikenal lebih tebal daripada TV LED. Ketebalan itulah yang membuatnya lebih kokoh daripada TV LED. Oleh karena itu cara membersihkan layar TV tabung pada noda membandel masih diperbolehkan dengan menggunakan kuku.

Menghilangkan noda dengan kuku lebih disarankan daripada menggunakan benda tajam. Hal itu karena benda tajam menyebabkan goresan yang lebih besar dan bahkan menyebabkan kerusakan yang fatal.

Setelah kotoran terangkat, hilangkanlah dengan cara menggosokkan tisu. Tidak perlu ditekan karena noda tersebut sudah berhasil diangkat.

4. Bersihkan Menyeluruh TV Tabung

Dikarenakan TV tabung punya body yang lebih besar maka perawatannya pun harus menyeluruh. Setelah layar tv tabung dibersihkan, Anda wajib membersihkan keseluruh permukaan tv tabung.

Metode pembersihan ini bertujuan untuk menjaga warna body tv tetap cerah. Dengan demikian meskipun tv jadul namun terlihat terawat sehingga memikat orang saat melihatnya.

5. Keringkan Dengan Tisu Kering

Sisa-sisa cairan di tv tabung harus segera dihilangkan agar tidak menimbul bercak baru. Agar lebih cepat gosokan tisu kering satu arah untuk mengeringkan layar TV tabung. Ulangi cara membersihkan layar tv tabung ini jika terlihat masih basah.

Jangan Kebersihan Ruang Keluarga Pakai Tisu Plenty

Siapkan tisu keluarga berkualitas yang terbuat dari virgin pulp sehingga aman untuk digunakan dalam segala aktivitas. Permukaannya yang lembut dan berdaya serap tinggi cocok untuk dimiliki dalam rumah.

Berkat permukaannya yang lembut, membersihkan TV-pun tidak akan menimbulkan goresan. Apalagi dengan daya serap yang tinggi tisu plenty dapat menghilangkan noda dan percikan air seteika dalam sekali usap.

Hadirkan tisu plenty untuk kebersihan TV dan seluruh perabotan rumah tangga bebas khawatir.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 07 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer