Cara Mengurangi Debu di Ruangan Agar Nyaman Ditempati


 

Kata siapa ruangan berdebu selalu terjaga dari debu? Kenyataannya baik ruangan terbuka dan tertutup akan selalu ada debu di sana. Oleh karena itu yang bisa Anda lakukan adalah melakukan cara mengurangi debu di ruangan dengan berkala.

Debu harus dibersihkan karena akan mengganggu kenyamanan selama menempati tempat tersebut. Semakin lama debu itu menempel, bisa jadi akan mempengaruhi kesehatan seisi ruangan. Bayangkan jika debu-debu tersebut terbawa pulang dan menempel di anggota keluarga. Sudah dipastikan kesehatan mereka akan terancam karena debu darisuatu ruangan yang kotor.

Maka dari itu, lakukanlah tata cara ini jangan sampai ada satupun yang tertinggal. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Membuka jendela bertujuan untuk sirkulasi udara yang lebih segar.Berkat jendela, udara di suatu ruangan akan terasa sejuk meskipun tidak menggunakan pendingin ruangan.

Sayangnya udara yang keluar-masuk mengikut sertakan debu dari luar ruangan. Kemudian debu tersebut bertebaran di ruangan dan ikut terhidup oleh semua orang di dalamnya.

Oleh karena itu cara mengurangi debu di ruangan adalah dengan menutup jendela setelah beberapa saat di buka. Agar lebih maksimal, berikan gorden di dekat jendela agar debu-debu tersebut menempel dan tidak ikut masuk dalam ruangan.

2. Bersihkan Gorden

Gorden tidak hanya berguna untuk memperindah tampilan rumah. Gorden berguna untuk "perangkap" debu sehingga tidak memenuhi ruangan.

Anda bisa mengurangi debu di gorden dengan memukul-mukulkan penebah dari atas hingga bawah gorden. Ulangi cara tersebut hingga gorden terlihat lebih bersih dari sebelum.

Akan tetapi yang lebih efektif adalah megganti gorden baru selagi mencuci gorden yang lama. Cara mengurangi debu di ruangan ini dinilai lebih efektif daripada menebah debu.

3. Cuci Seprei Dengan Rutin

Seprei kamar tidur juga harus dibersihkan agar debu-debu tidak ikut terhirup saat tidur. Faktanya, banta dan tempat tidur yang terlihat bersih mungkin masih dihinggapi dengan tungau dan debu.

Mencuci seprai hingga bersih membuat tungau dan debu akan hilang dengan maksimal. Agar hasil yang maksimal, bersihkan pula bantal dan guling kemudian di jemur di bawah sinar matahari sebagai runtutan cara mengurangi debu di ruangan.

4. Bersihkan Karpet

Tak heran jika karpet adalah benda yang banyak debunya. Debu dari karpet dihasilkan karena karpet sering diinjak-injak sehingga komponen dalam karpet menjadi hancur menjadi bentuk serbuk.

Oleh karena itu cara mengurangi debu di ruangan adalah dengan cara menebahnya hingga mengeluarkan serbuj-serbu karpet. Cara ini perlu dilakukan agar tserbuk-serbuk itu bisa menghilangsehingga tidak terhirup.

5. Sediakan Keset di Depan Rumah

Debu yang masuk dalam ruangan bisa jadi terbawa oleh kaki Ana. Lebih baik sediakanlah keset di depan pintu agar mereka dapat menggosokan kakinya sebelum masuk.

Bila perlu gunakanlah dua keset untuk luar dan dalam ruangan. Hal itu bertujuan untuk mencegah dengan total agar debu tidak memasuki ruangan.

Bagaimanapun debu karpet sangat berbahaya. Hal itu karea debu dapat mempengaruhu kesehatan.

6. Membersihkan Langit-Langit Ruangan

Cara mengurangi debu di ruangan dengan cara ini mungkin menyulitkan beberapa orang karena cukup tinggi. Namun kini alat pembersih langit-langit ruangan dilengkapi dengan kepanjangan yang cukup baik.

Dengan bantuan tanggan, Anda bisa membersihkan langit-langit rumah dengan maksimal. Bila perlu gunakanlah vacum cleaner untuk menyedot debu.

Langit-langit ruangan yang dibersihkan tanpa vacuum membuat debunya tetap berterbangan di ruangan tersebut. Itu artinya, debu hanya berpindah media penempelan saja karena tetap mengotori ruangan tersebut.

7. Bersihkan Lantai Secara Rutin

Tidak afdol rasanya jika membersihkan rumah tanpa dipel. Banyak yang mengira bahwa menyapu lantai sudah cukup membersihkan lantai dari debu-debu. Untuk menunjang kebersihannya maka membersihkan lantai adalah cara mengurangi debu di ruangan yang efektif.

Rajin mengepel lantai membantu membersihkan debu di rumah. Mengepel lantai mampu menghilangkan debu secara maksimal.

8. Bersihkan Pendingin Ruangan

Pendingin ruangan yang kerap digunakan oleh masyrakat Indonesia adalah kipas angin dan Air Conditioner (AC). Debu-debu tersebut hinggap di sana dan akan berterbangan di ruangan saat angin dihembuskan.

Niat hati ingin menyejukan ruangan namun bisa jadi membahaya semua orang dalam ruangan karena debu tersebut. Jangan menunggu kedua alat pendingin itu terlihat sangat kotor. Lebih baik bersihkanlah selagi debu itu tagar tidak menumpuk.

Jika Anda tidak ada waktu untuk membersihkannya, lebih baik pakailah jasa pembersih. Itu adalah solusi yang tepat dan cepat ditengah kesibukan Anda namun tetap penting untuk menjaga kebersihan dari debu.

Sediakan Tisu di Dalam Ruangan, Itu Penting!

Demi mengurangi penyebaran debu di dalam ruangan lebih baik sediakan tisu di dalam ruangan Anda. Lebih baik sediakan beraneka ragam jenis tissue sesuai kebutuhan dan peletakannya.

Kemudian, pilihlah merek tisu yang terbaik agar pengalaman penggunaannya berberda dari yang lainnya.

See U dan Plenty adalah merek tisu yang harus dipertimbangkan untuk dimiliki dalam ruangan Anda. Kedua merek itu punya beberapa jenis yang tepat untuk ada di dalam ruangan. Sediakanlah jenis-jenis tertentu itu untuk di ruangan lain misalnya toilet dan dapur jika di perluakan.

Miliki sekarang juga! Atau ruangan Anda dihinggapi debu tebal yang susah dihilangkan? Pilihan ada di Anda

Mau jadi reseller tissue plenty dan see-u? Bisa cek instagram Plenty dan instagram See-u.

 
  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 23 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer