6 Cara Mengurangi Sisa Makanan yang Dimulai dari Rumah


 

Selain wisatanya, Indonesia juga dikenal dengan beraneka macam kuliner yang sangat nikmat. Dibalik itu ternyata ada kebiasaan segelintir masyrakat Indonesia yang kerap menyisakan makanan. Akibatnya slimbah sisa makanan jadi penyumbang sampah terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu perlunya dilakukan cara mengurangi sisa makanan mulai saat ini.

Cara tersebut harus sesegera mungkin dilakukan agar presentase sampah di Indonesia karena sisa makanan semakin berkurang di tahun-tahun berikutnya. Tahukah Anda bahwa sampah rumah tangga adalah yang paling banyak di Indonesia tahun 2023. Sebanyak 41,55% sampah di Indonesia disumbangkan oleh sampah sisa makana. Selebihnya adalah sampah plastik sebanyak 18,55%. (Sumber: Databoks)

Pikirkanlah dampak sisa makanan mulai dari sekarang. Oleh karena itu lakukanlah cara-cara yang berikut ini.

Cara Mengurangi Sisa Makanan

Sisa makanan seoakan-akan jadi "boomerang" bagi Indonesia yang terkenal sebabagai wisata kuliner. Agar presente sampah sisa makanan berangsur berkurang, Anda bisa melakukan car mengirangi sampah di rumah dari sisa makanan seperti yang berikut ini:

1. Bijak Saat Berbelanja Bahan Makanan

Bijaklah dalam berbelanja bahan makanan untuk mengurangi banyaknya sisa makanan yang terbuang. Aktivitas yang menyebabkan terbuangnya sisa makanan yang banyak adalah membeli kebutuhan sehari-hari secara grosiran.

Niat hati ingin menghemat karena membeli dengan jumlah banyak. Akan tetapi cara tersebut malah menyebabkan banyak bahan makanan yang terbuang.

Membeli kebutuhan sehari-hari dengan jumlah banyak akan lebih lama habis. ONamun Anda tidak punya banyak waktu untuk melihat mengontrol kondisi kebutuhan sehari-hari tersebut. Alhasil banyak bahan makanan yang basi sehingga jadi sisa-sisa makanan yang tidak layak makan.

Selain jumlahnya yang disesuaikan, Anda harus bijak dalam memilih bahan makanan yang digunakan. Bila menggunakan bahan makanan yang segar sebaiknya dioalh setenagh matang.

2. Siapkan Perencaan Memasak Dengan Cermat

Selain jumlahnya yang disesuaikan, Anda harus bijak dalam memilih bahan makanan yang digunakan. Bila menggunakan bahan makanan yang segar sebaiknya dioalh setenagh matang terlebih dahulu. Cara mengurangi sisa makanan ini agar membuat bahan makanan tidak cepat basi.

Cara mengurangi sisa makanan dengan melakukan perencanaan memasak bisa menggunakan meal planning dan meal preparation. Meal planning adalah merencanakan makanan yang ingin dimasak dan dikonsumsi dengan jangka waktu seminggu atau sebulan kedepan. Sementara meal prparation adalah menyiapkan bahan makanan yang ingin digunakan lalu dipotong dan diolah setengah matang kemudian dimasukan dalam freezer.

Dengan melakukan kedua perencaan itu, sisa makanan tidak banyak terbuang sehingga tidak menjadi tumpukan sampah yang mengganggu lingkungan. Selain itu fungsi perencanaan masak ini dapat membuat waktu menjadi efisien sehingga tak menyita banyak waktu setelahnya.

3. Mengambil Porsi Makanan Sesuai Kebutuhan

Meskipun ada makanan favorit di hadapan Anda, janganlah langsung mengambil porsi yang banyak. Pastikan mengambil makanannya sedikit demi sedikit agar tidak ada sisa makanan yang terbuang.

Cara mengurangi sisa makanan ini juga dapat digunakan untuk mengatur porsi makanan ke tubuh Anda. Cara ini dapat mengontrol berat badan yang ideal sehingga kesehatan pun terjaga dengan baik.

4. Jadikan Sisa Makanan Menjadi Kompos

Meskipun tak lagi dikonsumsi oleh manusia, namun sisa makanan itu bisa jadi santapan yang nikmat bagi mikroorganisme baik untuk membantu tumbuhan tumbuh baik. Untuk itu cara mengurangi sisa makanan yang dimaksud yaitu menjadikan sisa makanan menjadi pupuk kompos.

Sisa makanan yang bisa digunakan untuk kompos yaitu sisa sayuran, kopi, teh, dan sisa makanan. Dengan demikian tak perlu bahan yang segar, sisa makanan atau bahan-bahan yang tidak terpakai pun bisa untuk pupuk kompos seluruh tanaman.

Dengan menjadikannya sebagai pupuk kompos maka tidak akan ada sisa makanan yang berimbas bagi lingkungan. Bahkan pupuk kompos itu bisa menyuburkan tnamanan sehingga menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

Anda dapat menggunakan tisu dapur untuk membuat pupuk kompos. Manfaat tisu dapur untuk pengomposan yaitu dapat menyeimbangkan karbon dalam kompos sehingga pupuk dapat bekerja dengan maksimal.

5. Menerapkan FIFO

FIFO adalah singkatan dari First In First Out yang bisa diadopsi dengan menerapkannya pada cara mengurangi sisa makanan. Teknik FIFO dalam mengurangi sisa makanan yaitu menempatkan makanan yang baru dibeli ke bagian belakang rak penyimpanan atau rak makanan. Sebaliknya letakan makanan yang tersimpan lama di bagian depan.

Peletakan FIFO ini bertujuan untuk memudahkan kita mengolah dan menikmati makanan yang sudah cukup lama terlebih dahulu. Cara ini juga mengurangi bahan makanan terbuang karena basi. Itu karena bahan makanan yang sudah lama "diselamatkan" dengan cara dilah dan dinikmati secepatnya.

6. Sumbangkan makanan yang masih layak konsumsi

Jika masih ada makanan yang masih ayak namun terlalu banyak, maka bagikanlah kepada tetangga sekitar Anda. Ini bisa jadi cara mengurangi sisa makanan sekaligus mempererat hubungan soaial antar sesama.

Daripada tidak termakan karena terlalu banyak, lebih baik lakukanlah cara ini. Cara ini tidak akan membuat Anda rugi. Dengan cara ini, hubungan sosial akan terjaga dengan baik dan juga menjaga keharmonisan antar sesama.

Dengan menyumbangkannya maka tidak ada makanan yang terbuang sia-sia. Bahkan makanan yang Anda beri dapat menambahkan vitamin pada orang lain.

Jaga Lingkungan Mulai dari Aktivitas di Rumah, Tisu See U Bantu Niat Baik Anda

Lakukanlah sesuatu yang dapat menolong lingkungan agar senantiasa terjaga hingga jangka waktu yang panjang. Sederhana, lakukanlah kebiasaan itu mulai dari rumah misalnya cara mengurangi sisa makanan yang ada dapat artikel ini.

Agar cara itu dilakukan tanpa ada kendala maka siapkan satu jenis tisu yang digunakan untuk dapur daan juga menunjang cara-cara yang ada dalam artikel ini. Merek jenis tisu ini bahkan dijamin ramah lingkungan karena bahan baku yang digunakan dan lulus uji kelayakan sehingga aman untuk digunakan.

Dalam hal ini tjenis tisu yang dimaksud adalah tisu dapur merek See U. Dengan tisu dapur See U maka kebersihan dapur senantiasa terjaga serta bantu meningkatkan kebiasaan baik dalam melakukan cara mengurangi sisa makanan di artikel ini.

Ayo, #hapusnodamu di dapur rumah dengan tisu ramah lingkungan See U dengan membelinya di bawah ini:

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 29 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer