Cara Merawat Kulit Wajah Agar Semakin Glowing dan Sehat


Wajah yang sehat adalah idaman laki-laki maupun perempuan. Kesehatan kulit wajah bisa didapatkan dengan melakukan cara merawat kulit wajah dengan baik dan benar. Dengan melakukannya makan kulit wajah terlihat lebih bersinar dan mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Tak dipungkiri jika wajah adalah bagian tubuh yang dilihat pertama kali oleh lawan bicara. Oleh karena itu jagalah kebersihannya mulai sekarang karena kulit wajah yang terlihat bersih akan membutuhkan waktu yang lama. Namun hasilnya pun dijamin mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Cara-cara ini haruslah dilakukan secara rutin. Ini penting agar wajah Anda terasa lebih segar dan sehat secara cepat. Inilah cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Cara Merawat Kulit Wajah Pakai Sabun Cuci Muka yang Sesuai

Setiap orang punya jenis kulit wajah yang berbeda. Berbeda jenis kulit wajah, berbeda pula produk kulit wajah yang digunakan.

Orang yang berkulit kering dan sensitif, lebih baik menggunakan sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang melembapkan kulit. Pilihlah produk kulit wajah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Orang yang memiliki kulit berminyak lebih baik menggunakan pembersih muka yang mampu melembapkan wajah. Kandungan pembersih wajah tersebut yang disarankan adalah Gliserin. Cara merawat kulit wajah berminyak lebih baik menggunakan cuci muka yang tidak menyebabkan wajah bermnyak.

2. Bersihkan Wajah Sebelum Cuci Muka

Cara ini digunakan bahkan sebelum air membasahi wajah Anda. Cara ini berguna untuk membersihkan mak up, debu, dan polusi yang menempel diwajah.

Membersihkan wajah saja tidak cukup untuk menghilangkan kotoran tersebut dengan maksimal. Oleh karena itu bersihkanlah terlebih dahulu dengan cairan tertentu untuk menghilangkan kotorannya. Kemudian barulah bersihkan wajah menggunakan sabun khusus.

Cara merawat kulit wajah ini lebih baik dilakukan dua kali sehari. Cara itu agar kotoran tersebut benar-benar bersih dari wajah Anda.

3. Gunakan pelembap

Pelembab atau sunscreen sangat penting untuk merawat kulit wajah. Pelembab ini sebaiknya digunakan setelah mencuci muka untuk menjaga kelembaban kulit di wajah.

Lagi-lagi pelembab ini disesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda. Untuk menentukan pelembab yang sesuai lebih baik konsultasikanlah dengan dokter yang relevan dibidangnya.

Fungsi pelembab adalah untuk mengembalikan struktur dan kelembapan, menyeimbangkan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, hingga memperbaiki sel-sel jaringan kulit yang rusak. Dengan demikian masukan pelembab sebagai cara merawat kulit wajah yang penting untuk dilakukan

4. Menggunakan Sunscreen

Seperti namanya, kulit yang menggunakan sunscreen akan terlindungi dari sinar UV. Jenis sinar ini dapat menyebabkan warna kulit yang berubah dan memicu kemunculan bintik-bintik [ada wajah hingga menyebabkan keriput.

Cara merawat kulit wajah ini lebih baik dipakai sekalipun tidak terkena sinar matahari. Ini penting agar kulit wajah tidak terpapar dengan sinar UV dari lampu ruangan.

Agar sunscreen bekerja dengan maksimal maka gunakanlah sunscreen yang baru setiap dua jam sekali. Ini akan lebih efektif dan membuat wajah menjadi cerah dan terlihat sehat.

5. Melakukan Pola Hidup Sehat

Cara merawat kuliht wajah agar maksimal yaitu merawatnya dari dalam. Artinya merawat kulit wajah yaitu dengan cara  makan makanan yang bergizi tinggi.

Pola hidup sehat yaitu dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang berlemak. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan jumlah yang ideal. Bagi orang dewasa, takaran air yang harus diminum setiap harinya adalah 2 liter. (sumber: Kemenkes)

Kebiasaan hidup sehat ini perlu dilakukan secara rutin. Rasakan kulit wajah yang lebih sehat dikemudian hari sebagai efek melakukan cara merawat kulit wajah ini dengan rutin

6. Tidak merokok


 

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil pada lapisan kulit terluar. Hal itu menyebabkan aliran akan memperlambat dan menurut sehingga menyebabkan kulit tanpak pucat dan kusam.

Merokok juga mempengaruhi produksi kolegan yang baik untuk kulit wajah. Kolagen yang terganggu akan mengganggu elastisitas kulit dan terlihat kurang sehat.

Bagi orang yang perokok cara ini mungkin menyulitkan. Namun cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi dengan rutin dan rasakan efek baiknya pada kulit wajah Anda.

7. Tidur yang Cukup

Tidur yang disarankan adalah 8 jam. Waktu trsebut dinilai efektif karena dapat mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah dapat berdampak baik bagi kulit wajah. Istirahat dengan waktu yang dianjurkan dapat memperbarui sel-sel kulit yang rusak. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology tahun 2015 menemukan fakta bahwa orang yang tidur 7–9 jam di malam hari memiliki kulit yang lebih lembap.

Kulit Wajah Terawat dengan Bantuan Tisu Kering Setiap Saat

Merawat kulit sangat mudah yaitu dengan melakukan cara merawat kulit wajah di atas. Selain melakukan cara-cara di atas, jangan lupa bawalah tissue kemanapun Anda berada.

Tisu khusus wajah punya permukkaan yang lembut daripada yang lain. Tisu wajah mungkin puya ukuran yang besar sehingga tidak praktis jika dibawa kemana-mana.

Tenang, kami memahami keluh kesah Anda yang sedang merawat kulit wajah. Agar kulit wajah terjaga, bawalah tisu handkerchief karena praktis sehingga bisa dimasukan dimana saja. Dengan demikian kebersihan wajah pun menjadi terjaga.

,ilikilah tisu handkerchief Plenty lkarena memiliki 3 Ply sehingga mudah mengeringkan ajah dengan baik. Sudahkah Anda memilikinya?


Referensi:

www.hellosehat.com
www.dinkes.deliserdangkab.go.id
www.alodokter.com



Diposting oleh : Trenaldy
pada 16 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer