10 gorengan khas indonesia yang otentik dan banyak ditemukan


 

Orang Indonesia suka dengan makanan yang digoreng. Itu sejalan dengan banyak bermunculan gorengan khas indonesia yang banyak dijual. Aneka gorengan tersebut tidak pernah lekang oleh waktu karena rasanya sangat familiar dengan lidah orang Indonesia.

Harganya sangat ekonomis sehingga disukai oleh semua kalangan. Selain itu, camilan tersebut pasti ada di seluruh pedagang gorengan jadi tak sulit untuk mendapatkannya.

Saat ingin membungkusnya, mintalah pedagang untuk melapisi bungkus dengan kertas nasi. Tujuannya agar mampu menahan minyak dan menghindari sentuhan langsung antara gorengan dengan kemasan yang dikhawatirkan zat-zat kimia masuk ke dalam gorengan yang Anda pesan.

Fungsi itu bisa Anda rasanya ketika memiliki salah satu merek kertas nasi yang ada dalam artikel ini.

Gorengan Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Deretan  gorengan khas indonesia ini pasti pernah Anda coba. Adakah favorit Anda di gorengan-gorengan berikut ini?

1. Aneka Bakwan

Bakwan adalah adonan tepung yang dicampurkan dengan aneka isian. Mulai dari aneka sayuran hinga jagung semuanya jadi gorengan khas Indonesia yang pasti ada di pedagang gorengan.

Semua aneka bakwan akan lebih nikmat saat dicocol dengan saus sambal. Rasa pedas di saus sambal akan tercampur dengan rasa gurih dari gorengan aneka bakwan.

Anke bakwan ini kerap kali digunakan untuk lauk makanan. Meskipun karbohidratnya sangat banyak namun perpaduan itu dipilih oleh beberapa orang.

Agar kesehatan tetap terjaga, lebih baik kurangilah konsumsi gorengan dengan nasi. Hal itu dapat memicu penyakit diabetes.

2. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah gorengan khas indonesia dari beberapa kota di Jawa Tengah seperti Porwokerto dan Banyumas. "Mendon" artinya setengah matang sehingga teksturnya lembek karena adonannya dimasak setengah matang.

Meskipun setengah matang, namun tempe mendoan banyak peminatnya. Kenikmatan itu didapatkan dari penggunaan tempe yang tipis serta bumbu adonan tempe mendoan yang nikmat.

Baca juga:

Resep tempe mendoan

Tempe mendoan cukup mengenyangkan sehingga tak perlu dinikmati bersama dengan nasi. Bila perlu tambahkan cita rasa mendoan tambahkan dengan saus yang cocok untuk campuran tempe mendoan.

3. Tahu Isi

Tahu isi punya beragam isian misalnya aneka potongan sayuran dan bihun goreng. Setelah diisi, tahu itu dimasukan dalam adonan tepung basah yang bantu menghasilkan cita rasa yang renyah di luarnya.

Kini isian tahu isi bditambahkan dengan ulegan cabai sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas. Cita rasa itu cocok untuk segala campuran mulai dari bihun sampai aneka potongan sayur di dalamnya.

4. Pisang goreng

Pisang adalah buah yang cocok untuk dijadikan sebagai gorengan. Dicelupkan dengan adonan tepung yang mais maka pisang goreng itu rasanya sangatgurih dan manis.

Kini gorengan khas indonesia ini sudah beraneka ragam bentuknya. Ada yangdigoreng dengan adonan tepung basah. Adapula yang digoreng menggunakan campuran adonan tepung kering dan basah menghasilkan pisang kriring atau pisang kriuk.

Kedua jenis pisang goreng cocok untuk teman minum teh hangat dan kopi. Apalagi dinikmati saat musim hujan aka menambah kenyamanan tubuh.

5. Cireng

Cireng adalah singkatan dari "aci goreng", yang berarti adonan tepung tapioka yang digoreng. Gorengan khas indonesia ini pasti ada di ppedagang gorengan karena bahan baku dan proses pembuatannya yang mudah.

Dengan mencampurkan tepung tapioka dengan air, garam, bawang putih halus, dan potongan daun bawang sudah menjadi adonan cireng yang siap digoreng. Dengan mengorengnya menggunakan minyak panas dan api kecil, kerenyahan cireng di luar dan terasa lembut di dalam adalah kenikmatan dari camilan ini sehingga banyak ditemukan di pedagang gorengan.

6. Cakwe dan Roti Goreng

Cakue adalah gorengan khas Indonesia yang berasal dari kota Bandung. Bentuknya yang panjang dan rasanya yang gurih cocok untuk teman makan Anda sat berkumpul. Agar lebih nikmat, santaplah cakue dengan saus cabai atau saus kacang.

Selain cakue, roti goreng atau baling-baling jadi gorengan khas Indonesia yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Perbedaan cakue dan roti goreng terlihat dari bentuk dan rasanya. Biasanya kedua gorengan ini dijual terpisah dari gorengan-gorengan yang sebelumnya sehingga mudah dikenali.

7. Onde-onde

Onde-onde berentuk bulat-bulat yang ditaburi dengan biji wijen yang diisi dengan kacang hijau, coklat, keju, vanila, dan masih banyak lagi dengan beranke ukuran.

Onde-onde jadi salah satu gorengan rasa manis yang mengenyangkan, Perasaal itu timbul karena onde-onde menggunakan tepung serta isiannya yang sangat padat.

8. Tahu Pong

Kebalikan dari tahu isi, tahu pong adalah gorengan khas indonesia dari tahu yang tidak menggunakan isian apapun. Maka dari itu munculla nama tahu pong yang mencerminkan bahwa gorengan ini berbahan baku tahu potong yang digoreng.

Biasanya tahu pong akan menyusut jika sudah dingin. Oleh karena itu pedagang gorengan memasukan tahu potong ke dalam adonan tepung untuk mengantisipasi tahu yang menyusut dan menambah kerenyahan.

9. Molen

Jika pisang goreng membosankan, maka molen pisang lah alternatif gorengan khas indonesia dari pisang yang wajib dicoba. Molen pisang menggunakan adonan dari tepung terigu yang dipipihkan menggunakan mesin. Kemudian adonan tersebut digulung-gulung menyelimuti pisang. Setelah itu digoreng hingga warnanya kecolatan.

Jika beruntung mendapatkan molen yang hangat, Anda akan merasakn kerenyahan dari adonan serta lembutnya pisang yang digunakan. Kini molen mulai beraneka ragam isiannya mulai dari keju, coklat, matcha, dan lain sebagainya. Manakah yang pernah Anda coba?

10. Ubi Goreng

Ubi adalah pengganti nasi bagi masyrakat Indonesia yang sudah dilakukan turun0temurun. Rasanya yang legit dan manis sehingga dapat diolah jadi berankea ragam makanan seperti menjadi gorengan.

Agar lebih nikmat, campurkan bawang putih halus dengan penyedap rasa ke dalam rendaman ubi yang ingin digoreng. Biarkan beberapa saat dan goreng hingga berubah warna kuning dan renyah. Itulah letak kenikmatan ubi goreng yang membuat siapa saja menyukainya.

Kertas Anti Minyak Untuk Aneka Gorengan

Dari sekian banyak gorengan khas indoneis tersebut, manakah yang ingin Anda cicipi? Tak lupa bawakan gorengan khas Indonesia itu untuk orang terdekat Anda agar dapat mencicipinya.

Ingat, gorengan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak minyak. Agar nyaman dinikmati, maka mintalah pedagang untuk melapisinya dengan kertas nasi yang berkualitas.

Ciri-ciri kertas nasi berkualitas untuk gorengan yaitu tahan minyak dan aman saat bersentuhan dengan gorengan. Ciri-ciri itu dimiliki oleh kertas minyak Cap Gajah.

Anda pun bisa memilikinya untuk membungkus makanan berminyak lainnya dengan cara membelinya di sini:

  • E Commerce  Kertas Nasi Cap Gajah
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bali
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Lazada Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop Kertas Nasi Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 24 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer