Kenaikan Isa Almasih Disebut Juga Dengan Apa? Wajib Tahu!


 

Salah satu hari besar Umat Kristiani yaitu perayaan kenaikan Isa Almasih. Lantas perayaan kenaikan Isa Almasih disebut juga dengan apa?

Nama lain perayaan kenaikan Isa Almasih patut diketahui oleh semua masyarakat Indonesia. Hal itu agar mengurangi kemungkinan miskomunikasi antar umat beragama. Apalagi Umat Kristiani akan merayakan beberapa peristiwa besar di setiap tahunnya,

Untuk itu artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui nama lain dari kenaikan Isa Almasih beserta informasi lainnya.

Kenaikan Isa Almasih Disebut Juga Dengan Apa?

Kenaikan Isa Almasih disebut juga dengan Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus. Kini istilah kenaikan Isa Almasih mulai dialihkan menjadi Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus.

Pergantian “Isa Almasih” menjadi “Yesus Kristus” karena usulan dari Umat Kristen dan Katolik berdasarkan keyakinan mereka yaitu: kelahiran Yesus Kristus, wafat Yesus Kristus dan kenaikan Yesus Kristus. (

Saiful Rahmat Daisuki

, September 2023)

Atas dasar toleransi maka usulan tersebut ditanggapi serius oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Dengan demikian pergantian “Isa Almasih” menjadi “Yesus Kristus” tertulis di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-hari Libur. (Sumber:

CNN Indonesia

).

Dari perubahan tersebut maka istilah di Hari Raya Umat Kristiani yang lainnya juga ikut berubah. Berikut perubahan nama perayaan Umat Kristiani pasca perubahan yang tertulis di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024:

  • Hari Kelahiran Isa Almasih menjadi Hari Kelahiran Yesus Kristus

  • Wafat Isa Almasih menjadi Wafat Yesus Kristus

  • Kebangkitan Isa Almasih (Paskah) menjadi Kebangkitan Yesus Kristus

  • Kenaikan Isa Almasih menjadi Kenaikan Yesus Kristus

Perubahan itu mungkin belum dilakukan secara serentak di beberapa media tertulis seperti buku pelajaran dan kalender. Namun berjalannya waktu nama Isa Almasih akan diganti menjadi Yesus Kristus secara serentak.

Apa Itu Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus?

Kenaikan Isa Almasih adalah perayaan bagi Umat Kristiani untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus ke Surga. Hari Raya kenaikan Yesus Kristus atau kenaikan Isa Almasih selalu dirayakan pada Hari Kamis setiap tahunnya.

Hari Kamis yang dipilih untuk perayaan Kenaikan Isa Almasih yaitu Hari Kamis ke-40 hari setelah Hari Raya Paskah.

Jadwal Kenaikan Isa Almasih Tahun 2024

Kenaikan Isa Almasih dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2024. Tanggal tersebut jatuh pada Hari Kamis.

Di Indonesia, tanggal 9 Mei 2024 adalah hari libur nasional. Dengan demikian Hari Raya kenaikan Isa Almasih akan dirayakan secara khidmat bagi mereka yang merayakannya.

Meskipun dilaksanakan pada Hari Kamis, namun Umat Kristiani dapat beribadah dengan tenang tanpa gangguan pekerjaan dan sebagainya. Hal itu karena perayaan kenaikan Isa Almasih tahun 2024 bersamaan dengan cuti bersama pada Hari Jumat, 10 Mei 2024.

Baca Juga:

Pelihara Kebaikan Antar Sesama demi Kebaikan yang Berkelanjutan

Kenaikan Isa Almasih atau Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus dapat dijadikan sebagai pelajaran seluruh umat manusia untuk saling berbuat baik antar sesama. Apapun perlakukan yang baik akan berdampak baik pula di masa depan.

Pelajaran itulah yang harus kita terapkan dimana saja dan kapan saja. Salah satu kebaikan yang wajib dilakukan adalah menjaga lingkungan tetap lestari demi terwujudnya alam yang berkelanjutan. Dengan terwujudnya sustainability maka semua makhluk hidup akan merasakan kebaikannya.

Hal itu telah diupayakan oleh PT Suparma Tbk. Sebagai manufaktur kertas, PT Suparma Tbk selalu berkomitmen untuk melakukan kebaikan secara terus-menerus agar dapat menghadirkan lingkungan yang berkelanjutan demi kelangsungan hidup yang lebih terjamin.Anda dapat melakukan kebaikan sama seperti PT Suparma Tbk lakukan. Yaitu dengan memilih produk Tissue Plenty, Tissue See-U, dan kertas nasi "Cap Gajah" untuk kebutuhan harian Anda.

 



Diposting oleh : Ella
pada 25 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer