Kenaikan Isa Almasih Tanggal Berapa Perayaannya Tahun 2024?


 

Kenaikan Isa Almasih atau Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus adalah hari raya bagi Umat Kristiani yang dirayakan setiap tahun. Tanggal pelaksanaannya berubah-ubah setiap tahunnya. Lantas, kenaikan Isa Almasih tanggal berapa akan dirayakan di tahun 2024?

Meskipun berubah-ubah namun Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus punya ketentuan khusus dalam menentukan hari dan tanggal perayaannya. Dengan demikian hal tersebut wajib diketahui bagi masyarakat Indonesia secara luas.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih Tanggal Berapa?

Kenaikan Isa Almasih tanggal berapa akan dirayakan? Di tahun 2024, kenaikan Isa Almasih akan dilaksanakan pada Hari Kamis, 9 Mei 2024.

Bagi Umat Kristiani di Indonesia, Kenaikan Isa Almasih atau Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus termasuk hari libur nasional. Dengan demikian maka Umat Kristiani akan lebih khidmat dalam beribadah tanpa adanya gangguan.

Ternyata Hari Jumat setelah perayaan Kenaikan Isa Almasih atau Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus termasuk dalam cuti nasional. Hal itu telah diatur pada ketentuan di Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Oleh karena itu hari libur untuk memperingati Hari Raya Kenaikan Isa Almasih Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus yaitu sebagai berikut:

  • Kamis, 9 Mei 2024: Libur nasional Kenaikan Yesus Kristus 2024

  • Jumat, 10 Mei 2024: Cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih Disebut Dengan Apa?

Kenaikan Isa Almasih disebut juga dengan  Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus. Kini istilah kenaikan Isa Almasih mulai dialihkan menjadi Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus.

Pergantian “Isa Almasih” menjadi “Yesus Kristus”  karena usulan dari Umat Kristen dan Katolik berdasarkan keyakinan mereka yaitu: kelahiran Yesus Kristus, wafat Yesus Kristus dan kenaikan Yesus Kristus. (

Saiful Rahmat Daisuki

, September 2023)

Atas dasar toleransi maka usulan tersebut ditanggapi serius oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Dengan demikian pergantian “Isa Almasih” menjadi “Yesus Kristus” tertulis di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-hari Libur. (Sumber:

CNN Indonesia

).

Dengan demikian perubahan tersebut mempengaruhi istilah untuk hari raya Umat Kristiani yang lainnya. Semua perayaan yang bertulis "Isa Almasih" diganti menjadi "Yesus Kristus".

Baca Juga:

PT Suparma Tbk Senantiasa Berbuat Baik Demi Hadirkan Lingkungan yang Laik

Kenaikan Isa Almasih jadi pelajaran bagi kita bahwa berbuat kebaikan adalah hal yang harus dilakukan. Dengan demikian kebaikan tersebut akan berdampak baik untuk masa depan. Itulah yang dilakukan PT Suparma Tbk dalam menghadirkan lingkungan yang berkelanjutan.

Komitmen PT Suparma Tbk dalam berbuat baik demi lingkungan yang berkelanjutan dibuktikan dengan penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan di setiap lini produknya. Penerapan yang konsisten dapat membantu terwujudnya lingkungan yang laik untuk seluruh makhluk hidup di masa depan.

Tissue Plenty, Tissue See-U, dan kertas nasi "Cap Gajah" adalah produk ramah lingkungan produksi PT Suparma Tbk yang bantu hadirkan lingkungan yang berkelanjutan di masa depan. Klik banner di bawah untuk berbelanja produk PT Suparma Tbk yang paling aman

*banner*

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-7171252/kenaikan-yesus-kristus-2024-tanggal-berapa-cek-tanggalnya

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240131061213-20-1056472/jokowi-resmi-ganti-libur-isa-almasih-jadi-yesus-kristus

 



Diposting oleh : Ella
pada 25 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer