4 Kerajinan dari Kertas Minyak yang Unik dan Bernilai Seni



 

Kerajinan menjadi salah satu bagian dari seni yang ada di sekitar kita. Bahkan kesenian itu bisa dibuat dari benda-benda yang kita kerap temukan, misalnya kertas minyak. Meskipun kertas minyak biasanya dibuat untuk membungkus makanan, tapi kerajinan dari kertas minyak ini layak untuk dijadikan hiasan di rumah Anda.

Kerajinan ini akan menghasilkan nilai seni yang cukup tinggi. Dengan sentuhan seni yang lebih maka kerajinan ini bisa dijual sehingga dapat bernilai ekonomis yang cukup tinggi.

Kerajinan-kerajinan yang dimaksud ini menggunakan kertas minyak berjenis lamintaed Wrapping kraft (LWK). Orang banyak menyebutnya dengan sebutan kertas nasi coklat.

Kertas minyak atau kertas nasi coklat dipilih karena punya lembaran yang lebih besar. Dengan demikian inilah kerajinandari kertas minyak yang sudah pernah dihasilkan.

Aneka Kerajinan dari Kertas Minyak

Di tangan orang yang kreatif, kertas minyak dapat disulap menjadi sebuah kerajinan yang indah. Kerajinan dari kertas minyak tersebut misalnya dekorasi rumah dan miniatur aneka jenis tanaman. Inilah kerajinan dari kertas minyak yang harus Anda tahu.

1. Kemasan

 
kemasan dari kertas minyak
 

Siapa sangka ternyata kemasan juga termasuk dalam kerajinan. Hal itu karena kemasan yang dimaksud akan menambahkan unsur seni di dalamnya.

Kemasan yang dimaksud pasti berbeda dengan kemasan yang kita temui di tempat lain. Perbedaan tersebut karena kemasan ini dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilkan kemasan yang indah namun tetap digunakan untuk semestinya.

Selain untuk membungkus makanan, kertas minyak juga bisa digunakan untuk kemasan. Fungsi itu berkaitan dengan bentuk fisiknya yang licin karena dilaminasi oleh plastik yang aman untuk kontak langsung dengan makanan. Dengan begitu, kerajinan dari kertas minyak yang dijadikan menjadi kemasan lebih baik digunakan untuk kemasan gorengan.

Dengan tambahan beberapa bahan lagi, kemasan ini akan terkesan sangat estetik. Bahkan kemasan ini juga bisa digunakan untuk bungkus kado untuk rekan dan keluarga tercinta. Dikarenakan bentuknya yang ringkas, maka sesuaikan kembali dengan benda yang akan diisi di dalamnya.

2. Hiasan Dinding

 
hiasan dinding dari kertas minyak
 

Tidak selamanya hiasan dinding terbuat dari bahan yang langka. Dengan kertas minyak atau kertas nasi, Anda pun tetap bisa menghasilkan hiasan dinding yang estetik.

Kerajinan dari kertas minyak ini membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Meskipun demikian hasilnya pun tidak akan mengecewakan dan dijamin layak untuk di pajang di dinding.

Hal ini perlu untuk dipertimbangkan untuk dipelajari. Mengingat terdapat beberapa fungsi hiasan dinding yaitu bantu mempercantik ruangan, mengurangi kekosongan ruangan, hingga menutupi kerusakan pada dinding rumah.

Kerajinan dari kertas minyak berupa hiasan dinding punya banyak model. Perbedaan itu membuktikan bahwa kertas minyak layak untuk dijadikan sebagai suatu kesenian. Selain itu perbedaan tersebut menunjukan bahwa kreativitas orang-orang bisa menghasilkan aneka hiasan dinding yang estetik meskipunhanya terbuat dari kertas minyak.

3. Miniatur Tanaman

miniatur tanaman dari kertas minyak
 

Kerajinan dari kertas minyak ini bisa dipertimbangkan bagi Anda yang menyukai tanaman di dalam rumah. Baginya, tanaman hidup di dalam rumah mampu menambah estetika di rumah dan menambah kesegaran.

Namun jika Anda ingin menambah nuansa yang lain, miniatur daun palem dari kertas minyak bisa jadi alternatifnya. Kertas minyak untuk miniatur daun palem akan menampilkan kesan daun palem yang kering.

Dengan menyelipkan kerajinan itu maka akan menambahkan kesan yang berbeda dan membuat orang lain tertarik untuk melihatnya.

Miniatur tanaman di dalam rumah adalah solusi menghadirkan nuansa rumah yang asri. Menggunakan miniatur yang terbuat dari kertas minyak adalah suatu alternatif jika Anda tidak menemukan daun palem kering untuk hiasan.

Daun palem kering yang asli sulit ditemukan. SKelangkaan itu karena daun palem kering banyak dicari namun sulit untuk ditemukan. Maka tak heran jika harganya cukup menguras dompet.

Kerjainan dari kertas minyak ini dapat menghasilkan daun palem kering yang mirip. Dengan demikian Anda pun dapat menghemat pengeluaran dengan kerajinan ini

4. Hiasan Cermin

hiasan dinding dari kertas miyak
 

Pinggiran cermin yang dihias dapat menambahkan kesan estetik di suatu ruangan. Maka tak heran aneka hiasan cermin bisa kita temukan di toko aksesoris online dan offline.

Layaknya kesenian pada umumnya, harga hiasan cermin dapat dikatakan cukup menguras dompet bagi sebagian orang. Oleh karena itu kesenian ini pun bisa dibuat sendiri dengan bermediakan kertas nasi atau kertas minyak.

Selain bahannya mudah didapat, hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Maka dari itu lakukan tutorial cara membuat aneka kerajinan dari kertas minyak beserta informasi lainnya di artikel ini.

Kertas Minyak Berkualitas untuk Kerajinan

Apapun tutorial yang Anda ikuti, memilih kertas minyak yang berkualitas adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kertas minyak yang berkualitas adalah kunci keberhasilan dari keempat kerajinan di atas.

Ciri-ciri kertas minyak berkualitas untuk kerajinan adalah tidak mudah robek dan ramah lingkungan. Kertas minyak yang tidak mudah robek akan memudahkan Anda untuk melipat apapun bentuknya. Kertas minyak berkualitas untuk kerajinan tersebut akan meminimalisir banyaknya kertas minyak yang robel dan tidak akan terpakai.

Kemudian kertas minyak yang ramah lingkungan juga sangat diperlukan. Hal ini digunakan untuk berjaga-jaga apabila Anda ingin mengganti modal kerajinan yang tidak meninggalkan sampah.

Ramah lingkungan pada kertas nasi yaitu dapat terurai dengan waktu yang sangat cepat. Kemampuan terurai itu karena di dalamnya terdapat teknologi oxium sehingga mudah terurai dan tidak menjadikan partikel-partikel plastik yang membahayakan lingkungan.

Kertas minyak berkualitas untuk kerajianan yang kami maksud adalah Laminated Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah. Disamping itu teknologi oxium telah terbukti aman untuk kontak langsung dengan makanan sehingga 100% aman untuk digunakan bungkus makanan.

Sediakanlah kertas minyak Cap Gajah mulai sekarang!

    Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 03 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer