Makanan Cina di Indonesia yang Menggunakan Alas Kertas Nasi



 

Akulturasi sudah terjadi di indonesia. Lihatlah sudah berapa banyak pedagang kaki lima, rumah makan, dan restora menjual aneka makanan khas cina. Dari sekian banyak pejual, pastinya terdapat pedagang yang menjual makanan cina di indonesia ini.

Kepopuleran makanan tersebut membuat banyak pedagang yang banyak menjualnya. Bahkan tidak sedikit pula yang mencampurkan resep tambahan lainnya agar rasanya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Dengan demikian semua masyarakat bisa menikmatinya tanpa khawatir.

Namun makanan-makanan di artikel ini adalah yang masih menggunakan kertas nasi untuk alas untuk bungkus dan ketika menyajikannya. Untuk itu, kami lengkapi informasinya dengan merek kertas nasi yang biasa digunakan untuk makanan cina di indonesia. Berikut ini penjelasannya.

1. Dim Sum

Ini adalah makanan ringan yang populer di kalangan anak muda. Kepopulerannya membuat makanan ini disajikan oleh kalangan pedagang kaki lima hingga restoran ternama.

Resep dim sum mudah untuk ditiru sehingga para penjual ingin menghasilkan dim sum beraneka rasa. Oleh karena itu, banyak pengusaha makanan dim sum yang bermunculan karena mampu mempraktekkan resep yang beredar di internet dengan baik.

Bentuknya yang kecil sesuai dengan arti dari "dim sum". Dim sum berasal dari bahasa Kantonis yang berarti makanan kecil. Makanan cina di indonesia ini punya banyak macam yaitu mulai dari siomay, hakau, bakpao, Jiao Zi, dan lain sebagainya.

2. Bebek Peking

Cina punya olahan bebek panggang yang populer di Indonesia yang bernama bebek peking. Rasanya yang gurih membuatnya cocok untuk dijadikan protein yang nikmat.

Cita rasa yang nikmat dari bebek peking didapatkan dari proses pemberian bumbu. Bebek direndam dengan bumbu-bumbunya selama 24 jam. Sebelum disajikan, bebek peking dipanggang selama 20 menit dan disajikan dengan irian yang tipis.

Dengan irisan yang tipis kemudian disajikan dalam piring membuat Anda mudah tergiur untuk menikmatinya bersamaan dengan nasi. Makanan cina di indonesia bebek peking punya ciri khas yaitu dilengkapi dengansaus kacang yang berwarna merah.

Terkait dengan sajiannya, bebek peking ini disajikan dengan cara diiris tipis. Sajian bebek peking ini bisa dimakan bersama dengan nasi atau pancake yang dilengkapi dengan saus kacang warna merah.

3. Makanan Cina di Indonesia, Aneka Olahan Mie

Kwetiauw adalah makanan cina yaitu mie yang berbentuk pipih. Makanan yang identik dengan masyarakat Tonghoa etnis Hokkian dan Tio Chiu ini terbuat dari tepung beras.

Ada dua olahan kwetiauw yang akrab dengan lidah masyarakat indonesia yaitu goreng dan kuah. Olahan mie ini banyak dijual oleh peagang kaki lima sehingga Abda tidak perlu ke restoran mahal.

Olahan mie ala cina lainnya adalah I Fu Mi. Cara masak makanan cina di Indonesia ini dengan cara digoreng dengan minyak yang panas. Cara pemasakan tersebut bertujuan utnuk menghasilkan mie yang kering dan berbentuk sarang.

I Fu Mi lebih nikmat karena penambahan aneka sayuran yang bergizi seperti brokoli, kembang kol, wortel, dan caisim. Setalah itu, I Fu Mi menggunakan kuah siraman agak sedikit cair dan tidak terlalu kental.

4. Cap Jay

Makanan cina di Indonesia ini kerap dijadikan sebagai menu makan bersama keluarga. Hal itu karena capjay di Indonesia umumnya dihidangkan dengan ukuran yang sangat banyak. Dengan demikian, capjay dapat dinikmati 3-4 orang.

Cap Jay dilengkapi dengan aneka sayuran dan potongan ayam hingga seafood dengan kuah kental berwarna merah. Makanan cina di indonesia ini lebih nikmat saat disantap ketika keadaan hangat. Tanpa nasi, cap jay sudah cukup mengenyangkan.

5. Fuyunghai

Nikmatilah makanan ini dengan nasi karena fuyunghai adalah "telur dadar cina" yang diisini oleh aneka seafood. Namun ada beberapa pedagang yang mencampurkannya dengan sayuran seperti kol. Dengan pencampuran itu maka rasa fuyung hai lebih menyhatkan.

Pada tempat yang terpisah, penjual akan melengkapinya dengan saos merah yang cukup kental. Saus ini teragam lebih asam sehingga menambah rasa yang menggugah selera.

6. Sapo Tahu

Sapo adalah nama tempat untuk memasak makanan ini. Sapo atau claypot terbuat dari keramik sehingga mampu menahan suhu panas yang leih lama.

Makanan cina di indonesia ini cocok bagi sebagian orang yang menghindari olahan ayam, daging serta olahan laut. Di dalam sapo tahu terdapat tofu, jamur merang, wortel, sawi putih dan kuah kental dari campuran tepung maizena.

7. Lun Pia

Lun pia atau yang masyarakat Indonesia menyebutnya dengan Lumpia adalah makanan ringan khas cina. Makanan ini terisi aneka sayuran dan tambahan daging ayam yang seluruhnya dimasak bersamaan dengan bumbu khusus. Setelah itu dibungkus menggunakan kulit lumpia. Kini pedagang lumpia mulai mengkreasikan bumbunya sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih.

Di beberapa kota Indonesia, Lun Pia jadi makanan oleh-oleh misalnya kota Semarang. Tidak banyak mengubah lun pia, sehingga Anda dapat merasakan masakan cinta di Indonesia ini secara otentik.

8. Wonton

Ini adalah makanan ringan yang sedang viral saat ini. Wonton adalah pangsit yang diisi dengan ayam cincang yang suah diolah sebelumnya dan direbus. Kini wonton tidak selalu disajikan dengan kuah. Masyarakat Indonsia mengkreasikannya dengan membalurkannya dengan minyak cabe atau chili oil.

Dengan cita rasa wonton baru ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat menikmatinya. Apalagi kebanyakan dari kita menyukai makanan yang pedas. Dengan demikian makanan cina di Indonesia bernama Wonton wajib untuk dicoba.

9. Nasi Hainan

Nasi hainan menggunakan protein yang direbus yang biasanya menggunakan daging ayam. Rebusan ayam tersebu didampingi oleh rempah-rempah yang menggugah selera makan.

Nasi hainan di sajikan dengan nasi, saus cabai, dan timun. Beberapa pedagang pun mengkreasikan makanan ini dengan membumbui nasi tersebut dan terasa lebih gurih.

Kertas Nasi untuk Alas Makanan Cina

Laminated Wrapping Kraft (LWK) dan Laminated Machine Glazed (LMG) adalah kertas nasi untuk alas makanan cina. LWK kerap disebut dengan kertas nasi coklat. Sedangkan LMG adalah nama lain dari kertas nasi putih.

Dalam hal ini, LWK bisa digunakan untuk membungkus makanan yang berkuah. Akan tetapi, masukkan masakan tersebut ke dalam plastik dan lapisi menggunakan kertas nasi coklat. Pelapisan ini bertujuan untuk mengurangi panas dan menghindari bocor.

Menggunakan LMG atau kertas nasi putih bisa dijadikan sebagai alas piring dan membungkus nasi hainan. Akan lebih higienis jika nasi hainan dilipat ala KFC agar menjaga suhu nasi tetap hangat. Anda akan kerap menemukan LMG sebagai alas piring ketika menikmati dim sum.

Baik LWK maupum LMG pada makanan cina di Indonesia ini, kertas nasi untuk alas makanan cina yang direkomendasikan adalah Cap Gajah.

Anda pun dapat memiliki kedua kertas nasi tersebut di toko resmi kami

 

ecommerce suparma

    Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 22 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer