makanan india di indonesia yang sering dijumpai di sekitar kita


 

Masyrakat Indonesia sudah terbiasa dengan makanan berempah. Darimana pun makanan itu berasal, selama menggunakan rempah yang berlimpah maka itu sudah tergolong makanan yang cocok untuk lidah kita. Seperti contohnya makanan India di Indonesia ini yang mudah Anda temukan.

Aneka makanan india ini sudah berpadu dengan rempah-rempah Indonesia. Itulah yang membuatnya mudah untuk ditemukan sehingga makanan ini cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan.

Makanan India memang banyak variasinya, namun hanya beberapa yang kami rekomendasikan untuk dicoba. Bahkan makanan-makanan ini sekilas menyerupai dengan makanan di Indonesia. Apa sajakah itu? Inilah penjelasannya.

1. Nasi Biryani

*gambar*

Biryani makanan India di Indonesia yang sajian utamanya adalah nasi rempah. Tak heran rasa itu didapatkan dari penggunaan rempah-rempahan India yang kuat serta penggunaan sayuran dan daging.

Proses pembuatan nasi biryani tergolong cukup unik karena beras yang sudah bersih akan direbus dalam panci tanpa bumbu. Setelah setengah matang, beras tersebut dicampur kaldu berbumbu dan dibiarkan dalam panci matang. Proses inilah yang menghasilkan nasi dengan rasa kaldu dan rempah yang dominan. Setelah itu nasi ini diberikan lauk dan sayuran dalm sajiannya.

Mulai dari restoran hingga kaki lima di Indonesia banyak yang menjual hidangan ini. Jadi, nasi biryani akan mudah untuk disantap.

2. Ayam Tandoori

*gambar*

Tidak hanya di Indonesia, makanan India ini sudah mendunia karena cita rasa dan proses pembuatannya yang unik. Nama "Tandoori" karena ayamnya dimasak dengan proses bernama tandoori.

Tandoori adalah proses memasak yang membuat bumbu-bumbu meresap ke bahan makanan dengan cara dipanggang dalam oven tandoori bersuhu tinggi. Bahkan suhu oven tandoori bisa mencapai 300 derajat celcuis. Ayam yang dipanggan harus ditusuk menggunakan besi panjang. Kemudian bumbu-bumbunya dilumuri di ayam secara merata.

Bumbu ayam tandoori menggunakan beraneka rempah misalnya:  minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yogurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bumbu jinten, dan bumbu khas India yang bernama kasoori methi.

3. Samosa

*gambar*

Makanan India di Indonesia ini biasanya dijadikan sebagai camilan. Penggolongan ini bisa terlihat dari bentuknya yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan makanan ringan saja.

Cita rasa yang ditawarkan oleh samosa adalah gurih dengan tekstur yang renyah. Namun berjalannya waktu Samosa ini memiliki aneka macam rasa seperti penggunan coklat, susu, keju, dan isian rasa manis lainnya.

Restoran timur tengah di Indonesia pastinya menyediakan makanan ini. Dengan demikian samosamenjadi makanan yang wajib dipesan saat Anda mengunjunginya,

4. Naan

*gambar*

Makanan India di Indonesia ini berupa roti sehingga disebut dengan roti india. Naan adalah roti tradisional dari India yang berbahan dasar tepung yang dicampur ragi. Kemudian adonan tersebut dimasukkan dalam oven.

Agar citarasa Naan bisa didapatkan lebih baik menggunakan oven tradisional atau yang disebut dengan Tandoor. Oleh karena itu makanan ini biasanya disajikan dengan ayam tandoori sehingga Anda akan mendapatkan kayanya cita rasa rempahnya.

5. Dosa

*gambar*

Dosa adalah makanan India di Indonesia yang mirip dengan lekker crepes. Dengan demikian teksturnya akan lebih renyah dan gurih sehingga cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Bahan baku dosayaitu kacang dan besar yang sudah difermentasikan. Kemudian masakan ini dimasak menggunakan sedikit percikan minyak atau tidak sama sekali. Bagaimana pun cara memasaknya, Dosa akan cocok jika disajikan sebagai menu sarapan dan makan malam.

6. Kheer

*gambar*

Kheer adalah makanan India di Indoesia yang bahan bakunya adalah beras. Kheer juga disebut dengan puding beras yag mana makanan ini sangat familiar di negara asalnya.

Kheer bisa dikatakan sebagai makanan penutup karenad disantap setelah makan besar. Makanan ini punya rasa dan aroma yang nikmat karena memakai aneka rempah dalam pembuatannya.

Rempah-rempah yang digunakan dalam membuat Kheer adalah: beras, tepung gandum, tepung tapioka, susu, dan gula ini dipadukan dengan rempah-rempah pilihan juga seperti kapulaga dan kunyit. Sudah pernah mencoba kheer?

Makanan Indonesia Mirip Makanan India

Selain ketujuh makanan india di indonesia itu, ternyata ada makanan Indonesia mirip makanan india yang belum banyak orang tahu. Bahkan ada beberapa makanan ini yang punya nama yang mirip. Inilah makanan-makanannya.

1. Kue Putu (Puttu)

*gambar*

Gambar di atas sudah menunjukan bahwa Putu dan Puttu adalah dua makana yang mirip. Kemiripan tersebut juga terlihat dari proses memasknya yaitu dikukus. Selain itu bahan bakunya pun sama yaitu terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.

Makanan indonesia mirip makanan india ini hanya berbeda dari segi penyajiannya. Kue putu digunakan untuk cemilan sedangkan puttu adalah menu sarapan yang disajikan bersamaan dengan kari.

2. Bakwan Sayur (Pakora)

*gambar*

Berbeda dengan nomor 1 (satu), makanan Indonesia mirip makanan india ini tidak ada bedanya sama sekali.

Baik bakwan sayur dan pakora, keduanya terbuat dari tepung terigu, daun bawang, garam, dan aneka sayuran. Kemudian diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak yang banyak.

3. Kue Apem (Appam)

*gambar*

Appam dan kue apem sama-sama terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan kelapa yang difermentasikan. Makanan Indonesia mirip makanan India ini punya tekstur, aroma, dan cita rasa yang sama dengan Appam

Appam adalah "kue apem" yang memiliki rasa asin sehingga cocok untuk lauk pelengkap. Sedangkan kue apem Indonesia memiliki rasa yang masih sehingga cocok untuk makanan penutup.

4. Roti Cane (Paratha)

*gambar*

Paratha adalah roti pipih India yang menjadi makanan pokok Masyarakat India Selatan. Jika dilihat dari warna, tekstur, dan juga cita rasanya, makanan ini mirip dengan roti cane yang biasa dinikmati bersama kari ayam.

Bahan baku roti cane dan paratha terbuat dari tepung terigu dan margarin. Sayangnya paratha tidak menggunakan telur karena sebagian besar masyarakatnya tergolong vegetarian. Oleh karena itu paratha dapat dinikmati dengan hidangan utama yaitu butter chicken.

5. Gulai Ayam (Butter Chicken)

*gambar*

Butter chicken adalah "gulai ayam"nya India. Namun kedua makanan ini dibedakan dari bumbu dan rempah yang dipakai.

Butter chicken menggunakan jintan, garam, cengkih, kapulaga, krim, kari, susu, hingga yoghurt. Sedangkan gulai ayam Indonesia umumnya menggunakan santan untuk pengganti Yogurt.

Alas Makanan India

Apapun makanan India yang di atas pasti akan disajikan dengan alas di atas piring untuk disajikan. Biasanya alas makanan Indisa berupa kertas nasi yang berwarna coklat maupun putih.

Jenis kertas nasi yang dipilih akan lebih baik jika menggunakan merek yang terpercaya. Merek kertas nasi yang terbaik adalah yang memproduksi kertas nasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Tanggung jawab itu terlihat dari kemampuannya memproduksi kertas nasi yang mudah terurai sehingga tidak menyebabkan sampah yang menumpuk.

Kertas nasi Cap Gajah adalah kertas nasi yang sangat bertanggung jawab. Dengan menggunakan teknologi  Oxium yang mampu membantunya terurai dengan membutuhkan waktu hanya 5 tahun.

Oleh karena itu memilih kertas Capp Gajah berarti bantu kami untuk menjaga lingkungan dari tumpukan sampah. Milikilah sekarang!

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/hot/read/5287709/7-makanan-india-yang-mendunia-cocok-di-lidah-orang-indonesia?page=5

https://www.suara.com/lifestyle/2021/12/11/141415/7-makanan-india-yang-mendunia-nomor-4-jadi-favorit-orang-indonesia

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/dhiya-azzahra/kuliner-india-yang-mirip-makanan-indonesia?page=all

https://www.misteraladin.com/blog/makanan-khas-negara-india-yang-mirip-dengan-indonesia/

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 30 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer