15 Makanan Indonesia dari Belanda yang Populer Saat Ini



 

Indonesia dan Belanda pernah punya hubungan yang kelam di masa lalu. Namundibalik itu semua, kita mendapatkan menghasilkan akulturasi budaya yang ada di beberapa hal, salah satunya adalah makanan. Terdapat makanan Indonesia dari Belanda yang masih eksis hingga saat ini.

Makanan-makanan itu mungkin pernah Anda cicipi. Atau bahkan makanan-makanan yang berikut ini sedang ada di meja makan rumah Anda.

Cita rasanya cocok dengan selera kebanyakan masyrakat Indonesia. Bahkan ada beberapa makanan itu yang dikreasikan dengan menghasilkan rasa yang baru.

Beberapa makanan-makanan ini biasanya akan disajikan dengan kertas yang berwarna coklat dan putih yang digunakan untuk alas sajian. Sudahkah Anda tahu nama dan merek kertas tersebut? Bacalah artikel ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya.

Aneka Makanan Indonesia dari Belanda

Makanan Indonesia dari Belanda ini wajib untuk dicicipi karena rasanya sangat menggugah selera. Berikut ini makanan-makanan yang wajib dicoba

1. Kastengels

Kastengels adalah kue kering yang terbuat dari keju dan populer saat hari raya muslim atau Idul Fitri. Kastengelels Indonesia dan Belanda tetap punya perbedaan.

Belanda mengenal kaastengel dengan dua jenis yaitu KaasTengel dan kaasStengel. KaasTengel adalah lumpia keju yang digoreng sementara kaasStengel adalah puff pastry keju panjang. Di Indonesia, kastangels berubah bentuk menjadi lebih pendek dan berukuran lebih kecil. Namun Katengel Indonesia dan Belanda memiliki kesamaan yaitu sama-sama kue kering keju yang berbentu batang.

Makanan ini termasuk hapjes (snack) yang cukup populer di Belanda. Dengan demikian kue ini banyak ditemukan di toko-toko kue yang menyediakan roti dan aneka makanan ringan yang cukup tradisional.

2. Klappertaart

Klappertaart adalah camilan manis yang populer di Manado dan mendapatkan pengaruh dari Belanda. Makanan Indonesia dari Belanda ini dijadikan sebagai makanan penutup karena Klappertaart adalah tart kelapa.

Pada saat itu Klappertaart adalah hasil "coba-coba" para noni Belanda yang tinggal di Manado. Pada saat itu noni Belanda berniatan untuk membuat kue tart yang berisi kelapa. Kemudian tart kelapa ini diberikan campuran tepung, kismis, kenari, bubuk kayu manis, susu, gula, dan mentega. Tak heran jika kue ini terasa sangat gurih, manis dan legit saat dimakan.

3. Roti Bluder

Roti bluder adalah makanan Indonesia dari Belanda yang menggunakan resep roti kuno hasil warisan era kolonial Belanda. Roti bluder berbentuk seperti jamur yang menyembul pada bagian atasnya.

Saat disobek roti ini memiliki tekstur empuk, lembut, dan lumer di mulut. Warnanya tampak lebih kuning karena menggunakan kuning telur dengan jumlah yang sangat banyak.

4. Lapis Legit

Spekkoek atau lapis legit adalah makanan Indonesia dari Belanda yang masih bisa ditemukan hingg saat ini. Lapis legit adalah kue manis yang dibuat dari beberapa lapisan-lapisan. Wangi yang yang harum dari butter membuat makanan ini sangat menggoda dan nikmat untuk disantap.

Lapi legit yang dicampur cengkeh dan kayu manis menambah aroma lapis legit yang memikat. Selain itu, lapisan kue ini ditabahkan dengan kismis, buah plum, dan buah-buah kecil lainnya sehingga rasanya lebih nikmat dan menygarkan.

Lapis legit adalah kue yang digunakan sebagai makanan perjamuan gaya kolonial bernama rijsttafel. Dengan demikian lapis legit tetap menjadi makanan yang mewah untuk dibawa ke kolega sampai saat ini.

5. Panekuk

Dalam bahasa Belanda, Panekuk artinya dimasak menggunakan pan atau wajan datar. Panekuk juga dinamakan dengan pancake. Panekuk yang dikenal di Indonesia memiliki bentuk yang berbedda daripada pancake di negara yang lainnya.

Pancake Amerika bentuknya lebih tebal dan lembut sedangkan panekuk lebih tipis dan lentur sehingga panekuk tersebut bida digulung. Bentuk tyang berbeda itu karena panekuk di Indonesia menggunakan baking powder. Sedangkan di Prancis, panekuk dikenal dengan istilah crepes. kemudian disajikan bersama olesan selai dan madu.

6. Kroket

Makanan Indonesia dari Belanda ini terbuat dari kentang dan termasuk dalam kue basah yang banyak disukai masyarakt Indonesia. Kroket diisi dengan daging serta adonan kentang kemudian dibalut dengan tepung roti dan digoreng.

Orang Belanda menamai makanan ini dengan sebutan kroketten. Ternyata camilan tersebut  diadaptasi orang Belanda dari Negara Prancis yang bernama croquette. Kemudian makanan ini dibawa ke Indonesia saat masa kolonialisme.

Bahkan ada satu jenis kroket yang populet jadi makanan pinggir jalan di Belanda hingga saat ini. Kroket tersebut berisi ragout umbu sate yang dinamakan dengan satekroket.

7. Perkedel

Perkedel adalah makanan Indonesia dari Belanda yang terbuat dari kentang tumbuk. Perkedel dikatakan sebagai frikadeller atau gorenga berbahan kentang dengan daging yang terkenal di Belanda.

Ternyata frikadeller adalah makanan Belanda yang diadaptasi dari gorengan daging cincang asal denmark. Seiring berjalannya waktu, perkedel bisa dicampurkan dengan  tahu, ikan, jagung, dan beberapa bahan yang lainnya.

8. Nastar

Nastar adalah makanan indonesia dari belanda yang populer pada beberapa saat misalnya saat idul fitri. Nastar berasal dari nama annanas taart yang artinya tart nanas.

Kue nastar aslinya tidak dibuat dengan selai nanas namun menggunakan selai dari buah stroberi, persik, atau buah-buahan lain yang populer di Eropa. Buah-buahan tersebut sulit diteukan di Indonesia sehingga Nastar dikenal dengan kua nanas karena isiannya dari buah nanas.

Buah nanas adalah salah satu buah yang mudah tumbuh di Indonesia. Hal itu karena buah nanas termasuk buah tropis karena mudah tumbuh di nagara Tropis seperti Indonesia.

9. Pastel Tutup

Bahasa Belanda dari pastel tutup adalah indische pastei. Isian pastel tutup yang populer adalah daging yang sudah diolah menjadi ragout atau sup krim.

Pastel tutup yang menggunakan mirip dengan Sheperd's pie apabila menggunakan oenutup dari adonan kentang.

10. Schotel

Makanan Indonesia dari Belanda ini terlihat dari namanya yang diambil dari Bahasa Belanda "schotel" atau "schaal" yang berarti hidangan. Nama itu juga merujuk pada nama wadah untuk membuat makanan ini.

Makanan ini tergolong dalam variasi kaserol macaroni. Maka tak heran jika schotel juga dikenal di negara-negara Eropa lainnya.

11. Selat Solo

Konon katanya makanan Indonesia dari Belanda ini adalah hasil ciptaan koki istana Kasunanan Surakart. Pada saat itu hidangan ini dibuat untuk menjamu delegasi Belanda dalam pertemuan di Benteng Vastenburg.

Koki tersebut ingin menghadirkan sepiring hidangan yang merepresentasikan kesukaan dari pihak Belanda dan Sang Raja. Pihak Belanda ingin menyantap steak daging sementara Sri susuhunan menyukai nasi dan sayuran. Kemudian "lahir" makanan yang disebut dengan selat Solo atau bistik jawa.

Nama "seklat" terinspirasi dari makanan Salad karena menyuguhkan sayuran layaknya sepiring salad. Kemudian nama "Solo" berasal dari nama kota untuk pertemuan tersebut yasitu di KotaSolo, Jawa Tengah.

12. Semur

Dalam Bahasa Belanda, makanan ini diberi nama dengan smoor yaitu hidangan dari daging rebus yang dimasak dengan bawang dan tomat.

Daging rebus disesuaikan dengan citarasa orang Indonesia yaitu ditambahkan kecap dan bumbu-bumbu rempah yang kuat. Selain itu semur di Indoensia mengalami perubahan bahan utama dengan menggunakan daging, tahu , dan telor.

13. Kue Cubit

Kue cubit termasuk makanan Indonesia dari Belanda yang diadaptasi dari makanan Belanda bernama poffertjes. Poffertjes adalah panekuk mini yang dikenalkan oleh orang-orang Belanda ke Indonesia saat menjajah Indonesia.

poffertjes populer sebagai jajanan pinggir hjalan terutama saat musim panas. Bahkan kue cubit dan  poffertjes punya adonan dan cara pembuatan yang hampir sama. 

14. Ayam Kodok

Menurut pakar kuliner bernama William Wongso, ayam kodok adalah versi lokal dari chicken ballotine. Makanan ini terbuat dari ayam tua, itik, atau kalkun yang utuh  dengan semua daging dan tulangnya dikeluarkan. Kemudian daging-daging ersebut digiling bersama bumbu, lalu dimasukkan kembali ke kulit ayam, dan dikukus.

Menuruntnya, chicken ballotineadalah makanan dari Belanda. Dengan demikian makanan indonesia berupa ayam kodok ini terinspirasi dari makanan Belanda namun diinovasikab dengan menambahkan aneka rempah-rempah khas Indonesia.

15. Roti Goreng

Makanan Indonesia dari Belanda berupa roti goreng adalah modifikasi dari kuliner Belanda yang bernama oliebollen, roti goreng manis ala Belanda.

Dinamakan roti goreng karena adonannya menyerupai roti namun diolah dengan cara digoreng. oliebollen diberikan taburan gula halus agar rasanya manis. Sementara roti goreng diberikan taburan wijen di atasnya sehingga rasanya manis dan gurih.

Lapisan untuk Aneka Makanan Khas Belanda

Itulah aneka makanan indonesia dari belanda yang masih ada di Indonesia. Hal yang membuat makanan-makanan tersebut mampu bertahan di Indonesia adalah karena mampu beradaptasi dengan lidah orang Indoensia.

Adaptasi itu pun dilakukan dengan meniru penyajian yang umumnya dilakukan oleh warga Indonesia. Salah satu cara penyajian yang mudah ditemukan adalah memberikan lapisan pada piring dan kemasan sajiab pada semua makanan. Lapisan itu menggunakan krtas nasi coklat dan putih.

Laminated Machned Glazed  (LMG) adalah kertas nasi putih yang biasanya digunakan untuk melapisi kue-kue dan makanan ringan lainnya. Sementara Laminted Wraping Kraft (LWK) adalah kertas nasi coklat yang bdigunakan untuk melapisi makanan yang erukuran besar.

LWK dan LMG yang terbaik dan cocok untuk dijadikan alas makanan apapun adalah merek Cap Gajah.  Kertas nasi Cap Gajah tahan panas, tahan minyak, dan anti bocor yang membuatnya cocok untuk beraneka jenis makanan.

#BungkusinAja pakai kertas nasi Cap Gajah LWK dan LMG

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 26 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer