Makanan Simbol Duka Cita di Seluruh Dunia | Indonesia Ada?



 

Makanan kerap memberikan suasana yang ceria dan suka cita. Namun dibalik itu, makanan juga bisa jadi simbol seseorang yang sedang berduka. Terdapat beberapa makanan simbol duka cita di beberapa negara yang mungkin pernah Anda temukan dan rasakan

Biasanya makanan-makanan tersebut disajikan ke tetangga dan atau orang-orang terdekat saja. Bagi keluarga yang ditinggalkan, memberikan makanan itu bertujuan untuk menghibur suasana hatinya yang telah kehilangan orang terkasih.

Beberapa negara punya hidangan khas yang dijadikan sebagai simbol berduka cita. Oleh karena itu inilah makanan-makanan yang menjadi simbol duka cita beserta negara asalnya. Simaklah sampai akhir karena Indonesia juga punya makanan sebagai simbol duka cita.

1. Ham Salad

*gambar*

Ham adalah nama dari bagian bekalang kaki daging babi yang diolah menjadi salah pada abad ke-19 dan disajikan pada acara pemakanan. Wilayah Amerika Serikat yang masih menyajikan Ham Salad saat upacara pemakamabn adalah kota Illinois hingga North Dakota.

Ham salad adalah makanan simbol duka cita bagi orang kaya di Inggris dan Amerika. Hal itu karena harganya yang cukup mahal dan hanya mampu dibeli oleh orang-orang kaya.

2. Amish Funeral Pie

*gambar*

Bahan pembuatan Amish Funeral Pie tergolong mahal sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa membuatnya. Makanan simbol duka cita bernama Amish Funeral Pie vbiasanya disajikan di negara Pennsylvania

Filosofi Amish Funeral Pie yaitu menunjukan dedikasi penuh kepada seseorang yang sudah meninggal. Filosofi itu ada karena proses pembuatan Amish Funeral Poe yang tergolong cukup lama. Bahan utama Amish Funeral Pie yaitu kentang yang diisi kismis, gula, telur, tepung, garam, lemon, danc campuran rempah lainnya.

3. Mannish Water

*GAMBAR*

Jamaika punya makanan simbol duka cita yaitu bernama Mannish Water. Bentuk makanan ini menyerupai sup karena berkuah dan campurannya yang mirip. Isian Mannish Water adalah kentang, wortel, dan pisang hijau. Mannish wwater dihidangkan dengan karbohidrat yaitu roti atau rum.

Di Jamaika, Mannish Water disuguhkan pada saat tradisi 'The Nine Nights'. Tradisi ini bertujuan agar roh orang yang meninggal bisa ditempatkan di alam yang layak. Perayaan ini diiringi dengan kegiatan lainnya yaitu berdasa dan bermain games bersama tamu-tamu undangan.

Protein di Mannish Water yaitu daging kepala dan terpedo kambing. Kemudian kaldunya dimasak dengan aneka sayuran yang sudah disebutkan di atas.

4. Halva

*gambar*

Timur Tengah adalah negara yang memiliki makanan simbol duka cita ini. Selain di Timur Tengah, Halva kerap dijadikan makanan duka cita di India, Turki, Iran, dan Armenia.

Halva sekilas mirip dengan brownies. Rasanya yang manis membuat Halva memiliki filosofi tersendiri. Diharapkan rasa manis itu menjadi penghibur perasaan seseorang yang sedang berkabung.

Bahan pembuatan kue Halva layaknya pembuatan brownies pada umumnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue halva diantaranya: tepung terigu, margarin, gula, dan air. Meskipun manis namun makanan simbol duka cita ini dapat digunakan untuk mengenai seseorang yang sudah tiada.

5. Borsok

*gambar*

Makanan simbol duka cita dari negara Kirgizstan bernama Borsok. Makanan ini berupa roti goreng yang dibuat pakai bahan-bahan seperti tepung terigu, air, garam, gula, ragi, dan margarin.

Bagi seluruh masyarakat Kirgistan, meggoreng roti bertujuan untuk menghormati kepergian orang terkasih. Roti goreng itulah yang diberi nnama dengan Borsok.

Borsok atau roti goreng akan menghasilkan aroma yang dipercaya akan tercium oleh keluarga yang meninggal. Tradisi  "mengeluarkan aroma" dari roti yang digoreng pada negara Kirgistan ini diberi nama jyt chygaruu.

6. Funeral potatoes

Amerika Serikat punya makanan simbol duka cita yang lainnya. Funeral Potatoes adalah makanan saat berduka yang sering disajikan pada warga di Utah Amerika Serikat. Makanan ini terbuat dari jagung yang dicampur dengan potongan kentang, sup krim ayam, krim asam, mentega, dan keju parut.

Funeral Potatoes juga disebut dengan casserole klasik Utah. Kabar yang beredar, mmakanan simbol kedukaan ini meningkat popularitasnya karena diperkanalkan oleh organisasi wanita di Church of Jesus Christ of Latter-day Saints.

Organisasi tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang berduka termasuk dengan makannya. Bahkan Funeral Potatoes masih eksis karena menjadi salah satu menu makanan di potlucks gereja.

Makanan ini berisi kombinasi serpihan jagung dengan irisan atau potongan kentang, sup krim ayam (atau jamur), krim asam, mentega, dan keju cheddar parut. Makanan ini masih disajikan pada pertemuan pasca-peringatan dan potlucks gereja kini.

7. Nasi Berkat, Makanan Simbol Duka Cita Khas Indonesia

Indonesia juga punya makanan simbol duka cita yang terkanl di Pulau Jawa yaitu Nasi Berkat. Nasi ini berisi nasi putih, lauk, sayur. Serta anekakue basah dan buah ditempat yang berbeda.

Nasi berkat diberikan pada tetangga atau prang terdekat untuk mempengirangi 40 hari, tiga bulan, hingga satu tahu pasca kematian anggota keluarga. Nasi berkat lekat kaitannya dengan masyrakat Indonesia yang beragama islam. Hal itu karena nasi berkat umumnya diberikan saat mengikutiacara doa bersama.

Wadah atau tempat penyajian nasi berkat sudah mulai beragam. Ada yang berupa tempat dari plastik, anyaman bambu, dan ada pula yang menggunakan kardus makanan.

Kata Berkat berasal dari Bahasa Arab"Bakatun" atau "barakat" yang berarti kebaikan yang bertambah terus. Filosofi ini berarti harapan terhadap si pemberi makanan ini agar segala harapannya segera terkabul.

Selain itu filosofi nasi berkat sebagai bentuk sedekah kepada orang sekitar dan orang yang membutuhkan. Meskipun lauknya sederhana namun ini tidak menghalangi seseorang untuk bersedekah dengan sesama. Dengan memberrikan nasi berkat diharapkan si pemberi dan si penerima sama-sama mendapatkan keberkahannya.

Merek Kertas Nasi untuk Alas di Nasi Berkat

Sebagai warga Indonesia,. kita harus bangga dengan keunikan nasi berkat sebagai makanan simbol duka cita. Ketika Anda menerima nasi berkat, mungkin Anda akan menemukan kertas nasi berwarna coklat. Benda ini digunakan untuk memisahkan nasi dengan lauk-pauk dalam nasi berkat.

Seperti yang kita lihat, kertas nasi tersebut bersentuhan langsung dengan nasi dan lauk-pauk. Oleh karena itu pemilihan kertas nasi yang aman kontak langsung dengan makanan menjadi penting untuk dilakukan.

Gunakanlah merek kertas nasi untuk alas yang bersertifikat Food Grade. Dengan demikian sertifikasi ini menunjukan bahwa kertas nasi tersebut telah teruji aman untuk digunakan dan kontak langsung dengan makanan.

Merek kertas nasi bersertifikasi Food Grade adalah kertas nasi Cap Gajah. Laminated Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah memiliki sertifikasi Food Grade karena dijamin tidak beracun, aman untuk makanan, tidak mengubah rasa dan kualitas makanan, hingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Jadi, kertas berkat yang menggunakan kertas nasi Cap Gajah dijamin sehat karena terhindari kontaminasi zat-zat yang buruk. Jika tertarik, miliki kertas nasi Cap Gajah di toko online resmi Cap Gajah berikut ini:

  • E Commerce Kertas Nasi Cap Gajah
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bali
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Lazada Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop Kertas Nasi Cap Gajah

Referensi:

www.idntimes.com
www.liputan6.com
www.kumparan.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 01 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer