7 Makanan yang Dihindari Saat Memasuki Musim Hujan, Waspada!



 

Musim hujan membuat kita harus berhati-hati terhadap makanan yang kita nikmati. Langkah tersebut bertujuan untuk menghindari gangguankesehatan. Oleh karena itu ada beberapa makanan yang dihindari ketika sudah memasuki musim hujan.

Golongan makanan-makanan tersebut harus dihindari karena dapat memicu masuknya bakteri pada tubuh melalui makanan. Jika tak sengaja masuk, maka gangguan ksehatan mulai dari ringan hingga berat pun bisa Anda rasakan.

Jika sudah terkena, maka produktivitas pun ikut terganggu. Itu karena kelalaian Anda karena tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat musim hujan. Berikut ini aneka makanan yang lebih baik dihindari saat musim hujan.

Makanan yang Dihindari Saat Musim Hujan

Ketahuilah semua makanan yang dihindari saat musim hujan ini agar Anda dan keluarga tidak terkena gangguan kesehatan di musim hujan.

1. Makanan pedas

Tak dipungkiri bahwa makanan pedas sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi salah satu makanan yang dihindari saat musim hujan ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh saat hujan melanda.

Sayangnya itu adalah opini yang tidak benar. Keringat sehabis makan pedas bukan menandakan tubuh sedang merasakan kehangatan. Apalagi saat dimakan dengan jumlah yang banyak, makanan pedas akan menimbulkan sakit perut dan diare.

2. Gorengan

Ya, kita pasti suka dengan aneka gorengan yang ada di pinggir jalan. Menyenagkan dan murah adalah alasan orang menyukai gorengan.

Baca Juga:

Namun sebaiknya alasan itu mulai disingkirkan saat memasuki musim hujan. Ingat, musim hujan mudah menyebabkan orang mengalami gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang timbul karena makanan gorengan adalah peradangan enggorokan dan batuk. Gangguan itu disebabkan oleh penggunaan minyak yang berlebihan dan kotor.

Apalagi adanya bibit batuk yang menempel pada tubuh membuatnya mudah terserang penyakit. Kemudian ditambah lagi dengan mengonsumsi gorengan akan mudah terserang gangguan kesehatan.

3. Olahan Ikan Laut

Ikan laut memang cocok diolah jadi makanan yang enak. Selain itu olahan ikan laut punya nilai gizi sehingga makanan laut cocok untuk dinikmati oleh anak-anak dimasa pertumbuhan.

Meskipun demikian, olahan ikan laut dapat digolongkan menjadi makanan yang dihindari ketika musim hujan. Ada dua alasan mengapa olahan ikan laut sebaiknya tidak dimakan saat musim hujan.

Alasan pertama karena beberapa jenis ikan baru memasuki  pada musim berkembang biak, terutama ikan dan udang. Dengan demikian kandungan nutrisi dan rasa dari ikan mungkin mengalami penurunan. Selain itu ikan laut akan berkurang kesegarannya saat dikonsumsi saat masa perkembangan. (Sumber: Unimedika)

Alasan kedua karena ikan-ikan di musim hujan rawan terkena cemaran limbah. Inilah salah satu penyebab olahan ikan banyak yang mati atau terkandung zat-zat berbahaya di dalam tubuhnya.

4. Makanan mentah

Makanan mentah tak selamanya baik untuk tubuh. Justru makanan mentah menjadi makanan yang dihindari saat musim hujan karena tidak baik untuk dikonsumsi.

Baik  ikan, buah, sayur atau daging yang mentahpunya resiko yang sangat tinggi sebagai penyabab terjadinya sakit perut.. Gangguan kesehatan itu disumbangkan oleh musim hujan yang membuat perkembangan bakteri lebih cepat daripada musim kemarau.

Demi mematikan kuman penyebab sakit perut, lebih baik cuci dan rebuslah makana-makanan tersebut.Selain menyehatkan, proses pembuatan itu akan mematikan kuman sehingga lebih amat saat dikonsumsi.

5. Produk-produk dari Susu

Produk-produk susu yang mudah ditemukan sekitar kita adalah susu, keju, dan juga yogurt. Olahan-olahan susu itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun harus dihindari saat musim hujan.

Aneka produk dari susu termasuk dalam makanan yang dihindari ketika musim hujan, mengapa?

Alasan produk-produk dari susu lebih baik tidak dikonsumsi saat musim hujan karena kondisi dari sistem pencernaan kita dinilai cukup sensitif saat musim huja. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menganggu proses pencernaan sehingga menyebabkan penyakit pencernaan.

6. Sayuran berdaun

Sayuran memang  baik untuk tubuh karena memiliki nutrisi yang banyak. Akan tetapi salah satu makanan yang dihindari ini tergolong pada makanan yang tidak cocok dikonsumsi saat musim hujan. Hal itu karena kuman banyak menempel di daun dari sayuran sehingga memicu beberapa gangguan kesehatan. Selain alasa  tersebut, daun dari sayuran yang sering basah dapat menjadi sumber berkumpulnya kuman.

Dengan demikian cucilah hingga bersih dan olahlah dengan baik agar kumannya benar-benar mati. Dengan demikian, Anda tetap bisa memenuhi nutrisi tubuh dan meningkatkan imun saat musim hujan.

7. Makanan yang Bersifat Asam

Makanan yang dihindari saat musim hujan adalah yang bersifat asam. Hal itu karena makanan tersebut dapat mengikat cairan di dalam tubuh sehingga menyebabkan timbulnya beberapa gangguan kesehatan.

Sebenarnya mengonsumsi makanan yang bersifat asam masih diperbolehkan selama  tidak berlebihan. Selain itu olahlah dengan sebaik mungkin demi mengurangi kemungkinan gangguan penyakit saat musim hujan

Jagalah Kebersihan Makanan dengan Menggunakan Kertas Nasi yang Berkualitas

Dengan mengetahui jenis makana-makanan tersebut diharapkan Anda dapat membuat makanan yang lain atau dengan mengolahnya dengan teknik yang lainnya.

Agar tak jajan sembarangan, bawakanlah bekal untuk semua anggota keluarga Anda. Dengan membawa bekal dari rumah dijamin makanannya lebih bersih dan menggunakan peralatan yang dijamin kebersihan.

Bungkuslah makanan untuk bekal dengan menggunakan kertas nasi yang dijamin kebersihannya. Dengan demikian sediakanlah lamiated Wrapping Jraft (LWK) Cap Gajah. Dari sekian banyak kertas nasi di Indonesia, LWK Cap Gajah lah yang punya sertifikasi Halal.

Sertifikat Halal menunjukan bahwa kertas nasi Cap Gajah aman untuk kontak langsung dengan makanan tanpa khawatir terkontaminasi zat-zat kotor dan berbahaya.

Sediakanlah peralatan bekal yang Halal di Rumah demi menunjang kebersihan makanan dari seluruh anggota keluarga.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 26 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer