8 Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah Agar Senantiasa Nyaman



 

Kenyamanan di rumah adalah hal yang harus diperhatikan secara rutin. Kebersihan di rumah membuat seluruh anggota keluarga menjadi terjaga kebersihannya. Akan tetapi, manfaat menjaga kebersihan rumah yang lainnya harus Anda ketahui.

Kebersihan bukan hanya menciptakan kenyamanan tapi juga meghindari berkumpulnya kuman di dalam rumah. Padahal kesehatan adalah hal yang termahal jika itu menimpa keluarga Anda maka akan banyak sekali biaya yang dikeluarkan, kan? Belum lagi gangguan kesehatan ini akan menyita banyak waktu Anda dan keluarga yang lainnya.

Oleh karena itu ketahuilah manfaatnya melalui artikel ini. Dengan mengetahuinya maka Anda dan keluarga akan semakin benar-benar menjaga kebersihan di rumah. Inilah penjelasan selengkapnya.

1. Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah Membuat Udara Lebih Sejuk

Manfaat menjaga kebersihan rumah inilah yang paling terasa. Hal itu karena rumah yang tidak terawat akan menciptakan udara yang kotor sehingga menyebabkan gangguan kesehatan dalam sistem pernafasan.

Menjaga kebersihan udara di rumah cukup mudah. Bersihkanlah setiap sudut rumah dari debu secara rutin. Kemudian buanglah sampah secara rutin agar tidak menghasilkan udara yang mengganggu kenyamanan di rumah.

2. Terhindar dari Penyakit

Rumah yang bersih tentunya akan menjaga keluarga dari seluruh gangguan penyakit. Agar hasilnya dapat dirasakan maka bersihkanlah seluruh isi rumah mulai dari lantai, kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur, hingga perabotan rumah tangga.

Penyakit-penyakit yang "betah" dengan lingkungan yang kotor yaitu seperti: demam berdarah, malaria, sampai tipus. Ketiga penyakit itu dibawa oleh hewan-hewan kotor seperti nyamuk dan tikus. Tentunya kedua hewan tersebut membawa bibit penyakit sehingga timbullah gangguan penyakit tersebut.

Nyamuk dan tikus muncul dari tempat yang kotor. Oleh karena itu indikasi rumah yang bersih adalah tidak adanya hewan-hewan itu. Dengan demikian manfaat menjaga kebersihan rumah adalah untuk meghindari masuknya hewan-hewan tersebut.

Penyakit di rumah bisa juga terbawa dari debu, lumut, jamur, dan  bulu hewan peliharaan. Semua itu adalah pemicu gangguan kekebalan tubuh anggota keluarga. Oleh karena itu manfaat menjaga kebersihan rumah membuat Anda sekeluarga akan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Tidak Menyebabkan Stres

Rumah yang bersih akan meningkatkan mood. Mood yang meningkat akan terhindar dari stres. Oleh karena itu manfaat menjaga kebersihan rumah ini akan berdampak pada lingkungan di luar rumah, misalnya pekerjaan.

Mood baik yang terbawa di rumah membuat produktifitas kerja semakin terjaga. Selain itu hubungan antar rekan kerja pun akan terasa lebih nyaman.

Manfaat menjaga kebersihan rumah ini bahkan pernah dibukikan dari stud yang dilakukan Ketchum Global Research & Analytics menyatakan bahwa sebanyak 79% orang dewasa di Amerika Serikat mengalami stres sehingga membuat penurunan World Happiness Index di Amerika Serikat. Oleh karena itu solusi sederhananya adalah menjaga rumah agar tetap bersih.

Dalam studi tersebut menyebutkan bahwa membersihkan rumah membuatnya menjadi rileks. Stres akan berkurang karena merasa rumah lebih bersih dan rapi dari sebelumnya.

3. Larangan di Kamar Mandi Saat Menjemur Handuk

Handuk setelah dipakai ada terasa lembab. Sayangnya jika Anda tetap meletakkannya di dalam kamar mandi, suhu di toilet akan semakin lembab.

Suhu yang lembab dari kamar mandi akibat dari sering terkena air. Jadi, dengan adanya handuk basah di dalam kamar mandi, kelembabapan akan lebih tinggi. Oleh karena itu kelembaban yang tinggi membuat jamur dan lumut cepat tumbuh.

4. Menjadi Lebih Produktif

Rumah yang bersih membuat kita lebih aktif untuk bergerak. Jika bergerak dalam kondisi yang berbahagia Dengan demikian pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Manfaat menjaga kebersihan rumah juga mampu meningkatkan kreativitas. Meningkatkan kreativitas ini membuat kita dapat berpikir jernih dan menghasilkan kreasi yang lebih menarik.

Menjadi lebih produktif ini bisa jadi media berolahraga. Maka dari itu produktivitas yang dirasakan yaitu pada bagian tubuh dan juga otak.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang nyenyak akan mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas. Ini membuat tubuh Anda lebih siap untuk beraktivitas di kemudian hari.

Tidur nyenyak akan didapatkan karena tidak ada gangguan dari hewan atau debu. Dengan demikian Anda akan mendapatkan manfaat tidur yang sangat baik untuk kesehatan.

Survei yang dilakukan oleh Continous Positive Airway Pressure menyakan bahwa hanya 26% orang yang merakan kualitas tidur yang baik saat rumah berantakan. Sisanya responden merasakan cemas ketika rumah terasa kotor dan tidak rapi.

Dari penelitian itu kita tahu bahwa tidur sangatlah penting. Oleh karena itu buatnya diri Anda terasa lebih nyaman dengan menjaga kebersihan rumah. Manfaat menjaga kebersihan rumah akan dirasakan oleh anggota keluarga lainnya.

6. Mengurangi Resiko Kecelakaan di Rumah

Kecelakaan di rumah bisa terjadi karena tergelincir lantai yang licin. Permukaan lantai yang licin ini bisa disebabkan dari debu atau minyak yang tidak segera dibersihkan.

Kecelakaan di rumah bisa berakibat fatal hingga menyebabkan patah tulang. Kejadian itu bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan rumah.

Manfaat menjaga kebersihan rumah ini bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Jadi, pastikanlah rumah Anda bersih dengan rutin membersihkannya.

7. Meningkatkan Hubungan Keluarga

Hubungan keluarga akan terjaga karena membersihkan rumah dilakukan bersama-sama. Komunikasi akan terjalin saat Anda sekeluarga sama-sama bergotong-royong untuk membersihkan rumah.

Manfaat menjaga kebersihan rumah ini jadi solusi bagi keluarga yang punya waktu yang padat. Dengan menyisihkan waktu untuk membersihkan rumah maka keharmonisan akan terus terjalin sekalipun hanya punya sedikit waktu untuk berkumpul.

8. Memberikan Kenyamanan Bagi Tamu

Kenyamanan tamu adalah hal yang utama untuk dijaga oleh setiap pemilik rumah. Tamu yang nyaman akan membuatnya akan mengunjungi Anda di waktu yang lainnya.

Meskipun mereka tidak hadir setiap hari, namun jagalah kebersihan rumah dengan rutin. Manfaat menjaga kebersihan rumah itu akan membuat Anda lebih tenang jika kedatangan tamu kapan saja.

Jaga Kebersihan Dengan Menyediakan Tissue di Rumah

Tissue adalah salah satu alat kebersihan yang harus ada dalam rumah Anda. Bahkan di beberapar ruangan di rumah harus diisi dengan jenis tissue di rumah yang tertentu.

Tissue toilet adalah tissue di rumah yang harus ada di dalam kamar mandi. Tissue dapur harus dilengkapi di dapur.

Tissue wajah menjadi tissue di rumah yang harus di ruang tamu, ruang keluarga, dan tempat tidur. Tissue hand towel juga menjadi tissue di rumah yang tdiak boleh ketinggalan untuk disimpah agar suatu saat dibutuhkan Anda bisa memakainya.

See U adalah merek tissue yang sudah  menyiapkan aneka tissu di rumah yang sudah dipersiapkan di atas. Anda dapat menemukannya dengan mudah di pusat perbelanjaan dan toko online resmi kami.

Dengan memiliki tissue see u di rumah maka kebersihan pun menjadi yang mudah untuk dilakukan dan manfaatnya pun akan Anda dapatkan.

    Referensi:
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 02 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer