10+ Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak-anak, Dewasa, dan Lansia


 

Sarapan pagi adalah cara untuk memberikan asupan energi untuk tubuh sebelum beraktivitas pagi. Jadi tidak boleh ada yang meninggalkan sarapan karena manfaatnya sarapan pagi lebih dari hanya menambah energi pada tubuh.

Manfaat-manfaat tdari sarapan pagi akan dirasakan oleh segala umur. Mulai dari anak-anak, dewasa, dan lansia wajib untuk sarapan pagi demi kesehatan tubuh.

Meskipun tidak ada nasi, sarapan tetap harus dilakukan dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan menyediakan menu-menu pengganti nasi di pagi hari. Kemudian lengkapi lagi dengan makanan berprotein tinggi yang cocok dikonsumsi saat pagi hari. Kombinasi itulah yang membuat manfaat dari makan pagi akan terasa maksimal pada tubuh Anda.

Baca Juga: 6 Bekal Anak Selain Nasi yang Praktis dan Mudah Dibuat

Berikut ini manfaat sarapan pagi yang digolongkan dari kalangan usia manusia:

Manfaat Sarapan Bagi Anak

Pertumbuhan manusia sangat pesat ketika mereka masih memasuki usia anak-anak sehingga asupannya pun harus diperhatikan. Tak lupa untuk menyediakan sarapan setiap hari agar manfaat sarapan bagi anak berikut ini dapat dirasakannya:

1. Menambahkan energi

Energi anak-anak akan berkurang di pag hari karena tidak adanya asupan energi saat malam hari. Oleh karena itu manfaat sarapan bagi anak yaitu untuk meningkatkan energinya dan mendorongkannya untuk lancar dalam beraktivitas. Energi yang terjaga membuat mereka merasa nyaman mendapatkan pembelajaran di sekolah. Sebaliknya, anak yang tidak sarapan akan terasa lesu dan cepat merasa lelah sehingga tidak semangat menjalnkan aktivitas hariannya.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Daya Ingat

Manfaat sarapa bagi anak-anak yaitu untuk meningkat konsentrasi dan meningkatkan daya ingat yang baik. Nutrisi dari sarapan berperan penting untuk mewujudkan konsentrasi dan peningkatan daya ingat pada anak-anak. Meningkatnya konsentrasi dan kemampuan daya ingat membuatnya mampu menerima pembelajaran lebih dan afktif saat di kelas.

3. Menghasilkan Prestasi di Sekolah yang Bagus

Berkat konsentrasi dan daya ingat yang mumpuni, manfaat sarapan pagi yang dirasakan oleh anak-anak akan mudah meraih peringkat terbaik di kelasnya. Hal itu karena anak Anda mampu menerima materi yang diberikan oleh gurunya dengan baik.

Anak Anda mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Tak heran jika nilai yang diraih pun sangat memuaskan dan membuat Anda bangga.

Menurut sebuah peneliatian yang berjudul “Breakfast habits, nutritional status, body weight, and academic performance in children and adolescents”, anak-anak yang rutin sarapan cenderung punya performa akademis yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak sarapan.

4. Bergizi Cukup

Sediakanlah sarapan yang kaya akan nutrisi kepada anak-anak. Hal itu demi memenuhi gizi pada tubuh demi menjaga kesehatan dan tumbuh kembang yang baik.

Sarapan yang baik untuk anak-anak harus terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Gizi yang seimbang bantu menjaga kesehatan anak dan mempercepat tumbuh kembangnya.

5. Bebas dari Obesitas

Obesitas pada anak bisa disebabkan karena tidak rutin melakukan sarapan yang kaya akan nutrisi. Obesitas membuatnya mengalami beberapa gangguan kesehatan yang cukup berbahaya. Yang mana gangguan-gangguan tersebut membuatnya susah beraktivitas layaknya anak seusianya.

Obesitas disebabkan karena banyak mengonsumsi camilan yang tinggi lemak dan kadar gula. Mengonsumsi makanan ringan tanpa pengawasan orang tua itulah yang menyebabkanya mengalami obesitas. Oleh karena itu manfaat sarapan bagi anak adalah meminimalisir mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Sarapan pagi membuatnya nyaman untuk melakukan aktivtas-aktivitas yang diinginkan. Hal itu karena manfaat sarapan pagi bagi anak yang membuatnya berenergi untuk melakukan aktivitas0aktivitas tersebut. Oleh karena itu mereka pun merasa senang dan terhindar dari stres.

Sebaliknya, anak yang kekurangan ntrisi akibat tidak sarapan membuatnya rentan sakit. Hal itu membuatnya harus banyak menghabiskan waktu di kasur dan menyebabkannya bosan.

Manfaat Sarapan Bagi Orang Dewasa

Disela kesibukan Anda di pagi hari, sisipkanlah waktu untuk menyantap sarapan. Selain menambah energi, manfaat sarapan pagi berikut ini pasti akan dirasakan oleh tubuh Anda.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Perut keroncongan akibat tak sarapan membuat Anda berupsaha untuk menghentikannya. Cara instan untuk menghentikan perut lapar adalah menyantap camilan. Inilah yang akan menyebabkan berat badan cepat mengalami kenaikan dan akhirnya obesitas.

Manfaat sarapan bagi orang dewasa adalah mengehntikan kebiasaan tburuk tersebut. Dengan sarapan maka daoat mengurangi kebiasaan Anda yang suka nyemil camilan yang mengandung gula dan karbohidrta yang tinggi.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Hal itu diperlukan guna memperlancar beberapa aktivitas yang sedang dikerjakan.

Kurangnya konsentrasi disebabkan karena otak tidak mendapatkan kadar glukosa yang cukup. Dengan demikian kerja otak menjadi tidak maksimal sehingga menyebabkan susahnya konsentrasi.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat sarapan bagi orang dewasa ternyata mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Kadar gula yang normal berarti gangguan diabetes menjadi dapat diminimalisir.

Bagi orang dewasa yang menderita diabetes, sarapan pun wajib dilakukan. Manfaat sarapan bagi orang penderita diabetes yaitu untuk mencegah terjadinya hipoglikemia atau kadar gula terlalu rendah.

4. Memenuhi Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu kalsium, serat, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin B. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu dipenuhi dari sarapan. Bahkan nutrisi-nutrisi tersebut kemungkinan besar tidak terpenuhi saat makan siang dan malam. Hal itu menyesuaikan dengan menu makanan yang disuguhkan.

Memenuhi nutrisi pada tubuh membuatkesehatan lebih terjaga sehingga bebas dari gangguan-gangguan kesehatan.

5. Mencegah Maag

Maag bukan berarti gangguan kesehatan akibat terlalu banyak makan. Tetapi gangguan kesehatan ini disebabkan karena tidak membiasakan diri dengan melakukan sarapan tiap pagi.

Sarapan membuat lambung terisi sehingga dapat menetralisir asam lambung. Dengan demikian terisinya lambung karena makanan akan terhindar dari rasa perih di lambung.

6. Menghindari Stres

Stres bisa diakibatkan dari aktivitas yang padat namun keadaan perut yang kosong. Apalagi keadaan cuaca yang tidak menentu serta tekanan-tekanan eksternal yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

Sulitnya berkonsentrasi dan perasaan perih di perut menambah kesulitan dalam menjalankan hari-hari. Oleh karena itu manfaat sarapan bagi orang dewasa agar mengurangi stres sehingga pekerjaan akan berjalan lancar.

Manfaat Sarapan untuk Lansia

Lansia pun tidak boleh terlewatkan untuk sarapan karena manfaat-manfaat sarapan berkaitan dengan kesehatannya di jangka panjang seperti berikut inilah keuntungannya:

1. Meminimalisir Malnutrisi

Metabolisme lansia akan melambat sehingga mengganggu penyerapan nutrisi untuk tubuh. Ketidak seimbangan nutrisi ini menyebabkan kemunculan beberapa gangguan kesehatan. Ketidak seimbangan nutrisi ini juga akan menyebabkan sulitnya mengontrol berat badan.

Manfaat sarapan untuk lansia adlahdapat mengatur gula darah, meningkatkan energi, dan meningkatkan respon kekebalan tubuh yang lebih kuat. Manfaat-manfaat itu bisa terjadi karena nutrisi yang seimbang dari sarapan sehat yang disantapnya setiap pagi.

2. Mempertahankan Hidup Sehat

Manfaat sarapan bagi lansia berikutnya adalah membantunya agar hidup sehat dan lebih lama. Hal itu berkat bantuan nutrisi yang diperoleh saat mereka menyantap sarapan yang sehat. Diimbangi dengan olahraga dan konsuktasi dokter agar sarapannya tetap terjaga dan menghasilkan nutrisi yang diinginkan.

3. Memenuhi Nutrisi yang Penting di Tubuh

Lansia kehilangan banyak nutrisi yang harusnya dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10.000 orang di australia dan menda;patkan kesimpulan jika orang yang tidak sarapan ternyata kehilangan nutrisi-nutrisi seperti kalsium, vitamin B, dan zat besi. Vitamin B.

Oleh karena itu biasakan diri untuk mulai sarapan dengan porsi yang ideal. Ini berguna untuk menghadirkan nutrisi-nutrisi tersebut pada tubuh demi kesehatan di kemudain hari.

4. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Pernyataan Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika mengatakan bahwa melewatkab sarapan akan meningkatkan hemoglobin A, kadar glukosa darah, dan hipoglikemia (gula darah rendah).

Penelitian yang lainnya mendapatkan fakta bahwa pria lansia di rentang usia 40 - 75 tahun yang melewatkan sarapan memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 sebanyak 21%. Sedangkan para lansia erempuan yang melewatkan sarapan akan beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 yaitu sebanyak 28%.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Para lansia yang tidak sarapan akan memiliki resiko terkena serangan jantung karenakadar kolesterol darah dan trigliserida yang sangat tinggi dibandingkan lansia yang terbiasa sarapan.

Sedangkan para lansia yang terbiasa sarapan sangat kecil kemungkinan punya kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan tekanan darah tinggi. Dengan demikian dipastikan aman dari gangguan jantung.

Sajikan Sarapan yang Sehat Pakai Alas yang Bersih

Sarapan dengan makanan yang sehat tentu akan berdampak baik pada tubuh. Kebaikan nutrisi itu akan bertahan jika Anda menggunakan alas piring yang bersih. Kebersihan alas piring yang berupa kertas nasi terlihat dari kemasannya yang sudah dilabeli dengan sertifikasi Halal. Kertas nasi sebagai alas piring yang bersertifikat Halal yaitu Kertas Nasi Cap Gajah.

Sertifikasi Halal menunjukan bahwa kami menjaga kebersihannya mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembutan, hingga produk di tangan Anda. Dengan demikian kebersihan itu dapat menjaga nutrisi makanan dan mampu menyehatkan tubuh.

Mari jagalah kesehatan dengan memilih kertas nasi Cap Gajah yang telah bersetrtifikat Halal.

 
  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 26 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer