Fakta Tentang Nasi Dagong Khas Batam yang Ternyata Unik


 

Batam adalah kota perdagangan internasional di Indonesia. Selain itu Kota Batam pun juga terkenal dengan aneka makanannya yang menggugah selera misalnya adalah Nasi Dagong. Oleh karena itu nasi dagong khas Batam harus menjadi makanan yang harus Anda coba saat mengunjungi salah satu makanan di kepulauan Riau itu.

Namanya sangat unik namun itu menyimpan cita rasa khas Nusantara yang sangat nikmat. Bahkan orang banyak yang ketagihan dengan cita rasanya sehingga akan kembali lagi untuk merasakan Nasi Dagong.

Sekilas Nasi Dagong tidak berbeda jauh dengan salah satu makanan khas nusantara pula. Namun Anda yang berbeda dan khas dari makanan ini. Ingin tahu apakah ciri khas dari makanan tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Nasi Dagong Khas Batam

Seperti judulnya Nasi Dagong adalah makanan khas Batam, Kepulauan Riau. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas Batam yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota tersebut.

Nasi Dagong juga tergolong menjadi makanan tradisional. Tak heran bahwa nasi dagong khas Batam ini jarang ditemukan di kota-kota lainnya. Sekalinya menemukan makanan ini di kota lain, kami sangat yakin bahwa penjualnya adalah orang asli Batam.

Sekilas Nasi Dagong seperti nasi bakar yang dibungkus oleh daun pisang. Namun penyajian nasi dagong tidak perlu dibakar terlebih dahulu. Perbedaan lainnya dari nasi bakar adalah lauknya yang menggunakan Daging Gonggong.

Ya, Anda tidak salah dalam membaca nama makanan khas Batam ini. Dagong adalah singkatan dari "Daging Gonggong" yang mana Gonggong adalah nama dari salah satu ikan laut.

Gong-gong adalah makanan laut yang berbentuk siput. Gonggong sangat populer di Batam yang punya cangkang berwarna putih. Gonggong mudah ditemukan di area pantai yang terdapat tnaman laut seperti lamun.

Layaknya makanan laut , Gonggong sangat nikmat sekalipun hanya dimasak dengan cara direbus kemudian dinikmati dengan saus pedas. Namun dalam nasi dagong khas batam, Gonggong akan dihidangkan dengan diolah tertentu bersamaan dengan nasi lemak.

Ya, nasi dagong khas Batam menggunakan nasi lemak atau nasi gurih. Nasi lemak adalah olahan nasi yang populer di Batam karena rasanya yang gurih. Penamaan "lemak" sesuai dengan rasa dan teksturnya yang gurih karena penggunaan nasi yang dicampur dengan santan dan dikukus.

Nasi Dagong khas Batam cocok untuk disantap di pagi hari atau dijadikan sarapan. Agar lebih nikmat menyantap Nasi Dagong ditemani dengan teh manis hangat di pagi hari. Nasi Dagong khas Batam punya harga yang ekonomis sehingga makanan ini selalu dijadikan pilihan untuk sarapan. Nasi Dagong kerap disajikan dengan daun pisang sebagai alasnya sehingga menikmatinya menjadi lebih aman karena menggunakan bahan dari alam.

Pengganti Daun Pisang untuk Nasi Dagong

Ada juga pengganti daun pisang untuk Nasi Dagong yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Selain pengganti daun pisang ini  tidak akan merusak lingkungan ketika menggunakannya. Benda itu kerap digunakan untuk membungkus nasi beserta lauk-pauknya. Apakah itu?

Pengganti daun pisang untuk Nasi Dagong yang kami maksud adalah Laminated Wrapping Kraft (LWK). Orang-orang kerap menyebutnya dengan kertas nasi coklat.

Kertas nasi coklat merek Cap Gajah adalah merek terbaik yang pasti ramah lingkungan. LWK Cap Gajah terkandung teknologi Oxium yang menjadikannya mudah terurai dengan waktu 2-5 tahun.

Oxium yang digunakan pun membuatnya mudah hancur dan terurai menjadi mikro partikel yang kecil. Penghancuran tersebut membuat limbah sisa kertas nasi Cap Gajah dapat dimakan bakteri. Dengan demikian tidak ada satu pun mikro plastik yang akan mencemari tanah saat kertas nasi Cap Gajah sudah terurai.

Selain itu, plastik di LWK Cap Gajah mampu menahan makanan di dalamnya karena kami menggunakan bahan yang premium dan mampu menahan panas dan minyak dengan baik.

Ini adalah solusi yang tepat ketika daun pisang sudah mulai menipis. LWK Cap Gajah selalu tersedia di apapun market place kesukaan Anda.

Jika Anda tertarik utnuk memilikinya, kunjungilah E commerce kami

 
  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 29 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer