7 Nasi Khas Sumatera yang Lezat Sehingga Patut Dicoba


 

Anda dan keluarga sedang berlibur ke salah satu kota di Pulau Sumatera Utara. Setelah lelah berlibur, saatnya Anda mengisi perut dengan menikmati seporsi nasi khas Sumatera yang mungkin jarang Anda temukan di kota lain.

Kota-kota di Pulau sumatera memiliki banyak pilihan makanan yang menggugah selera. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi seluruh nasi khas sumatera tersebut.

Rasanya sangat akrab dengan lidah porang-orang Indonesia. Diperkaya dengan aneka rempah khas Indonesia sehingga rasanya pun membuat Anda ketagihan.

Nasi Khas Sumatera yang Patut Dicoba

Berikut ini nama-nama nasi khas sumatera yang dijamin menggugah selera.

1. Nasi Kapau

Nasi kapau adalah nasi khas sumatera Barat, tepatnya di Padang. Nasi kapau kerap disamakan dengan nasi padang. Padahal kedua nasi khas usmatera itu punya perbedaan. Ada Dua perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau ini memudahkan Anda untuk membedakan kedua nasi itu.

Pertama dari menu sajiannya. Nasi kapau ada menu gulai kapau dan gulai tambusus (gulai usus sapi). Sementara kedua menu khas nasi kapau itu tidak akan ditemukan di pedagang nasi padang.

2. Nasi Minyak

Kota Palembang sebagai bagian dari kota di Sumater juga punya nasi tradisional yang bernama nasi minyak. Nasi khas Sumatera itu sangat populer di Palembang karena banyak yang menyukai rasanya.

Nasi minyak sekilas mirip dengan nasi khas timur tengah. Hal itu karena warna nasinya yang kuning cerah seperti nasi kebuli dari Timur Tengah.

Warna yang mencolok itu didapatkan dari perpaduan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe danlain sebagainya. Setelah dihal;uskan semua, kemudian bumbu tersebut ditumis menggunakan minyak samin. Dengan demikian nasi khas sumatera ini punya cita rasa yang nikmat serta aroma yang menggoda.

3. Nasi Kabaka

Nasi kabaka adalah nasi khas Sumatera tepatnya di daerah Padang Panjang, Padang. Nasi kabaka diisi beraneka lauk diantaranya yaitu ayam goreng, telur balado, ikan, hingga dendeng paru.

Lauk-lauk tersebut diletakan di tengah-tengah nasi. Pada aat dibungkus makan lauk-pauk di dalamnya akan terselimuti dengan nasi.

Bungkus nasi kabaka bentuknya seperti atap rumah. Dengan demikian nasi itu akan ikut membentuk segitiga saat bungkusnya dibuka.

4. Nasi Kentut

Kota Medan juga punya makanan nasi tradisional yang dinamakan Nasi Kentut. Nasi khas Sumatera ini terkenal di sana sehingga nasi kentut bukanlah makanan yang sulit untuk dicari saat ke medan.

Kata "kentut" ternyata berasal dari nama daun yang tumbuh liar yaitu daun kentut atau daun sembukan. Daun kentut digunakan sebagai campuran nasi khas kemudian dibungkus pakai daun pisang beserta lauk-lauknya. Setelah nasi terbungkus, makanan ini diolah dengan cara dibakar di dalam daun pisang yang menyelimutinya.

Manfaat daun kentut dalam nasi ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan misalnya: melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, mengobati maag, menyembuhkan cacar ular (Herpes zooster), melancarkan peredaran darah, dan meringankan gejala panas dalam.

5. Nasi Padang

Nasi khas sumatera ini tidak pernah ketinggalan. Kita pun mudah menemukan makanan ini di sekitar tempat tinggal kita. Banyaknya nasi padang yang dijual menunjukan bahwa masyrakat Indonesia menunjukan bahwa rasa nasi padang saat cocok dengan lidah orang-orang Indonesia.

Lauk-lauk di nasi padang disajikan dalam etalase besar. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda.

Setelah itu pedagang nasi padang akan menaruh nasi di atas piring, kemudian di berikan guyuran kuah dari santan kental. Itu yang akan menunjang kenikmatan dalam sepiring nasi padang.

6. Nasi Sala

Nasi sala adalah makanan khas sumater Barat yang menggunakan sumber protein dari ikan yang dibalut dengan tepung. Kemudian nasi sala diberikan sambal sagar menunjang cita rasa saat menikmatinya.

Jenis ikan yang digunakan pada ikan sala yaitu ikan kembung. Penggunaan tepung itu bertujuan untuk menghasilkan tektur yang renyah tanpa menghilangkan cita rasa daging ikan kembaung yang gurih.

7. Nasi Gemuk

Nasi gemuk berasal dari kota Jambi, Sumatera. Bagi warga Jambi, nasi khas sumatera ini biasanya dijadikan untuk menu sarapan terpopuler di Jambi.

Nasi gemuk menggunakan nasi uduk atau nasi gurih yang menggunakan santan , daun pandan, dun salam, hingga daun jeruk. Kemudian nasi gemuk menggunakan aneka lauk yang lezat seperti irisan telur dadar, teri kacang, dan lauk-lauk lainnya.

Bahkan rasa dari nasi gemuk hampir mirip dengan makanan di negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Namun kedua negara yersebut memberi nama makanan ini dengan nasi lemak.

Rasa gurih di nasi gemuk mungkin terasa eneg. Oleh karena itu ditambahkan irisan timun dan taburan bawang goreng.

Alas Penyajian Nasi Khas Sumatera yang Sudah Halal

Seluruh nasi khas sumatera itu akan disajikan dengan piring yang sudah dialasi dengan kertas nasi. Meskipun demikian rasanya tidak akan berubah.

Jangan khawatir, selama pedagang menggunakan kertas nasi Cap Gajah, kami jamin tidak akan ada kontaminasi ke makanan-makanan yang dihidangkan untuk Anda.

Keunggulan kertas nasi Cap gajah dibuktikan dengan sertifikasi Halal yang kami dapatkan berkat penggunaan bahan baku hingga proses yang bersih . Dengan demikian tidak akan ada kontaminasi zat bahaya yang masuk ke tubuh embeli.

Suatu saat Anda pun akn membutuhkan kertas nasi Cap Gajah untuk membungkus makanan dari rumah. Dengan demikian sediakanlah kertas nasi Cap Gajah di rumah mulai sekarang.

Jadi, apapun pilihan makanannya, tetap #BungkusinAja pakai kertas nasi Cap Gajah dengan membelinya di sini

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 06 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer