Serba-serbi Nasi Pecel Punten Beserta Cara pembuatannya


 

Kalau Anda bosan dengan tempat wisata di Blitar, cobalah untuk mengulik makanan-makanan dari kota tersebut. Di sana Anda akan menemukan jenis nasi pecel yang unik dan tidak ada id kota-kota manampun. Jenis nasi pecel unik dari Blitar itu bernama nasi pecel Punten.

Anda tidak akan menemukan sebutir nasi di dalam sepiring nasi pecel punten di Blitar. Itulah yang menjadi pembeda nasi pecel khas blitar dengan ragam nasi pecel yang lainnya.

Menikmati sepiring nasi pecel punten membuat Anda ketagihan untuk menambahnya. perpaduan yang sempurna menghasilkan hidangan yang nikmat membuatnya terus-terusan ingin menikmatinya.

Rasanya yang ketagihan itu mendorong Anda untuk membuatnya di rumah. Tenang, ternyata cara pembuatan pecel punten itu cukup mudah dilakukan.

Kemudian bagikanlah nasi pecel punten buatan Anda ke tetangga-tetangga terdekat. Jika tidak ada daun pisang, Anda bisa gunakan kertas nasi khusus untuk membungkus nasi pecel punten.

Artikel ini akan menginformasikan Anda tentang kertas nasi yang cocok untuk bungkus nasi pece punten. Jadi, bacalah hingga akhir.

Hal-hal unik dari Nasi Pecel Punten khas Blitar

Apa saja hal-hal yang membedakan pecel punten dengan nasi pecel yang lainnya?

Pertama, jenis nasi yang digunakan. Pecel-pecel lainnya kebanyakan menggunakan nasi yang pada umumnya. Sementara nasi pecel punten yaitu terbuat dari nasi yang padat berbentuk kotak-kotak.

Nasi yang digunakan pada pecel punten adalah nasi gemblong. Mula-mula beras dimasak mkenggunakan santan kelapa yang kental. Kemudian dimasak dengan waktu yang lama sehingga menghasilkan nasi yang yang rasanya gurih daripada nasi yang lainnya.

Kedua, penyajian nasi pecel punten yang berbeda dengan pecel yang lainnya. Nasi gurih yang masih hangat itu langsung ditumbuk hingga halus dan diletakan ke wadah tertentu. Setelah itu potong-potong menjadi bentuk kotak sesuai selera.

Memotong nasi punten lebih baik saat dalam kondisi yang masih hangat. Hal itu agar potongannya lebih rapi sehingga hasilnya potongannya presiei.

Keunikan nasi pecel punten Blitar yang terakhir adalah harganya yang cukup ekonomis. Meskipun pakai santan kental, tapi pecel punten tergolong terjangkau yaitu dikisaran 10.000 rupiah. Dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan sepiring nasi pecel punten yang menyengakan dan kaya akan nutirisi.

Kata "Punten" dalam makanan ini merujuk kepada nasi padat berbentuk kotak yang digunakan pada nasi pecel khas blitar ini. Dengan demikian menikmati nasi pecel punten bisa jadi solusi bagi Anda yang bosan dengan nasi pecel yang banyak beredar di sekitar kita.

Resep Nasi Pecel Punten

Setelah menikmatinya ternyata nasi pecl punten termasuk dalam makanan yang sesuai dengan selera Anda. Akhirnya, Anda pun memutuskan untuk membuatnya sendiri untuk dibagikan ke tetangga. Dengan demikian berikut ini resep nasi pecel punten yang bisa ditiru di rumah.

Bahan:
  • Beras
  • Santan
  • Garam
  • Daun salam
  • Lengkuas yang digeprek
Campuran Pecel:
  • Kangkung
  • Bunga turi
  • Tauge secukupnya
  • Bayam secukupnya
  • Bumbu pecel secukupnya
Cara Membuat Pecel Punten Blitar:
  1. Buat puntennya terlebih dahulu. Panaskan santan menggunakan tambahkan air secukupnya. Masukkan beras yang sudah dicuci serta daun salam dan lengkua yang sudah digeprek. Masak hingga semua santan terserap.
  2. Aduk sesekali agar tidak gosong. Jika sudah meresap dan setengah matang, pindahkan beras ke dalam kukusan. Alasi dulu dengan daun pisang. Kukus beras selama 30 menit
  3. Setelah matang, cepat-cepat angkat dan tumbuk nasi itu hingga teksturnya halus. Setelah terbentuk, potonglah membentuk kota dengan ukuran sesuai keinginan.
  4. Potong-potong dan cuci sayuran, rebus hingga matang, tiriskan.
  5. Ambil piring dan sajikan potongan punten, ragam sayuran. dan guyur dengan sambal kacang yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

Kertas Bungkus Nasi Pecel Punten

Setelah dibuat dengan resep di atas, saatnya untuk membaginya kepada tetangga. Agar pecel punten buatan Anda tetap higienis, bungkuslah dengan menggunakan kertas bungkus yang berkualitas dan Halal.

Menggunakan kertas bungkus pecel punten berlogo Halal berarti Anda telah menggunakan kertas bungkus yang bersih. Selain itu, kertas bungkus Halal berarti telah menjadi tidak akan ada kontaminasi zat-zat berbahaya ke makanan di dalamnya. Dengan demikian tidak akan ada zat-zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu gunakanlah kertas bungkus nasi pecel punten dari merek Cap Gajah. Laminated Wrapping Kraft (LWK) mampu dimasukan punten serta lauk-lauk pendampingnya.

Berkat penggunakan kertas bungkus Cap Gajah nasi pecel punten buat Anda dijamin higienis, lezat, dan bebas zat kimia.

Milikilah sekarang di toko resmi Cap Gajah dengan klik button di bawah ini.

   

Konser Tidak Boleh Dilewatkan, Kebersihkan Juga Harus Diperhatikan

Dua tissue Plenty itu diharapkan dapat menemani Anda ketika menonton konser. Kebersihan terjamin, kenyamanan orang lain juga terasa dengan baik.

  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 07 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer