Olahraga Luar Ruangan atau Dalam Ruangan? Di Sini Jawabannya


 

Apapun kesibukan yang Anda lakukan sekarang, jangan lupa untuk berolahraga. Dengan aktivitas ini diharapkan tubuh Anda lebih segar dan sehat. Saat ini ada dua pilihan untuk berolahraga yaitu olahraga luar ruangan atau dalam ruangan.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap perbedaan pasti punya pembanding yang mencolok. Sama halnya dengan dua tempat olahraga ini, keduanya menjadi bahan perbincangan terkait manakah yang paling disarankan untuk menyehatkan tubuh.

Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang kebingungan terhadap kedua tempat itu, artikel ini adalah artikel yang tepat untuk bahan bacaan Anda. Kami jelaskan keuntungan dari masing-masing tempat tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Keuntungan Olahraga Di Luar Ruangan

Kami awali pembahasan tentang perbandinganantara olahraga ruangan atau ralam ruangan dengan membahas keuntungan yang di dapatkan ketika Anda berolahraga di luar ruangan. Keuntungan olahraga di luar ruangan ini telah tersaji dalam sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli. Inilah penjelasan singkat dari keuntungan-keuntungan tersebut:

1. Mampu Menjernihkan Pikiran

Bagi Anda seorang pekerja maka keuntungan olahraga di luar ruangan ini menjadi penting untuk dilakukan. Pikiran yang jernih perlu untuk dimiliki sebelum Anda bersiap untuk bekerja di hari berikutnya. Dengan pikiran yang jernis maka mood akan terjaga dan produktivitas juga akan meningkat.

Selain itu, dengan adanay pikiran yang jernih maka konsentrasi bekerja akan terjaga dengan baik. Dengan demikian tidak ada satu atau beberapa hal yang terbangkalai karena konsentrasi yang terganggu.

Keuntungan olahraga di luar ruangan ini bisa dilakukan cukup dengan berjalan-jalan santai selama 15 menit. Menurut penelitian, efek neurologis dari aktivitas ini mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dibandingkan dengan berjalan kaki singkat di dalam ruangan.

Katherine Boere, seorang doktor ilmu saraf di University of Victoria mengatakan bahwa peneliatin itu berawal dari jalan kaki yang dia dan tim lakukan.

2. Mengurangi Depresi

Energi positif membuat Anda lebih nyaman menjalankan aktivitas-aktivitas lainnya. Hal trsebut akan sulit terlaksanakan apabila Anda sedang penat dan tertekan sehingga menimbulkan deskresi yang berkelanjutan.

Keuntungan olahraga di luar ruangan ini pernah diteliti oleh Thompson Coon J, Boddy K, Stein K. Menurut penelitian mereka yang berjudul "Does Participating in Physical Activity in Outdoor Natural Environments Have a Greater Effect on Physical and Mental Wellbeing Than Physical Activity Indoors? A Systematic Review", olahraga luar ruangan menyebabkan energi positif yang lebih besar.

Penelitian ini menyoroti bahwa olahraga di luar ruangan dapat menstabilkan emosi yang dapat menjaga suasa kerja yang menyenangkan.

3. Mendapatkan Sinar Matahari yang Maksimal

Perbedaan olahraga luar ruangan atau dalam ruangan yang sanngat mencolok adalah intensitas banyaknya badan terkena sinar matahri. Seperti yang kita tahu, sinar matahari mengandung vitamin D sehingga punya manfaat bagi tubuh.

Manfaat vitamin D dari sinar matahari antara lain adalah: membantu tidur menjadi lebih nyenyak, meningkatan ketahanan tubuh, hingga memperbanyak produksi hormon endorfin yang meningkatkan perasaan bahagia.

4. Olahraga Menjadi Tidak Membosankan

Keuntungan olahraga di luar ruangan membuat Anda dapat melakukan banyak variasi gerakan yang tidak membosankan. Tanpa menggunakan alat sekalipun olahraga di luar ruangan masih tetap bisa menyehatkan tubuh Anda.

Olahraga di luar ruangan bahkan bisa berinteraksi dengan orang lain. Dengan interaksi tersebut bisa jadi Anda dan orang tersebut saling bahu membahu untuk melakukan beberapa olahraga yang membutuhkan orang lain. Dengan demikian kalan akan mendapatkan manfaat olahraga luar ruangan yang lebih maksimal.

Keuntungan Olahraga Dalam Ruangan

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka terpapar matahari, inilah olahraga yang bisa Anda lakukan. Selain itu, keuntungan olahraga dalam ruangan yang lainnya ini juga akan Anda dapatkan:

1. Olahraga Dalam Ruangan Sangat Nyaman

Olahraga dalam ruangan tidak membuat Anda malu ketika ingin mencoba gerakan-gerakan olahraga yang lainnya. Alasannya adalah karena tidak banyak orang yang melihat Anda ketika berolahraga. Mereka yang bisa melihat Anda berolahraga adalah yang beradas di ruangan yang sama.

Kenyamanan yang dirasakan ketika berolahraga di dalam ruangan adalah Anda dapat menyalakan pendingan ruangan. Benda ini menunjang kenyamanan Anda saat berolahraga karena suasananya menjadi lebih sejuk.

2. Menyediakan Alat Olahraga yang Lebih Banyak

Banyak sekali alat-alat olahraga dalam ruangan yang membantu Anda menjadi lebih sehat. Dengan olahraga di dalam ruangan makan Anda dapat melakukan gerakan-gerakan yang menyehatkan dengan bantuan alat.

Bahkan jika Anda berolahraga di pusat kebugaran maka alat-alat tersebut lebih beragam dan terjaga kebersihannya. Keuntungan olahraga dalam ruangan ini adalah Anda akan tdibantu oleh Personal Trainer untuk menggunakan alat-alatnya.

3. Tidak Mengganggu Kesibukan

Olahraga dalam ruangan membuat Anda tidak jauh dengan aktivitas keluarga atau bahkan aktivitas kantor. Jadi ketika selesai berolahraga Anda dapat langsung menjalankan aktivitas selanjutnya.

Berbeda ketika Anda berolahraga di luar ruangan. Anda butuh beberapa waktu untuk kembali ke tempat kerja atau rumah Anda.

Mana yang Lebih Baik Antara Olahraga Luar Ruangan atau Dalam Ruangan?

Dari penjelasan macam-macam keuntungan olahraga luar dan dalam ruangan, kami dapat menyimpulkan bahwa olahraga di luar ruangan adalah yang lebih baik daripada dalam ruangan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat-manfaat olahraga di luar ruangan. Apalagi jika kulit langsung terkena paparan sinar matahari, maka keuntungan olahraga akan di dapatkan lebih banyak dan kesehatan akan berlipat ganda.

Tisu untuk Olahraga

Terlepas dari mana saja yang Anda pilih untuk berolahraga namun yang terpenting adalah menyiapkan tisu untuk menyeka keringat setelah olahraga. Jenis-jenis tisu sudah banyak ditemukan dimana saja, namun hanya beberapa jenis tisu untuk olahraga yang harus Anda miliki seperti berikut ini:

Tisu Handkerchief

Tisu handkerchief adalah nama lain dari tisu kantong. Tisu handkerchief  ini memiliki 10 Sheets setiap packnya dengan ketebalan 2 dan 3 Ply. Inilah tisu untuk olahraga jenis handkerchief yang bisa Anda miliki:

  • Plenty; Tisu Handkerchief; Premium Series; 10 in 1
  • See u; Tisu Handkerchief, Eco Value; 4in1

Tisu Travel

Tisu travel punya ukuran yang mirip dengan tisu wajah namun berbeda jumlah sheets yang terkandung. Plenty adalah merek tisu kering untuk olahraga berjenis tisu travel dengan rincian produk sebagai berikut:

  • Travel pack; Premium Series; 50 Sheets

Tisu Wajah

Jika ingin tisu untuk olahraga dengan jumlah sheets yang banyak, tisu wajah adalah solusinya. Selain untuk wajah, tisu ini bisa untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan dan menyeka keringat. Tisu wajah See U dan Plenty adalah sebagai berikut.

Tisu wajah See U:

  • Classic Series; 250 Sheets
  • Classic Series; 700 Gram
  • Classic Series; 120 Sheets
  • Value Series; 200 Sheets
  • Green Value Series; 625 Gram
  • Edo Green Series; 675 Gram

Tisu Wajah Plenty:

  • Premium Series;120 Sheets
  • Premium Series; 220 Sheets
  • Premium Series; 180 Sheets
  • Premium Series; 150 Sheets
  • Green Series; 280 Sheets

Badan Tetap Bersih Setelah Olahraga Pakai Tisu

Dimanapun tempat olahraga Anda, pastikan untuk membawa jenis-jenis tisu di atas.

Dengan permukaan yang lembut maka kulit-kulit Anda tetap terjaga dan anti iritasi. See U dan Plenty adalah pilihan yang tepat untuk dibawa olahraga.


  Referensi:
 



Diposting oleh :
pada 16 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer