7 Alasan Orang Indonesia Suka Pedas yang Buat Bule Bingung


 

Anda pasti pernah menemukan sambal di atas meja makan warung makan. Anda pun juga pernah menemukan warung makan yang menjual hidangan serba pedas. Itu menunjukan bahwa orang indonesia suka pedas.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semuanya pasti ada varian rasa pedas. Varian rasa itu dimunculkan demi memenuhi keinginan beberapa orang Indonesia yang sangat suka sekali dengan makanan yang rasanya pedas.

"Fenomena" itu yang membuat turis luar negeri yang berkunjung ke Indonesia merasa kebingungan. Bagi mereka, makanan pedas sangat menyiksa, akan tetapi bagi orang Indonesia makanan pedas malah digemari. Lantas, mengapa orang indonesia sangat menyukai makanan rasa pedas? Penjelasan dalam artikel ini bisa menjawab pertanyaan itu. Jadi, simaklah hingga akhir.

Mengapa Orang Indonesia Suka Pedas?

Tidak hanya menambah cita rasa makanan, tapi alasan-alasan orang indonesia suka pedas ini ternyata tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Apa sajakah itu?

1. Beraneka Rempah Tradisional

Alasan mendasar orang indonesia suka pedas berkat kayanya aneka rempah-rempah rasa pedas di Indonesia. Rempah-rempah rasa pedas milik Indonesia yaitu: Jahe, Lada, Andaliman, Cabe, Pala, Jinten, dan Kapulaga.

Dengan demikian, Anda bisa mengganti cabe dengan aneka rempah-rempah yang ada di atas ini. Dengan demikian, rempah-rempah tersebut mampu menambahkan rasa pedas pada makanan.

Perpaduan rempah-rempah itu biasanya disajikan pada aneka makanan yang kerap disajikan tiap hari. Dikarenakan terbiasa menikmati makanan-makanan tersebut, akhirnya orang indonesia pun semakin terbiasa menikmati makanan yang rasanya pedas.

2. Baik untuk Kesehatan

Alasan orang Indonesia suka pedas yang lainnya yaitu karena rasa pedas dipercaya dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Tanpa perlu ke dokter, beberapa orang Indonesia percaya jika rasa pedas mampu menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, pilek, masuk angin, dan sakit kepala.

Selain itu, gangguan kesehatan yang dapat disembuhkan kaena mengonsumsi makanan pedas adalah gangguan sistem pencernaan. Fungsi makanan pedas dapat mendorong adanya gerakan peristaltik di usus. Dengan demikian gerakan tersebut dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan.

3. Mampu Meningkat Mood yang Baik

Meskipun rasa kebas di mulut dan lidah sangat terasa, namun orang Indonesai tidak berhenti untuk menikmati makanan yang pedas. Hal itu karena Orang Indonesia suka pedas karena dapat meningkatkan suasana hati yang baik. 

Makanan pedas dapat melepaskan hortmon endorfin. Hormon tersebut membuat suasana hati lebih bahagia dan senang sehingga meningkatkan produktivitas dan suasana lingkungan sekitar. Maka dari itu makan pedas adalah pelampiasan yang terbaik jika merasa suasana hati sedang tidak baik-baik saja.

Ingat, meskipun melepas Endorfin namun makan makanan pedas tidak disarankan untuk berlebihan. Hal itu akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan yang mengganggu produktivitas.

4. Teman Makan Nasi yang Murah

Nasi adalah makanan pokok yang banyak dikonsumsi warga Indonesia. Rasanya sedikit manis namun cenderung hambar sehingga harus dilengkapi dengan lauk tambahan lainnya.

Bahkan ada orang yang menikmati nasi dengan satu sendok sambal saja. Makanan sederhana ini tetap nikmat dan cocok untk dicoba. Itulah mengapa orang indonesia suka pedas meskipun hanya makan dengan sepiring nasi saja.

5. Efek Psikologis Saat Masih Kecil

Saat kita masih kecil, keluarga adalah lingkungan sosial terdekat bagi kita. Kita pun mendapatkan pembelajaran sosial dari mereka, baik tingkah laku hingga kebiasaan keluarga.

Kebiasaan yang mungkin diturunkan ke Anda adalah kebiasaan keluarga saat makan. Jika keluarga Anda suka sambal, itu akan terbawa hingga dewasa. Anda akan menganggap bahwa makanan pedas adalah hal yang wajar untuk dikonsumsi. Dengan demikian orang Indonesia suka pedas karena meniru kebiasaan keluarga yang suka makan pedas hingga terbawa saat Anda sudah dewasa.

6. Bentuk Warisan Turun-temurun

Sambal adalah tambahan dari beberapa jenis makananuntuk menambahkan rasa pedas. Ternyata keberadaan sambal sudah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu.

Dari buku Serat Centhini telah dijelaskan bahwa sambal sudah  ada sejak tahun 1814. Itu menunjukan bahwa nenek moyang kita sudah memasaknya dan diteruskan ke generasi berikutnya sampai sekarang.

Warisan turun temurun ini di kreasikan lagi dengan menambahkan aneka lauk di dalamnya. Dengan demikian makanan pedas pun semakin banyak ditemukan dengan beraneka ragam isian yang menggugah selera. Itulah alasan orang Indonesia suka pedas sampai kapanpun.

7. Indonesia punya Beragam Sambal

Rasa pedas yang menggoda dengan aneka jenis sambal yang banyak beredar membuat siapa saja ingin mencobanya. Sekali mencobanya, Anda pasti akan ketagihan karena rasa pedas dari cabai bercampur dengan penyedap rasa yang membuatnya terasa lebih gurih saat disantap bersama sepiring nasi dan lauknya.

Banyaknya jenis sambal di Indonesia membuktikan bahwa orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Berkat kegemaran itu, orang Indonesia pun selalu berkreasi menghasilkan sambal yang beragam dengan campuran aneka rempah. Dengan demikian muncullah aneka sambal yang enak dan cocok untuk semua lidah orang indonesia.

Bungkus Makanan Pedas dan Rasakan Kenikmatannya

Menyantap makanan pedas tak selamnya harus di tempat. Anda pun boleh membungkusnya untuk orang lain atau dimakan sendiri.

Coba liat pedagang tersebut saat membungus pesanan Anda. Mereka menggunakan kertas bungkus nasi berwarna coklat. Kertas tersebut mampu menampung nasi serta lauk-lauk pesanan Anda dalam satu bungkus.

Agar cita rasanya tetap terjaga, para pedagang pasti menggunakan kertas nasi Cap Gajah. Pemilihan itu karena kualitas kertas nasi cap gajah terbaik karena anti bocor sehingga makanan di dalamnya terjaga dengan baik sampai ke rumah Anda.

Terima kasih para pedagang telah mempercayakan Kertas Nasi Cap Gajah untuk membungkus makanan pesanan pembeli. Kami bantu makanan tersebut selalu bersih sampai dinikmati lagi.


  Referensi:
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 04 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer