Pabrik Tisu Terbesar di Indonesia yang Ada di Surabaya


 

PT Suparma Tbk adalah salah satu pabrik tisu terbesar di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. PT Suparma Tbk memproduksi Tissue Plenty dan See-U dengan beraneka jenis tisu yang dapat Anda manfaatnya untuk sehari-hari.

Sebagai tisu terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan secara berkelanjutan. Dengan demikian artikel ini akan menginformasikan Anda tentang PT Suparma Tbk serta tanggung jawab kami terhadap lingkungan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Lokasi Pabrik Tisu Terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk

PT Suparma Tbk adalah salah satu pabrik tisu terbesar di Indonesia yang berlokasi di Jalan Mastrip No.856, Warugunung, Kec. Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur 60221.Dengan lokasi tersebut maka pabrik tisu PT Suparma Tbk mudah ditemukan serta mudah diakses.

Selain lokasi tersebut, PT Suparma Tbk sebagai salah satu pabrik tisu terbesar di Indonesia memiliki kantor cabang yang tersebar di Bandung, Jakarta, dan Bali.

  • Branch Office PT Suparma Tbk di Bandung
  • Branch Office PT Suparma Tbk di Jakarta
  • Branch Office PT Suparma Tbk di Bali
  • Dengan adanya kantor cabang di kota besar tersebut membuktikan bahwa PT Suparma Tbk berkomitmen agar semua masyarakat mudah mendapatkan produk Tissue Plenty dan See-U dengan mudah dan cepat.

    Sejarah Pabrik Tisu Terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk

    PT Suparma Tbk sebagai salah satu pabrik tisu terbesar di Indonesia telah berdiri sejak 25 Agustus 1976 diatas tanah seluas 5 (lima) hektar. Di awal pembentukannya PT Suparma Tbk (dahulu bernama PT Supar Inpama)dibantu oleh 100 tenaga kerja yang ahli di bidangnya sehingga mampu mempertahankan kualitas kertas.

    Di dekade awal pembentukanya PT Supar Inpama berhasil membuat kertas roll jumbo pertama yang berkapasitas keseluruhan sebesar 6.000 ton per tahun. Jumlah tersebut dihasilkan pada tahun 1978 yang mana tahun tersebut tidak ada pabrik tisu yang dapat memproduksi gulungan kertas roll sebesar PT Suparma Inpama (sekarang PT Suparma Tbk).

    Pada tahun yang sama, PT Supar Inpama mengganti namanya menjadi PT Suparma. Pergantian nama ini jadi awal yang baik bagi pabrik tisu terbesar di Indonesia yang memproduksi Plenty dan See-U.

    Berjalannya waktu, kebutuhan akan produk tisu dan kertas di Indonesia mengalami peningkatan. Demi menjawab kebutuhan pasar maka PT Supar Inpama menambahkan mesin kertas termutakhir sebanyak 3 (tiga) mesin kertas pada tahun 1983. Penambahan tersebut mampu meningkatkan jumlah produksi gulungan kertas yang totalnya mencapai 36.000 ton per tahun.

    Jumlah tersebut masih terus ditingkatkan oleh PT Supar Inpama selaku pabrik tisu terbesar di Indonesia. Sejalan dengan masuknya sektor industrialisasi di Indonesia tahun 1992, PT Supar Inpama atau PT Suparma Tbk meningkatkan kapasitas produksi dengan menambahkan 2 unit mesin kertas terbaik di Indonesia. Dengan bantuan mesin tersebut maka di tahun 1992, PT Suparma memecahkan rekor dengan menghasilkan gulungan kertas dengan total keseluruhan mencapai 78.000 ton per tahun.

    Keberhasilan PT Suparma tersebut jadi jawaban atas kemampuan pabrik tisu terbesar di Indonesia ini untuk bersaing di era globalisasi. Untuk itu pada 15 November 1994, PT Suparma resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan publik atau Tbk. Dengan demikian, "Tbk" resmi tersematkan di belakang PT Suparma sehingga menjadi PT Suparma Tbk.

    Menjadi perusahaan publik adalah salah satu pencapaian terbaik kami. Dengan demikian PT Suparma Tbk akan selalu konsisten menghasilkan produk kertas dan tisu yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Demi melancarkan upaya kami dalam menghasilkan produk kertas dan tisu berkualitas maka di tahun 1997, PT Suparma Tbk membangun power plant berkapasitas 27 Megawatt (MWH). Tujuan pembangunan Power plant yaitu untuk memenuhi daya listrik pabrik PT Suparma Tbk agar mesin-mesin kertas dan operasional pendukung lainnya dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan.

    Seiring dengan upaya PT Suparma Tbk menjaga mutu dan kualitas pabrik dan produk, maka di tahun 2003 pabrik tisu terbesar di Indonesia ini resmi mengantongi sertifikat ISO 9001. Tahun 2003 adalah tahun yang berharga bagi PT Suparma Tbk. Selain mengantongi sertifikat ISO 9001, tahun ini adalah tahun pertama PT Suparma Tbk resmi menjual tisu. Merek tisu yang diproduksi oleh PT Suparma Tbk itu adalah Plenty dan See-U.

    Keberhasilan terbaru itulah yang memacu PT Suparma Tbk agar meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kertas dan tisu. Hal itu dibuktikan dengan adanya penambahan mesin kertas terbaru untuk memproduksi semakin banyak kertas dan tisu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Sejalan dengan penambahan mesin kertas maka PT Suparma Tbk memperluas pabrik menjadi 28 Hektar. Dengan demikian kapasitas yang dihasilkan mencapai 230.000 ton per tahun. Berbagai produk dari kertas  yang berhasil diproduksi diantaranya: kertas industrial, fine paper, dan tisu yang berhasil dijual secara pasar nasional dan internasional.

    PT Suparma Tbk tak serta merta menyampingkan kualitas demi kuantitas. Oleh karena itu PT Suparma Tbk terus senantiasa menjaga kualitas kertas dan tisu produksinya dengan cara melakukan tahapan demi tahapan sertifikasi yang dibutuhkan.

    Alhasil di tahun 2012, PT Suparma Tbk meraih sertifikat FSC atau Forest Stewardship Council. Dengan adanya sertifikat FSC membuktikan bahwa PT Suparma Tbk berkontribusi untuk ikut melindungi hutan dunia dari penebangan liar demi memenuhi serat pulp alami.

    Sebagai pabrik tisu terbesar di Indonesia yang taat terhadap peraturan pemerintahan, PT Suparma Tbk telah sah mendapatkan sertifikat

    SVLK

    (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia. Sertifikat itu didapatkan PT Suparma Tbk pada tahun 2013.

    PT Suparma Tbk pun selalu ingin meningkatkan kapasitas produksi dengan menghadirkan dua mesin kertas terbaru baru di tahun 2015 dan 2022. Peningkatan jumlah mesin sejalan dengan meningkatkan kapasitas produksi keseluruhan sehingga penting bagi kami untuk memiliki sertifikat-sertifikat kelayakan untuk kertas dan tisu dari PT Suparma Tbk.

    Tahun-tahun berikutnya, sertifikat yang berhasil dimiliki oleh pabrik tisu terbesar di Indonesia PT Suparma Tbk yaitu:

    • ISO 14001 tahun 2016

    • HALAL tahun 2018

    • SUCOFINDO tahun 2020

    • FSSC tahun 2020

    Agar mengetahui tentang PT Suparma Tbk, berikut ini kami lengkapi penjelasan tentang sertifikat pabrik tisu PT Suparma Tbk sekaligus produk-produk tisu yang  diproduksinya.

    Sertifikat Pabrik Tisu Terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk

    PT Suparma Tbk mengantongi beberapa sertifikat ISO. Dengan demikian sertifikat ISO tersebut menunjukan bahwa PT SUPARMA Tbk adalah perusahaan yang menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Berikut ini Sertifikat yang dimiliki PT SUPARMA Tbk:

    ISO 9001

    ISO 9001 adalah salah satu jenis ISO yang paling banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia. Definisi ISO 9001 adalah sistem manajemen mutu. Dengan demikian tujuan ISO 9001 adalah untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai keinginan konsumen. Kehadiran ISO 9001 adalah berfokus kepada pelanggan dan juga inovasi produk yang dilakukan terus menerus.

    Singkatnya, ISO 9001 berkaitan dengan mutu sehingga kita harus tahu makna mutu itu sendiri. Mutu adalah produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan pelanggan.

    ISO 9001 adalah suatu standarisasi yang berisikan standart-standart yang membuat sebuah perusahaan wajib untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan di dalam beberapa lingkup yaitu seperti:

    • Proses yang berkaitan dengan pelanggan.
    • Sistem kepemimpinan.
    • Manajemen sumber daya.
    • Perbaikan dan peningkatan proses.
    • Sistem manajemen.
    • Pengambilan keputusan yang faktual.
    • Sistem perbaikan yang berkesinambungan.
    • Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok.

    >Dengan demikian maka perusahaan yang sudah menerapkan ISO 9001 ini maka sudah terjamin secara mutu. Hal itu karena perusahaan itu dinyatakan sudah memenuhi standar yang diberikan oleh organisasi ISO. Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan ISO 9001 di Indonesia adalah PT Suparma Tbk.

    ISO 14001

    >ISO 14001 adalah standar berskala internasional yang menetapkan pendekatan terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Dengan adanya ISO 14001 ini memungkinkan organisasi untuk mengembangkan dan juga menerapkan kebijakan untuk memberikan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan terhadap lingkungan.

    >Kepemilikan PT Suparma Tbk terhadap standarisasi ISO 14001 menunjukkan bahwa kami berkomitmen pada hasil lingkungan di segala aspek organisasi. Manajemen lingkungan yang dianut oleh ISO 14001 adalah mengacu pada model plan-do-check-act

    (PDCA).

    Hal tersebut telah mengikuti klausul yang ada dalam sistem manajemen lingkungan diantaranya:

    • kepemimpinan
    • perencanaan
    • dukungan
    • operasional
    • evaluasi kinerja
    • perbaikan
    • peningkatan berkelanjutan

      Produk dari Pabrik Tisu Terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk

      Pabrik tisu terbesar di Indonesia, PT Suparma Tbk adalah produsen dari kedua tisu berkualitas di Indonesia yaitu: Plenty dan See-U. Keduanya punya berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini aneka produk dari pabrik tisu di Jalan Mastrip yaitu PT Suparma Tbk:

      Tissue Plenty

      Pertimbangkanlah pula untuk memiliki produk dari pabrik tisu terbesar di Indonesia. Inilah jenis-jenis dari Tissue Plenty yang perlu diketahui:

    • Plenty Facial Tissue
    • *gambar*
    • Plenty Bathroom Tissue
    • *gambar*
    • Plenty Travel Pack Tissue
    • *gambar*
    • Plenty Handkechief Tissue
    • *gambar*
    • Plenty Kitchen Towel
    • *gambar*
    • Plenty Dinner Napkin
    • *gambar*
    • Plenty Cocktail Napkin
    • *gambar*

      Tisu See-U

      Produk tisu dari pabrik tisu terkenal di Indonesia, PT Suparma Tbk yang pertama memiliki beberapa jenis yaitu di bawah ini:

    • See-U Facial Tissue
    • *gambar*
    • See-U Bathroom Tissue
    • *gambar*
    • See-U Kitchen Towel
    • *gambar*
    • See-U Handkerchief Tissue
    • *gambar*
    • See-U Multi Purpose Tissue
    • *gambar*
    • See-U Hand Towel Tissue
    • *gambar*
    • See-U Luncheon Tissue
    • *gambar*

      PT Suparma Tbk Hasilkan Tisu Ternyaman untuk Segala Aktivitas

      >Perjalanan panjang pabrik tisu terbesar di Indonesia PT Suparma Tbk adalah bukti bahwa kami senantiasa memenuhi kebutuhan Anda akan kenyamanan dan kebersihan setiap saat.

      >Plenty dan See-U adalah produksi pabrik tisu terbesar di Indonesia PT Suparma Tbk yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berkat kemudahan itu, #HapusNodamu secepat kilat #AnytimeAnywhere Anda berada.

      >Milikilah aneka produk Plenty dan See-U dengan mudah dengan cara berbelanja di bawah ini:

      Milikilah aneka produk Tissue Plenty dan See-U dengan klik tombol di bawah ini:

      Referensi:

      https://www.iso.org/standard/21823.html
 



Diposting oleh : Ella
pada 01 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer