4 Keunikan Pecel Ndeso Khas Solo Lengkap Dengan Resepnya



 

Pecel adalah salah satu hidangan populer untuk sarapan. Makanan tersebut mudah ditemukan di pagi hari sehingga cocok untuk sarapan. Tapi pernahkah Anda menemukan pecel ndeso khas solo di sekitar Anda?

Kuliner ini mungkin tidak banyak ditemukan di kota lain selain di Solo. Meskipun demikian, Pecel Ndeso patut dicoba karena punya ciri khas yang berbeda dari pecel-pecel pada umumnya. Bahkan perbedaan itu bisa jadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis kuliner.

Keunikan Pecel Ndeso Khas Solo

Seperti yang kita tahu, beberapa kota punya pecel khas masing-masing. Solo pun juga demikian, pecel khas kota ini punya keunikan dibandingkan pecel-pecel lainnya.

Keunikan pecel ndeso khas solo yang pertama yaitu menggunakan nasi merah. Jenis nasi ini tidak banyak digunakan oleh pecel-pecel di daerah manapun, kan?

Menggunakan Beras Merah

Nasi merah dipercaya lebih sehat daripada nasi putih. Nasi merah cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet dan pengidap diabetes. Dalam Journal of Public Health Research tertulis bahwa mengkonsumsi nasi merah membantu menurunkan kadar gula baik saat puasa, dua jam setelah makan, hingga penanda gula darah tinggi (HbA1C).

Dengan demikian mengkonsumsi pecel ndeso khas solo bisa jadi alternatif Anda yang ingin makan enak namun tetap sehat. Hal itu karena keunikan pecel ini menggunakan beras merah yang telah dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Bumbu Pecel Dari Wijen Hitam

Keunikan pecel ndeso khas solo yang tidak dimiliki oleh pecel lainnya adalah bumbu sambalnya yang terbuat dari wijen hitam. Tak heran jika bumbu atau sambal pecel khas solo ini berwarna lebih hitam dibandingkan pecel lainnya.

Meskipun berbeda namun manfaatnya untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Biji wijen hitam mengandung magnesium yang banyak sehingga dapat mencegah hipertensi. 

Bumbu pecel wijen hitam yang kental menambah cita rasa pecel ndeso yang menggugah selera. Dijamin Anda akan ketagihan dengan pecel ndeso khas solo ini.

“Bonus” Kerupuk dari Nasi

Menyantap pecel tidak afdol jika tidak pakai kerupuk. Rasanya yang renyah akan menambahkan cita rasa yang nikmat dalam sepiring pecel. Hal itu pula yang dilakukan oleh pedagang pecel ndeso khas solo.

Keunikan pecel ndeso khas solo terlihat dari kerupuk yang digunakan. Gendar adalah kerupuk yang terbuat dari nasi dan dicetak membentuk persegi panjang. Rasanya yang renyah dan sedikit keras dibanding kerupuk biasanya membuat makan nasi pecel ndeso menjadi lebih nikmat. Cota rasa ini tidak akan pernah Anda rasakan di pecel-pecel lainnya.

Harganya yang Sangat Terjangkau

Para pedagang pecel ndeso mematok harga yang cukup terjangkau. Harga tersebut berbanding terbalik dengan bahan-bahan “premium” yang digunakan seperti nasi merah dan wijen hitam.

Sepiring pecel ndeso khas solo sudah dilengkapi dengan aneka makanan yang kaya akan vitamin. Semua itu bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu di kisaran 8.000 rupiah saja.

Meskipun harganya terjangkau namun sepiring pecel ndeso mampu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin-vitamin yang kompleks.

Resep Pecel Ndeso Khas Solo

Cara pembuatan pecel ndeso khas solo tidak berbeda jauh dengan pecel lainnya. Namun yang membedakan hanyalah bahan baku tertentu yang digunakan dalam pecel ini.

Berikut ini adalah resep pecel ndeso khas solo yang mudah ditiru:

Cara Membuat Sambal Pecel Ndeso Khas Solo

  1. Siapkan bahan-bahan yang digunakan meliputi:
  • wijen hitam, goreng dengan sedikit minyak sampai matang
  • lembar daun jeruk, iris halus
  • garam
  • siung bawang putih, goreng
  • cabe rawit
  • air
  • gula merah
  1. Goreng wijen hitam dengan sedikit minyak sampai matang, tiriskan
  2. Goreng bawang putih secukupnya, tiriskan
  3. Goreng cabe rawit secukupnya, tiriskan
  4. Siapkan blender, masukan bahan-bahan yang digoreng
  5. Berikan garam, penyedap rasa, irisan halus daun jeruk, dan gula merah secukupnya, berikan air secukupnya
  6. Hancurkan pakai blender beberapa saat, dan koreksi rasa

Cara Membuat Sayuran Pecel Ndeso Khas Solo

  1. Siapkan sayuran yang digunakan. Umumnya sayuran yang digunakan untuk pecel ndeso khas Solo yaitu: tauge, kacang panjang, dan timun
  2. Cuci bersih sayuran tersebut dan potong sesuai ukuran yang diinginkan
  3. Rebus ke dalam air yang mendidih kurang lebih 5-10 menit
  4. Angkat dan tiriskan sayuran dan rapikan di atas piring

Kertas Bungkus Nasi Pecel Ndeso Khas Solo

Pecel ndeso khas solo disajikan dalam pincuk yang terbuat dari daun pisang. Namun bahan pincuk yang digunakan perlahan mengalami pergeseran. Salah satu alasannya karena susah mendapatkan daun pisang yang baik untuk makanan. Oleh karena itu mereka menggantinya dengan Laminated Wrapping Kraft (LWK) atau kertas nasi coklat. 

Hati-hati! tidak semua merek kertas nasi terjamin aman untuk kontak makanan. Oleh sebab itu pilihlah merek kertas nasi yang pasti aman karena telah lulus uji.

Selain itu pilihlah kertas nasi coklat yang menggunakan teknologi oxium. Teknologi ini membantu menguraikan kertas nasi lebih cepat sehingga tidak menimbulkan sampah yang mengganggu kelestarian lingkungan. Hasil uraian itu menjadi zat-zat biologis yang  dimakan oleh mikroorganisme. Dengan demikian uraian tersebut “kembali ke alam” dengan sempurna.

Kertas bungkus nasi pecel ndeso khas solo yang dimaksud adalah LWK Cap Gajah. Makanan yang terbungkus LWK Cap Gajah dijamin bebas kontaminasi zat-zat kimia berbahaya. Dengan demikian kesehatan tubuh tetap terjaga berkat mengkonsumsi pecel yang kaya vitamin serta penggunaan kertas nasi yang aman.

Referensi:

www.travelingyuk.com
www.sibakuljogja.jogjaprov.go.id
www.cookpad.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 04 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer