3 Alasan Pentingnya Sustainability yang Perlu Orang Tahu



 

Sustainability, istilah yang masing untuk sebagian orang. Namun jika tidak ada sustainabiliy, maka keberlanjutan kehidupan lah yang sering dipertaruhkan. Gambaran sederhana itu berusaha kami buat agar Anda mengerti betapa pentingnya sustainability.

Thukah Anda bahwa PT Suparma Tbk adalah salah satu dari sekia banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan sustainability. Kami yakin bahwa konsep ini akan membawakan kebahagiaan oleh banyak orang. Bukan hanya disekitar kami, namun orang-orang yang lebih luas lagi.

Ingat, julukan itu dibuat bukan semata-mata untuk hiburan saja. Namun dengan julukan tersebut, kami menjadi punya tanggung jawab yang lebih untuk memberikan hal yang lebih demi sebuah kebaikan. Untuk itu kami sajika informasi tentang pentingnya sustainability yang harus dipahami oleh orang awam berikut ini:

Pentingnya Sustainability

Singkatnya sustainability adalah keberlanjutan. Berangkat dari pengertian singkat tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa penting sekali untuk menjalani sustainbility seperti yang kita mulai.

Pentingnya sustainability perlu diketahui apalagi ketika fakta terbaru telah dijabarkan oleh Dwi Ngesti Suwitaningsih selaku Sustainability Ambassador Covestro dalam webinar yang dilakukan oleh Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Dia mengatakan bahwa saat ini masyarakat global telah menggunakan sumber daya lebih besar dari sebelumnya yaitu 1,7 kali lebih besar dari semestinya. (Sumber: its.ac.id).

Dengan fakta itu, apakah kita masih menunda untuk menjalankan sustainability? Inilah informasi yang harus Anda tahu tentang pentingnya konsep ini sebagai berikut:

1. Sebagai "penyelamat" Generasi Berikutnya

Sustainability adalah sebuah tindakan untuk dapat berdampak baik bagi semua kalangan. Dengan konsep sustainability, kebutuhan yang tengah kami penuhi tersebut berusaha agar generasi berikutnyaakan terasa aman dan nyaman.

Dengan adanya konsep sustainability ini, diharapkan dalam mewujudkan dampak-dampak baik untuk manusia. Selain itu dampak positif dari sustainability ini juga memberikan dampak yang baik kepada lingkungan. Dengan demikian, manusia dan lingkungan yang telah mendapatkan dampak positif dari sustainability ini akan merasa bahagia hidupnya karena selalu terpenuhi tanpa ada satupun hal yang perlu dikorbankan.

Pentingnya sustainability ini masih berpatokan pada 4 (empat) konsepnya, yaitu:

  • Memperbaiki kesalahan yang sebelumnya pernah terjadi
  • Mengurangi masalah yang tengah terjadi
  • Menghilangkan masalah yang terjadi saat ini, hingga
  • Memperbaiki peninggalan untuk generasi mendatang

Dengan kolaborasi itu maka sustainability yang dilakukan oleh bnyak perusahaan (termasuk PT Suparma Tbk) mampu memenuhi kebutuhan orang-orang di masa yang memdatang. Dengan demikian hal ini dapat memberikan sebuah kehidupan yang layak untuk mereka.

2. Menghadirkan Keselarasan

Konsep sustainability adalah untuk menciptakan dan juga mempertahankan. Dengan demikian sustainability berarti upaya untuk menjaga sebuah keadaan yang mana manusia dan lingkungan dapat berjalan secara selaras.

Keselrasan yang dimaksud dalam sebuah konsep sustainability akan lebih produktif dari berbagai aspek kehidupan yang meliputi sosial, ekonomi dan aspek-aspek lainnya. Dengan keselarasan dan kesenimbungan itu maka pentingnya sustainability ini adalah mampu merealisasi keberhasilan secara menyeluruh.

Dengan menerapkan konsep sustainability maka antara produksi dan konsumsi akan dilakukan secara berkelanjutan. Artinya, kedua aktivitas tersebut akan terus berjalan tanpa khawatir satu diantaranya lebih mendominasi yang membuatnya tidak mampu memenuhi kebutuhan dengan baik.

Selain itu, sustainability tidak selalu tentang alam, akan tetapi sustainability juga berkaitan dengan pembangunana sarana dan prasarana yang lebih baik. Dengan demikian maka keberhasilan sustainability adalah denganberkontribusi untuk mengurangi kemiskinan. Selain itu, adanya pemnbangunan sarana dan prasarana ini pentingnya sustainability adalah untuk pemerataan pambangunan. Dengan demikian maka keselerasan yang menjadi cita-cita sustainability dapat dengan mudah terwujud.

3. Untuk Keberlangsungan Bisnis dan Bumi yang Lebih Baik

Pentingnya sustainability juga dirasakan dalam sektor bisnis. Dengan menggunakan konsep sustainability, maka potensi kenaikan yang akan dirasakan adalah meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan.

Kami tahu, bahwa mewujudkannya butuh keseimbangan dari penggunaan sumber daya alam dengan nilai dari produk yang dihasilkan. Oleh karena itu sebagai perusahaan yang sudah menerapkan sustainability kami benar-benar menjaalankan elemen-elemen dalam ekosistem bisnis. Dengan perwujudan tersebut maka kami yakin bahwa ini akan menciptakan narasi-narasi positif bagi produk dan perusahaan kami.

Bukan hanya untuk kami, namun menjalankan sustainability ini adalah untuk kebaikan-kebaikan di masa yang mendatang. Terlebih lagi perwujudan sustainability ini  untuk kebaikan bumi kita secara meluas. Dengan menjalankan sustainability maka kejadian-kejadian di bumi seperti peruabahan iklim akibat polusi bisa diminimalisir dengan menjalankan kegiatan yang berkelanjutan.

Dengan demikian maka pentingnya sustainability ini bisa membantu seisi bumi ini untuk lebih bertahan lama. Hal itu karena dengan sustainability maka kami berupaya untuk melestarikan, memproduksi, serta mendaur ulang sehingga menjadi proses yang berkelanjautan untuk kehidupan yang lebih baik.

SDGs PT Suparma Tbk

Sustainability sebuah perusahaan memang tidak terlepas dengan istilah SDGs. Oleh karena itu izinkan kami untuk memperkenalkan diri sebagai salah satu perusahaan yang sudah menerapkan standart Sustainable Development Goals (SDGs). Fokus utama dengan adanya SDGs adalah sektor ekonomi dan sosial di seluruh negara. Dengan demikian, SDGs telah memiliki 17 tujuan yang sudah disekati oleh dewan Perseriakatan Bangsa-bangsa (PBB), yaitu sebagai berikut:

*GAMBAR 17 TUJUAN SDGS*

Dari 17 (tujuh belas) tujuan tersebut, terdapat 9 (sembilan) SDGs PT Suparma Tbk yang berhasil kami wujudkan hingga saat ini, yaitu:

  • Menghapus kemiskinan
  • Mengakhiri kelaparan
  • Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan
  • Pendidikan yang berkuliatas
  • Air bersih dan sanitasi yang layak
  • Energi bersih dan terjangkau
  • Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab
  • Penanganan perubahan iklim
  • Ekosistem di laut

SDGs PT Suparma Tbk ini tealah diwujudkan melalui beberapa kegiatan sosial yang kami sebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan tersebut terus kami lakukan tanpa henti agar semua orang dapat merasakan manfaatnya kehadiran kami. Oleh karena itu kami ingin mewujudkan ketiga pentingnya sutainability ini agar anak cucu kita dapat merasakannya.

Referensi:

www.indonesiasustainability.com
www.its.ac.id
 

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 02 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer