8 Sarapan Pengganti Nasi yang Juga Mengandung Karbohidrat



 

Sebagian dari kita masih percaya istilah "tidak makan nasi, berarti belum sarapan" karena nasi adalah makanan pokok. Apapun lauknya, nasi harus jadi karbohidrat untuk sarapan. Namun kebiasaan itu tidak diikuti oleh beberapa orang Indonesia. Hal itu karena mereka memilih untuk menikmati sarapan pengganti nasi.

Sarapan selain nasi patut dicoba karena bahan-bahan tersebut punya kandungan karbohidrat yang hampir dan bahkan setara dengan nasi. Karbohidrat harus menjadi asupan penting setiap pagi untuk menambah energi sehingga aktivitas pun menjadi lancar.

Agar sarapan semakin menyehatkan, imbangilah dengan aneka makanan yang tinggi protein agar sarapan pun menjadi lebih nikmat. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Sarapan Pengganti Nasi

Karbohidrrat harus dipenuhi sebelum melakukan aktivitas. Jika tidak menyediakan nasi, sarapan pengganti nasi ini bisa jadi rekomendasi utnuk dimakan di pagi hari.

1. Oatmeal 

Oatmeal mwengandung banyak serat sehingga mampu mengnyangkan layaknya makan nasi. Oatmel pun mengandung sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh dan cocok untuk dijadikn sebagai sarapan. Satu cangkit oatmel yang ditambahkan susu dan aneka buah-buahan tentu menambah kenikmatan saat pagi hari.

2. Roti Gandum

Serat dan karbohidrat komplek passti terkandung di dalam roti gandum. Roti gandum yang dipanggang dan diberikan aneka topping membuat sarapan pengganti nasi ini sangat nikmat dan lezat. Campuran roti gandum panggang yang menggugah selera misalnya: Alpukat, olahan telor, , keju, stroberi, dan aneka sayur.

 3. Jagung Manis Rebus

Jagung terkandung karbohidrat yang setara dengan nasi. Tak heran jika masyarakat Indoneisa zaman dahulu menggunakan jagung untuk sarapan pengganti nasi.

Layaknya makanan berkarbohidrat lainnya, jagung pun punya kalori sebesar 86 dan ditambahkan kandungan vitamin B. Dengan mengonsumsi jagung rebus secara rutin akan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jagung merupakan makanan pertama yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Peran nasi sebagai sumber karbohidrat juga dapat digantikan dengan jagung. Dalam 100 gram biji jagung terkandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B. Jagung juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi jagung dalam bentuk jagung utuh, nasi jagung, ataupun tepung.

4. Kentang

Serat yang ada dalam kentang baik untuk pencernaan. Kebaikan kentang itu akan terasa jika diolah dengan tepat.

Kentang untuk sarapan lebih baik diolah dengan cara dikukus atau direbus. Namun jika Anda punya banyak waktu, maashed potato adalah osarapan pengganti nasi yang patut untuk dicoba.

5. Sandwich

Roti lapis bisa jadi pengganti nasi untuk sarapan yang punya banyak kandungan yang menyehatkan. Isian daging dan aneka sayur menambah cita rasa yang sedap pada sand wich.

Gunakanlah roti gandum untuk membuat sandwich yang sehat. Kemudian berikan saus dan mayonaise untuk emnunjang cita rasa yanng lebih nikmat.

6. Sereal

Sereal terbuat dari biji-bijian yang punya kandungan karbohidrat. Sarapan pengganti nasi berupa sereal kini punya aneka rasa yang menggugah selera.

Seduhlah dengan air atau susu hangat saat ingin menyantap sereal. Disamping rasanya yang nikmat, menikmati sereal dapat membantu pencernaan.

7. Ubi Jalar

Selain karbohidrat, ubi jalar punya kandungan vitamin A dan C yang baik untuk tubuh. Selain itu ubi jalar punya kandungan serat yang membantu penikmatnya terasa kenyang lebih lama.

Agar lebih sehat, ubi jalar dapat diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Olahan ini tidak akan mengurangi cita rasa manis pada ubi jalar.

8. Singkong

Perbedaan mencolok dari singkong dan ubi jalar terdapat dari tekturnya saat dimakan. Singkong punya tekstur yang lebih kasar daripada  ubi jalar. Meskipun demikian singkong baik untuk pengganti nasi saat sarapan karena kandungan karbohidratnya baik untuk menambahkan energi.

Cukupilah kebutuhan  energi di pagi hari dengan menyantap sarapan pengganti nasi dan dilengkapi dengan priteon-protein yang menyehatkan. Bahkan sarapan tinggi protein ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Dengan demikian perpaduan sarapan pengganti nasi dengan protein-protein di bawah ini:

1. Telur

Telur merupakan sarapan tinggi protein yang banyajk dipilih karena praktis dan enak. Mulai dari telur ayam, bebek, dan puyuh semuanya punya kandungan protein yang cukup tinggi sehingga baik utnuk tubuh,

Telur-telur tersebut dapat diolah lagi menjadi makanan yang nikmat misalnya omelet. Jika tidak punya banyak waktu, telur rebus bisa jadi solusi karena mudah dan tetap nikmat.

2. Tahu dan Tempe

Sarapan tinggi protein dan murah yaitu memanfaatkan tahu dan tempe untuk diolah kembali bersamaan dengan aneka sayur. Kedua olahan kedelai ini mengandung 9 jenis asam amino essensial yang baik untuk tubuh.

Tahu dan tempe adalah pengganti daging yang punya kandungan protein yang tinggi. Dengan harganya yang ekonomis dan mudah diolah jadi apapun membuat sarapan tinggi protein dengan tahu dan tempe banyak dipilih.

3. Daging

Daging sapi mengandung protein yang tinggi lengkap dengan vitamin B12 dan zat besi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh dan memperkuat tulang.

Agar vitaminnya tidak berubah, perhatikan cara mengolahnya. Jika abai maka gangguan kesehatanlah yang akan dirasakan saat mengonsumsi daging.

4. Dada Ayam

Sebanyak 113 gram dada ayam terkandung 19 gram protein sehingga daa ayam layak untuk dijadikan pilihan sarapan tinggi protein. Agar lebih sehat, kombinasikan dada ayam tanpa kulit dengan sayuran yang kaya serat. Kombinasi tersebut akan membuat penikmatnya terasa kenyang berjam-jam. Hal tersebut sesuai dengan ucapan Lisa Moskovitz selaku pendiri New York Nutrition Group.

5. Ikan Laut

Ikan tuna dan ikan salmon adalah ikan laut yang punya protein yang tinggi. Dalam 3 Ons ikan salmon terkandung 17 gram protein. Sementara 150 gram ikan tuna terkandung protein sebanyak 40 gram.

Kedua ikan laut itu terkandung lemak yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan proses pengelolaan yang benar maka olahan ikan laut itu akan baik untuk tubuh saat dikonsumsi pada pagi hari.

Bawa Sarapan Pengganti Nasi Pakai Kertas Bungkus Nasi

Jika tidak sempat sarapan di rumah, bawalah menu-menu sarapan pengganti nasi ini ke kantor Anda. Tidak perlu waktu yang lama untuk menyiapkan makanan-makanan tersebut karena Anda cukup membungkysnya dengan kertas nasi vberwarna coklat.

Kertas bungkus nasi itu mudah ditemukan sehingga cocok untuk solusi Anda yang tida punya tempat bekal sarapan yang di bawa ke kantor. Setiap lembar kertas bungkus nasi dapat menyimpan porsi sarapan yaang Anda inginkan. Sampai di kantor, sarapan tersebut dijamin tidak akan berubah rasa karena kertas bungkus nasi ini tahan panas, tahan minyak, dan pastinya aman untuk kontak langsung dengan makanan.

Kertas bungkuss nasi yang dimaksud adalah Laminated Wraping Kraft (LWK) Cap Gajah. Kertas nasi Cap Gajah telah teruji klinis dan mendapatkan sertifikasi Halal sehingga makanan akan aman selama menggunakan kertas nasi Cap Gajah untuk membungkusnya.

Miliki kertas nasi Cap Gajah lewat E Commerce dan toko online resminya di tulisan biru di bawah ini:

  • E Commerce  Kertas Nasi Cap Gajah
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajahakarta
  • Shopee Kertas Nasi Cap GajahSurabaya
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bali
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Lazada Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop Kertas Nasi Cap Gajah

Referensi:

www.siloamhospitals.com
www.malbekasi.com
www.sacindonesia.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 03 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer