Sejarah Lontong Balap dan 5+ Penjual yang Terkenal di Surabaya


 

Lontong balap adalah makanan sehat yang jadi ciri khas Kota Surabaya. Layaknya Kota Surabaya yang punya sejarah yang panjang, sejarah lontong balap pun cukup unik untuk di simak sebelum Anda mencobanya.

Dari namanya saja sudah unik dibandingkan makanan-makanan yang lainnya. Sekali Anda mencobanya dijamin akan etagihan untuk menikmati lontong balap di lain waktu.

Jangan hanya mencicipinya, jangan lupa kenalinya lewat perjalan sejarahnya. Selain itukami lengkapi informasi Anda tentang rekomendasi kedai lontong balap di Surabaya yang wajib di datangi.

Tak lupa, Anda pun juga kaan mengetahui salah satu kertas bungkus makanan yang dibuat di Surabaya dan telah tersebar lus di Indonesia. Kertas bungkus itu pun juga akan Anda temuikan di pedagang lontong balap untuk alas meletakkan lentho, sate kerang, dan lontong. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Sejarah Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan kha Surabaya yang sudah ada sejak lama. Sejarah lontong balap bermula dari cara pedagang saat menjajakannya pada zaman dahulu. Mereka menggunakan wadah berupa gentong dan dipiku.

Para pedagang berlomba untuk tidak kelewatan pembeli. Oleh karena itu mereka memikul dagangannya dengan berjalan setengah berlari. Cara itulah yang membuatnya terlihat seperti berlari atau balapan. Oleh karena itu hidangannya pun disebut dengan lontong balap.

Meskipun sejarah lontong balap tidak diketahui secara persis, namun komponen-komponen pelengkapnya ternyata sudah ada seejak lama, misalnya lontong. Lontong dipercaya sudah ada sejak ajaran islam masuk ke Indonesia yang dibawa oleh Sunan Kalijaga.

Lontong adalah hasil dari adaptasi ketupat yang berkaitan eraqt dengan ajaran islam di Indonesia. Dikarenakan pembuatan ketupat butuh keahlian yang khusus sehinggahanya beberapa orang saja yang bisa membuatnya. Oleh karena itu, masyrakat pada saat itu ingin membuat nasi yang padat dengan praktis. Dengan demikian jadilah lontong yang pembuatannya lebih mudah daripada ketupat.

Setelah itu lontong balap ditambahkan dengan gorengan yang terbuat dari kacang yang direndam dan dicampurkan dengan aneka bumbu-bumbu.. Setelah itu gorengan tersebut dicampurkan bumbu dan digoreng. Dengan demikian menghasilkan gorengan yang diberi nama lentho.

Agar makanan khas Surabaya ini lebih nikmat, beberapa kedai pun menambahkan sate kerang di meja makan. Perpaduan lontong balap dengan sate kerang menghasilkancita rasa yang nikmat apalagi ditambahkan dengan petis yang rasanya gurih dan pedas.

Selain "berlomba" untuk mendapatkan pelanggan, lontong balap punya filosofi yang lainnya. Pedagang lontong balap rela mengangkan gentong dan sedikit berlarian agar tidak kehilangan pelanggan. Tindakan tersebut yang akhirnya mencerminkan sikap masyrakat Surabaya yang pikirannya sederhana dan tidak berbelit.

Mengenal filosofi dan sejarah lontong balap, tidak akan afdol jika tak mengunjungi beberapa tempat makanan yang menyajikan lontong balap di Surabaya. Temat-tempat tersebut berhasil membuat lontong balap yang nikmat sehingga cocok untuk dinikmati selagi berada di Surabaya.

Lontong Balap yang Terkenal di Surabaya

Setelah mengetahui sejarah lontong balap, Anda opun wajib mendatangi penjual lontong balap yang terkenal di surabaya seperti rekomendasi di bawah ini:

1. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap yang terkenal di Surabaya ini berlokasi di Jalan Embong Malang No 38, Genteng. Nama penjualnya, yaitu Pak Gendut telah membuka warung lontong balap sejak tahun 1958.

2. Lontong Balap Rajawali

Lontong Balap Rajawali lokasinya ada di Jalan Krembangan Timur No 32c, Krembangan Selatan. Lontong balap Rajawali buka dari Senin sampai Sabtu yang buka mulai pukul 06.00 WIB.

Lontong balap rajawali memiliki tempat yang ber-AC dan bersih yang akan menunjang kenyamanan saat makan. Menunjang kenyamanan ini dapat dirasakan dengan adanya pilihan sate kerang yang dibanderol dengan harga Rp.15.000 sudah mendapatkan 10 tusuk. Harga itu akan berubah sewaktu-waktu, namun sate kerangnya wajib dicicipi saat mengunjungi lontong balap rajawali..

3. Lontong Balap Pak Dul

Lontong Balap Pak Dul punya harga yang tergolong ekonomis sehingga toko ini jadi salah satu lontong balap yang terkenal di surabaya. Selain ramah di kantong, lontong balap pak dul patut dicoba karena rasa kuahnya yang menyegarkan. Lontong balap pak dul berlokasi di Jl. KH Abdul Wahab Siamin Surabaya No.110, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Surabaya, Jawa Timur 60225.

4. Lontong Balap Cak Waidi

Lontong Balap cak Waidi buka dari Hari Selasa sampai Minggu. Lokasi lontong balap cak waidi berada di Jalan Pagesangan II, Pagesangan, Kecamatan Jambangan.

Uniknya lontong balap Cak Di buka sampai pukul 10 malam. Jadi, Anda bisa mengunjungi tempat ini jika ingin makan lontong balap saat malam hari.

5. Lontong Balap Pak Wahyu

Lontong Balap Pak Wahyu yang berlokasi di Perempatan Jalan Raya Darmo Baru Barat, dan Jalan Raya Darmo Permai I. Setiap hari, Lontong Balap Pak Wahyubuka setiap hari mulai pukul 07.30-12.00 WIB.

Dikarenakan rasanya yang nikmat, banyak sekali orang-orang yang berdatangan ke tempat ini. Dengan demikian lebih baik datanglah pada pagi hari agar dapat merasakan seporsi lontong balap yang menggugah selera ini.

6. Lontong Balap Cak No

Lontong balap yang terkenal di Surabaya ini sudah buka selama 17 tahun terakhir. Eksistensi tersebut didapatkan dari cita rasa yang tidak berubah sehingga pelanggan masih terus berdatangan untuk membelinya.

Lontong Balap Cak no berada di Jalan Bromo No 7 Kecamatan Sawahan Surabaya. Tepatnya berada di sebelah SPBU Arjuno, Surabaya. Waktu bukanya sangat terbatas yaitu sampai jam 12.00 saja.

7. Lontong Balap Mbah Ato (Patua)

Penjual lontong balap yang terkanal di Surabaya yang lokasinya depan SMKN2 Surabaya adalah lontong balap Mbah Ato. Sama seperti lontong balap khas Surabaya laoinnya karena rasanya menyegarkan dan nikmat.

8. Lontong balap Pak H. Woko

Kedai lontong balap terkenal ini letaknya ada di Jalan Kalasan No 30 Surabaya. Lontong Balap Pak H Woko juga menjual lontong kupang. Kedua makanan berbahan lontong itu sama-sama makanan khas Surabaya. Dengan demikian Anda pun bisa memilih mana makanan yang ingin Anda nikmati.

Bungkus Makanan Dari Surabaya yang Tersebar Seluruh Indonesia

Lontong balap memang makanan asli surabaya, Jawa Timur. Namun setiap penjualnya pasti akan menggunakan kertas bungkus makanan yang berwarna coklat. Biasanya kertas bungkus itu dijgunakan untuk alas lentho, tahu, sate kerang, hingga lontong dalam etalase jualannya.

Kertas bungkus nasi yang digunakan itu adalah oproduk lokal dari Surabaya yang ternyata sudah tersebar di seluruh Indonesia. Penyebaran merek kertas bungkus nasi tersebut karena sudah banyak orang percaya dengan kualitas kertas nasi bungkus itu. Dengan demikian mereka pun tidak akan ragu lagidengan kualitasnya.

Kertas bungkus nasi dari surabaya yang sudah tersebar luas di Indoensia yaitu Laminated Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah. LWK cCap Gajah cocok untuk disimpan untuk membungkus bkal atau aneka nasi yang lainnya.

Milikilah kertas nasi Cap Gajah di toko terdekat.

 
  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 29 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer