Alasan Telur Dadar Padang Tebal Serta Tips Pembuatannya


 

Warung nasi padang jadi tempat yang menggiurkan di tengah rasa lapar yang melanda. Anda akan menemukan banyak pilihan lauk yang terlihat di dalam etalase besar. Salah satu lauk yang mennarik di warung nasi padang adalah telur dadar karena bentuknya yang tebal. Lantas pernahkah Adna bertanya-tanya kenapa telur dadar padang tebal?

Tekstur ketebalannya yang berbeda dari telur dadar pada umumnya itulah yang membuatnya menarik. Tak mengherankan jika telur dadar padang tidak kalah banyak peminatnya. Demi menarik perhatian calon pembeli, telor dadar tebal itu masih dipertahankan di seluruh warung nasi padang.

Baca Juga: Inilah 8 Alasan Warung Nasi Padang Ada Dimana-mana

Artikel ini hadir untuk menjawab pertanyaan Anda tentang perbedaan ukuran telur dadar khas padang. Kemudian kami pun lengkapi pengetahuan Anda dengan tips telur dadar padang tebal yang bisa ditiru di rumah saja.

Kenapa Telur Dadar Padang Bentuknya Tebal?

Ketika rasa lapar melanda solusi yang bisa dilakukan adalah menyantap makanan favorit. Agar terasa kenyang, Anda pun memilih makanan dengan porsi yang cukup banyak dan lauk-pauknya sangat menggoda. Salah satu makanan yang mungkin terlintas dibenak Anda yaitu nasi padang.

Sesampainya di warung nasi padang yang dituju, telor dadar yang dipajang mengalihkan perhatian Anda. Hal itu karena ketebalannya tidak seperti btelur dadar pada umumnya. Ternyata, alasan telur dadar padang tebal karena menggunakan campuran yang lainnya seperti tepung dan aneka sayuran cincang.

Meskipun sudah dicampur, rasa telurnya masih dominan sehingga tidak menghilangkan rasa telurnya. Hal itu karena pencampuran antara telur dengan bahan-bahan tambahan lainnya sangat seimbang.

Menurut kebanyakan pedagang nasi padang, menggunakan butir telur yang cukup banyak ternyata tidak menjamin telur dadar menjadi lebih tebal. Hal itu diperparah jika ada kesalahan di teknik pemasakan. Kesalahan itu akan menyebabkan telur dadar terasa ami. Sayangnya itulah yang menyebabkan cita rasa nasi padang akan terganggu karena telur dadar yang tidak matang.

Selain itu, alasan para pedagang nasi padang menggunakan tepung dan irisan sayur untuk menebalkan telur dadar padang adalah demi menghemat pengeluaran. Telur dadar adalah lauk nasi padang yang dijual lebh murah daripada lauk nasi padang autentik yang lainnya. Agar pedagang tidak merugi, maka mereka memutuskan untuk mencampurkan tepung dan irisan sayur agar telur dadar padang tebal agar tetap terlihat menarik.

Meskipun harga telur tengah mengalami kenaikan, namun warung nasi padang tetap menyajikan lauk telur dadar. Hal itu tak terlepas dari salah satu "kemuliaan" nasi padang yaitu agar semua kalangan dapat merasakan kenikmatannya tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Rekomendasi Rumah Makan Padang di 4 Kota Besar Indonesia

Tips Membuat Telur Dadar Padang Tebal

Tak sulit membuat telur dadar padang yang teksturnya tebal. Anda perlu meniru tips membuat telur dadar padang tebal yang berikut ini:

1. Pakai telur bebek

Telur bebek adalah pengganti telur ayam untukmenciptakan tektur tebal dan padat. Tips membuat telur dadar padang tebal ini sudah dilakukan oleh kebanyakan warung nasi padang. Demi menghemat biaya pengeluaran, ada pula yang masih mencampurkannya dengan telur ayam. Akan tetapi penggunaan telur bebek lebih dibanyak daripada telur ayam.

Warna kuning di telur bebek cenderung lebih pekat dan beroma lebih amis. Hal itu menunjukan bahwa telur bebek punya kandungan protein yang lebih tinggi daripada telur ayam. Selain memadatkan, penggunaan telur bebek akan menambah kenikmatan di telur dadar khas padang.

2. Pakai minyak goreng yang agak banyak

Telur dadar ini harus digoreng dengan minyak yang agak banyak atau shallow-fry. Teknik memasak tersebut adalah teknik menggoreng yang menggunakan minyak sebanyak sekitar ¾ dari tinggi wajan. Agar hasilnya maksimal maka panaskan minyak goreng terlebih dahulu menggunakan api sedang. Jika sudah agak panas, kecilkan api dan masukkan adonan telur.

Adonan telur dadar yang sudah disiapkan harus terendam dalam minyak goreng. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan elur adar padang yang matang sempurna. Selain matang, teknik memask ini akan menghasilkan permukaan telur dadar yang lebih renyah.

3. Masak Hingga Kecoklatan

Jika tips membuat telur dadar padang tebal di nomor dua sudah dilakukan, masaklah hingga benar-benar matang. Tandanya kematangan telur dadar adalah warna permukaannya yaitu coklat keemasan.

Agar matangnya merata, bolak-baliklah tiap permukaan telur dadar. Jangan terlalu sering karena dapat menghancuirkan bentuk telur dadarnya. Gunakanah alat penggorengan yang tepat agar proses membalikan telur padang tidak semakin hancur.

4. Tambahkan Terigu Saat Mengocok Telor

Untuk menambah kepadatan di telur dadar padang, berikanlah sedikit tepung terigu. Pastikan pemberiannya sesuai takaran agar rasa telornya tidak hilang. Tips membuat telur dadar padang tebal ini menyesuaikan banyaknya telur yang Anda gunakan.

Misalnya Anda menggunakan tiga telur bebek. Gunakanlah takaran 2—3 sendok makan tepung terigu. Selain menghilangkan rasa telur, terlalu banyak terigu akan membuatnya lebih keras.

5. Tambahkan Sayuran Cincang

Tips membuat telur dadar padang tebal namun tetap menyehatkan adalah menambahkan sayuran cincang. Aneka sayuran yang digunakan untuk campuran telur dadar padang adalah daun bawang, bawang bombai, kol. sampai wortel.

Agar cita rasanya semakin nikmat, Anda boleh menambahkannya dengan potongan cabai kecil dan cabai besar. Sesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda.

6. Tambahkan Tahu Putih

Agar telur dadar padangnya lebih bertektur, tambahkanlah tahu putih yang sudah dihancurkan sebelumnya. Tidak perlu terlalu hancur kagar tektur tahunya masih bisa dirasakan.

Tidak selamanya tahu putih dihancurkan. Bisa jadi tahu tersebut dipotong-potong sesuai ukuran yang Anda inginkan.

Jika Anda menggunakan tahu sebagai campurannya, kurangi takaran terigu yang Anda gunakan. Tips emmbuat telur dadar padang tebal ini berguna untuk menonjolkan rasa dari telur serta tahu yang digunakan.

#BungkusinAja Nasi Padang Lauk Telor Dadar

Meskipun harganya lebih murah, namun rasa telur dadar padang tidak bisa diremehkan. Teksturnya yang tebal ditambah aneka campuran di dalamnya menambahkan cita rasa saat dimakan bersama dengan siraman kuah kental khas nasi padang.

Selain harganya yang terjangkau, telor dadar nasi padang cocok untuk tambahan lauk-lauk yang lainnya. Tak perlu khawatir kertas nasi tak mampu menampung nasi padang bungkus Anda. Selama kertas nasi yang digunakan yaitu Cap Gajah maka dijamin anti rembes dan kuat. Cocok sekali untuk tektur nasi padang yang sedikit basah karena disiram menggunakan kuah santan.

Kertas bungkus itu juga bisa digunakan untuk membungkus makanan yang lainnya. Dengan demikian kertas bungkus Cap Gajah cocok untuk simpanan di rumah.

Milikilah sekarang juga dengan cara membelinya di toko online resmi kertas nasi Cap Gajah yang berikut ini:

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 05 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer