Tips Menyiapkan Bekal Perjalanan Jauh Paling Mudah Dilakukan



 

Liburan dengan keluarga adalah hl yang menyenangkan. Akan lebih menyenangkan jika Anda sekeluarga melewati jalan yang baru diresmikan, seperti Tol Cisumdawu. Siapkan mobil dalam kondisi yang prima dan lakukanlah tips menyiapkan bekal perjalanan jauh.

Perjalanan jauh menggunakan mobil memang menguras tenaga sehingga perasaan lapar akan terasa. Seperti yang kita tahu hanya ada di rest area Tol saja yang menyediakan banyak pilihan makanan. Untuk menghemat pengeluakan, membawa makanan dari rumah pun bisa jadi pilihan Anda.

Namun sebelum itu, kita ingin membahas tentang Tol Cisandawu yang baru saja diresmikan oleh Jokowi, Presiden Indonesia. Baik Tol Cisandawu dan tips-tips akan kami jelaskan seluruhnya di artikel ini.

Tol Cisandawu

Nama Cisandawu adalah singakatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Peresmian ini terjadi di terowongan kembar (twin tunnel), tepatnya di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Peresmian Tol ini terjadi pada tanggal Selasa, 11 Juli 2023.

Tol baru ini menjadi jalan yang menghubungkan Kota Bandung yang melalui jalan Tol Cipularang ke Tol Cipali. Selain itu, Tol Cisandawu adalah jalan alternatif untuk menuju ke Bandara Kertajati.

Ternyata Tol ini dengan Bandara Kertajati dibangun secara bersamaan. Namun Bandara Kerjatai telah ada lebih dahulu karena pembangunan Tol mengalami kendala. Menurut Presiden Joko Widodo keterlambtan pembangunan Tol Cisandawu karena urusan pembebasan lahan.

Tips Menyiapkan Bekal Perjalanan Jauh

Ketika ingin membawa makanan, jangan lupa lakukan tips menyiapkan bekal perjalanan jauh. Selama diperjalanan, mobil tidak dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang rawan menyebabkan kerusakan pada makanan. Oleh sebab itu lakukanlah tips yang berikut ini:

1. Jangan Bawa Bekal yang Mudah Basi

Olahan makanan yang mudah basi adalah yang dibuat menggunakan santan kelapa. Jika sudah demikian, maka makanan tersebut tidak dapat dinikmati dan harus dibuang.

Jika tidak langsung membuangnya maka makanan tersebut akan menghasilakan aroma yang tidak sedap yang akan mudah menyebar. Apakgi kendaraan mobil yang tertutup, maka aroma tersebut akan memenuhi mobil Anda dan mengganggu kenyamanan.

2. Membawa Makanan dan Olahan yang Segar

Tips menyiapkan bekal perjalanan jauh ini merujuk kepala waktu pengolahan makanan yang akan Anda bawa. Makanan yang segar adalah makanan yang sudah diolah kurang lebih 1 jam sebelum keberangkatan. Dengan waktu tersebut makanan tersebut lebih enak dinikmati meskipun sudah tidak hangat.

Jangan lupa lengkapi nutrisi selama perjalanan dengan membawa buah-buahan. Jelas, benda tersebut lebih tahan lama dibandingkan makanan apapun. Meskipun suhu mobil yang tidak terlalu dingin, buah-buahan tertentu masih nikmat untuk disantap.

Saran buah diluar kulkas adalah: mangga, jeruk, pisang, dan alpukat.

3. Hindari Makanan yan Mengandung Lemak

Lemak mudah membeku jika makanan sudah dalam suhu yang dingin. Endapan lemak tersebut akan mengganggu kenikmatan makanan yang Anda bawa perjalanan jauh.

Bepergian menggunakan mobil membuat makanan Anda menjadi dingin karena paparan AC. Hal itu yang membuat makanan berlemak akan mengendap dan bisa jadi mudah basi. Ini bisa jadi akan menggangu kesehatan Anda.

4. Bawalah Makanan Secukupnya

Tidak perlu berlebihan, bawalah makanan untuk menemani perjalanan kalian secukupnya. Jika terlalu banyak maka makanan tersebut bisa jadi tidak termakan karena sudah terasa kenyang.

Terlalu banyak makan akan merugikan diri sendiri dan orang lain selama perjalanan. Makan banyak adalah salah satu penyebab mabuk di perjalanan sehingga Anda tidak enak badan ketika melakukan perjalana jauh menggunakan mobil.

5. Gunakan Kemasan Makanan yang Aman

Kemasan yang aman untuk makanan yaitu tahan panas dan tahan minyak. Kemampuan tersebut perlu diperhatikan karena sesuai dengan kebiasaan orang yang sangat suka dengan makanan yang diolah dengan digoreng.

Baca juga:

  • alasan masyarakat indonesia suka makanan gorengan

Namun tahan panas dan tahan minyak tidak hanya dimiliki oleh tempat makan plastik yang terkenal saja. Kini keertas nasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengemas makanan yang Anda bawa saat perjalanan jauh.

Gunakanlah Kertas Nasi untuk Membungkus Makanan

Daripada menggunakan tempat makan, kami sarankan untuk menggunakan kertas nasi, mengapa? Sederhana, karena kertas nasi tidak bisa digunakan berkali-kali. Jadi, kebersihannya tentu lebih terjamin.

Sayangnya, banyak yang mengatakan jika hal tersebut membuat penumpukan sampah yang merusakan lingkungan. Justru pemikiran "liar" itu hanya berlaku bagi orang-orang yang belum mengenal kertas nasi Cap Gajah.

Kertas nasi Cap gajah mampu menggantikan peran wadah makanan karena tahan minyak dan tahan panas. Terlebih dari itu, kertas nasi lebih praktis karena tidak membutuhkan tempat yang banyak yuntuk menyimpannya.

Laminated Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah adalah merek kertas nasi coklat yang digunakan untuk membungkus nasi beserta lauknya.

Sebenarnya kertas nasi cap gajah memiliki dua jenis yaitu Laminated Wrapping Kraft (LWK) dan Laminated Machined Glazzed (LMG). LWK Cap Gajah berwarna coklat sedangkan LMG cap gajah berwarna putih.

Kertas nasi LWK Cap Gajah memiliki warna kemasan yaitu: merah, ungu muda, orange, hijau, merah muda, ungu tua, biru tua dan biru muda. Sedangkan kertas nasi LMG Cap gajah ada dua pilihan yaitu kemasan warna hijau dan coklat.

Nikmati Perjalanan Anda Bersama Kertas Nasi Cap Gajah

Selamat berlibur dan nikmatilah hari-hari bersama keluarga. Kebersamaan membuat perjalanan jauh terasa lebih menyenangkan. Dengan membawa bekal dari rumah maka makan akan terasa lebih nikmat karena menyantap bersama-sama.

Tips menyiapkan bekal perjalanan jauh di atas jangan lupa untuk diterapkan. Gantilah kemasan makanan Anda dengan kertas nasi cap gajah.

 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 15 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer