Tips Usaha Kuliner Agar Banyak Pengunjung Supaya Cuanable



 

Bisnis kuliner menjadi salah satu model bisnis yang dilakukan oleh masyrakat Indonesia. Ini memperlihatkan bahwa bisnis kuliner punya saingan yang ketat sehingga beresiko tinggi bangkrut karena sepinya pengunjung. Meskipun demikian jangan sampai takut berbisnis kuliner karena ada tips usaha kuliner agar banyak pengunjung yang harus Anda tahu.

Tips ini harus dipertimbangkan sebelum Anda membuka bisnis kuliner .Hal tersebut agar dapat mematangkan konsep-konsepnya dan Anda pun menjalankan bisnis tersebut sesuai ekspektasi.

Agar hasilnya maksimal, terapkanlah cara-cara ini secara keseluruhan. Setelah menerapkannya kami yakin bisnis kuliner Anda punya nilai jual daripada bisnis yang serupa. Bacalah artikel ini sampai selesai.

1. Tips Usaha Kuliner Agar Banyak Pengunjung Dari Pemilihan Konsep Rumah Makan

Milikilah konsep unik yang jarang diterapkan oleh bisnis kuliner yang lainnya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan minat pengunjung terhadap bisnis kuliner yang Anda ciptakan.

Konsep rumah makan ini termasuk tips usaha kuliner agar banyak pengunjung karena dapat memancing rasa penasaran calon konsumen. Kemudian mereka pun ingin mengunjungi bisnis kuliner Anda untuk mencicipinya.

Semakin unik konsepnya maka besar kemungkinan usaha Anda dikunjungi pengunjung. Mereka merasa sebagai sebuah keharusan untuk mengunjungi bisnis Anda karena keunikan tersebut.

Salah satu "kunci" membuat konsep rumah makan unik karena bisa difungsikan untuk apa saja. Pengunjung tidak hanya makan minum dan pulang begitu saja namun bisa mengandalkan konsep yang Anda perlihatkan. Misalnya bermain, berfoto-foto, dan lain sebagainya.

Pengunjung yang senang dengan konsepnya akan suka rela membagikan momen tersebut ke media sosialnya. Itulah yang dianggap sebagai promosi cuma-cuma yang dilakukan oleh pengunjung rumah makan Anda.

Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung dapat diupayakan dari sektor menu makanan yang ditawarkan. Buatlah kelompok menu makanan baru yang menyajikan aneka makanan dan minuman kekinian. Tips ini membuat pengunjung berkesempatan untuk mencicipi rasa dari makanan yang viral tanpa harus ke tempat asalanya.

Jika tidak ingin menghilangkan cita rasa aslinya coba konbinasikan dengan makanan yang viral. Dengan demikian pengunjungpun dapat sekaligus menikmati makanan favorit rumah makan dan mencoba makanan kekinian yang viral.

Ingat, selera makan pengunjung pasti berbeda-beda. Oleh karena itu sediakanlah menu makanan yang lebih beragam agar mereka punya banyak pilihan makanan saat mengunjungi bisnis kuliner Anda.

Menambahkan menu makanan yang banyak akan membuat mereka penasaran dengan citarasanya. Otak mereka pun berusaha ingin memesan beberapa makanan agar dapat mencicipinya lebih banyak.

3. Fasilitas harus Lengkap

Lengkapilah bisnis kuliner Anda dengan fasilitas umum yang bisa digunakan semua pengunjung misalnya tempat ibadah, toilet, parkiran yang luas, wifi, dan lain sebagainya. Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung ini pasti membuat pengunjung lama akan datang lagi ke tempat Anda.

Fasilitas yang lengkap membuat pengunjung bahagia saat mengunjungi rumah makan Anda. Kebahagian tersebut akan diberitahukan kepada teman sejawatnya dan ke orang lain. Word of Mouth itulah yang akan menguntungkan bisnis kuliner Anda.

Bila perlu tingkatkan fasilitas usaha kuliner Anda dengan menambahkan ruang meeting, VIP room, dan lain sebagainya. Itulah yang membuat rumah makan Anda akan digunakan untuk tempat perkumpulan.

4. Selalu Menjaga Kebersihan

Kebersihan bisa meliputi fasilitas di rumah makan dan bahan makan yang pilih. Kebersihan tersebut akan menunjang kenyamanan pengunjung saat berkunjung di waktu yang cukup lama.

Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung ini bisa dilakukan dengan cara menyediakan tempat sampah di beberapa sudut. Hal ini untuk memudahkan pengunjung saat ingin buang sampah tanpa perlu berjalan jauh.

Kebersihan lantai, meja, dan kursi rumah makan harus dilakukan. Ini juga menunjang kenyamanan mereka saat menyantap makanan di rumah makan Anda.

Kemudian sediakan tisu dan handsanitizer setiap meja makan. Itulah yang membuat semua pengunjung bisa menjaga kebersihan disetiap individu.

5. Menjaga Kualitas Dagangan

Tingkatkan kualitas dagangan Anda dengan memilih bahan baku yang terbaik dari supplier yang terpercaya. Gunakanlah bahan baku yang segar dan hindari bahan baku yang sudah dibekukan sebelumnya.

Suhu yang terlalu dingin bisa merusak vitamin-vitamin yang terkandung. Suhu yang dingin juga mengubah tekstur dari bahan tersebut sehingga akan mengganggu cita rasa makanan saat diolah.

Perhatikan pula dengan takaran bumbu yang dibuat. Agar kualitasnya terjaga dan cita rasa tidak berubah, buatlah catatan takaran pada setiap menu makanan agar dapat dibaca saat lupa. Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung ini harus dilakukan setiap hari dan jangan sampai terlewatkan.

6. Perhatikan Harganya

Harga yang murah disukai oleh masyrakat Indonesia. Tapi tidak selamanya harga murah itu membuat rumah makan Anda ramai pengunjung. Bisa jadi mereka curiga dengan harga murah yang Anda tawarkan.

Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung yaitu cobalah untuk realistis untuk menentukan harga yang pantas. Bahan baku yang segar lebih mahal daripada bahan baku yang sudah cukup lama.

Maka dari itu ada tips khusus saat ingin menentuan harga jual yang pantas untuk makanan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor memasang harga jualan sebagai berikut:

  • Ketahui segmentasi pelanggan.
  • Lihat harga dari kompetitor.
  • Tentukan keuntungan yang kamu ambil melalui rumus: harga = modal + (persen keuntungan x modal).

7. Lakukan Promosi

Jangan khawatir mengeluarkan uang saat bisnis Anda masih pemula. Keluarkan uang untuk melakukan promosi sebagai tips usaha kuliner agar banyak pengunjung. Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Gunakan diskon dan promo di waktu khusus.
  • Pasang iklan di media sosial.

Jadi, sudahkah Anda menyiapkan budget untuk melakukan kedua hal tersebut?

8. Kerjasama dengan Beberapa Pihak

Gandenglah beberap pihak untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda sebagai tips usaha kuliner agar banyak pengunjung. Pastikan pihak-pihak tersebut berhubungan dengan pihak pelanggan Anda.

Kerja sama yang dilakukan oleh usaha kuliner biasanya bekerja sama dengan pihak tour anda travel. Kerja sama ini bertujuan untuk menjadi rumah makan Anda menjadi destinasi makan bersama oleh klien dari tour and travel itu.

Kerja sama lainnya yang perlu diperimbangkan adalah lembaga pemerintahan dan organisasi lainnya. Rumah makan Anda menjadi pemasok kebutuhan makanan untuk mereka saat acara tertentu.

Jangan lupa sediakan stempel rumah makan sebagai identitas dikotak nasi tersebut.

9. Pilih Tempat yang Strategis

Tips usaha kuliner agar banyak pengunjung ini boleh dipertimbangkan. Semakin strategis maka semakin mudah pula pengunjung menemukan lokasi bisnis makanan Anda.

Lokasi strategis bisa terlihat dari beberapa poin misalnya sebagai berikut:

  • Mudah dilihat orang-orang yang melintas.
  • Aksesnya lebih mudah.
  • Perizinan yang kooperatif dengan pihak pemilik maupun tetangga di sekitar.
  • Tentukan wilayah berjualan yang memang sesuai dengan target konsumen kamu.
  • Hindari pembangunan usaha kuliner pinggir jalan di dekat pembuangan limbah atau sampah.

Ayo Bisnis Kuliner Pakai Cap Gajah

Ada satu hal yang tidak boleh ketinggalan saat ingin usaha kuliner yaitu menggunakankertas bungkus nasi yang berkualitas. Kertas nasi Cap Gajah adalah jenis kertas nasi yang berkualitas dan cocok untuk usaha bisnis kuliner.

Terdapat dua jenis kertas nasi cap gajah yang bisa untuk bisnis kuliner adalah Laminated Wrapping Kraft (LWK) dan Laminated Machined Glazed (LMG).

Dengan memiliki kertas nasi Cap Gajah maka Anda juga telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan dari limbah plastik. Ity karena kertas nasi Cap Gajah menggunakan teknologi Oxium yang mudah terurai.

Jadikan bisnis kuliner yang ramah lingkungan bersama kertas nasi cap gajah.

    Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 04 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer