Tips Wajan Anti Lengket Dengan 7 Bahan Alami Sekitar Kita


 

Libur nasional jadi momen kebersamaan keluarga sehingga Anda pun berinsiatif untuk membuatkan mereka hidangan yang istimewa. Anda pun menyiapkan bahan baku serta penggorengan atau wajan yang dingin digunakan. Sebelum mulai memasak, pastikan wajan dalam keadaan anti lengket dengan mengikuti tips wajan anti lengket sederhana di artikel ini.

Tips ini penting dilakukan bila Anda hanya memiliki wajan yang tidak dibekali kemampuan anti lengket. Daripada membeli wajan baru, lebih baik lakukanlah tips-tips yang berikut ini. Dengan tips ini Anda tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli wajan baru.

Setelah menerapkan tips-tips ini, jangan lupa menyeka permukaan wajan dengan menggunakan tisu yang tepat. Oleh karena itu artikel ini akan dilengkapi dengan informas merek tisu yang tepat untuk digunakan. Inilah penjelasan selengkapnya

Begini Tips Wajan Anti Lengket yang Harus Ditiru

Agar wajan tidak lengket saat digunakan, lakukanlah tips wajan anti lengket dengan menggunakan beberapa benda yang berikut ini:

1. Cuka

Cuka jadi cairan untuk membantu wajan agar tidak lengket. Tips wajan anti lengket dengan cuka yaitu mencampurkannya dengan air. Kemudian nyalakan kompor dan tuang air ke dalam wajan yang ingin digunakan.

Setelah itu, tuangkan sebotol cuka meja atau cuka dapur dan rebus hingga mendidih. Jika kedua larutan tersebut sudah mendidih, matikan kompor dan buang air rebusan itu.

Tahapan akhir yaitu mencuci wajan menggunakan sabun cuci piring. Gunakanlah spons yang permukannya halus agar meminimalisir goresan di permukaan wajan.

Terakhir, bilaslah menggunakan air mengalir. Akhirnya wajan bisa digunakan untuk memasak.

2. Minyak Goreng

Menggunakan minyak goreng jadi tips wajan anti lengket yang paling banyak digunakan. Jenis minyak yang digunakan adalah minyak goreng.

Tips mengoleskan minyak ke permukaan panci kerap disebut dengan seasoning wok. Oleh karena itu caranya pun tidak jauh berbeda ketika melakukan seasoning wajan atau seasoning wok.

Pertama-tama kecilkan api. Kemudian tuangkan minyak sedit saja. Selanjutnya oleskan minyak ke seluruh permukaan wajan. Barulah memasukan bahan masakan ke dalam wajan.

Ulangi langkah tersebut ketika ingin memasak. Agar permukaan wajan selalu licin dan tidak lengket.

3. Air

Selain minyak, tips wajan anti lengket juga dapat menggunakan air. Pertama-tama, panaskan wajan selama 5 -15 menit sampai benar-benar panas.

Kemudian matikan api dan tuangkan setidaknya satu gelas air. Gyoyangkan wajan hingga air membasahi seluruh permukaan panci. Setelah itu buang air dan panci pun bisa digunakan dan bebas lengket.

4. Kunyit

Tips wajan anti lengket juga bisa menggunakan potongan kunit. Mula-mula sisir kulit kunyit. Kemudian potong-potong kunyit tersebut.

Setelah itu potongan kunyit digosokkan ke permukaan wajan. Cara ini harus dilakukan sebelum Anda mulai menggoreng dengan wajan tersebut.

Setelah dirasa cukup merata, baru tuangkan minyak goreng untuk menggoreng bahan makanan yang Anda inginkan.

Ternyata selain membuat permukaan wajan tidak lengket, fungsi kunyit adalah untuk menghilangkan bau amis di wajan. Biasanya bau tersebut ada sulit menghilang jika tidak dibersihkan dengan benar.

5. Garam

Garam barang didapur yang termasuk ke dalam tips wajan anti lengket berikutnya. Caranya mudah mula-mula panaskan wajan selama 5 menit dengan api sedang. Setelah itu taburkan garam secara merata ke dalam wajan.

Tekan-tekan garam secara hati-hati menggunakan spatula. Lakukanlah penekanan tersebut ke semua permukaan wajan.

Setelah butiran garam menempel di permukaan wajan, biarkanlah sejenak. Setelah itu oleskan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan ke permukaan wajan. Kemudian masukan wajan ke dalam oven selama satu jam dengan suhu 162 derajat celcius.

Setelah itu keluarkan wajan dan biarkan suhunya mendingin. Barulah wajan bisa digunakan.

6. Parutan Kelapa

Bekas parutan kelapa atau ampas parutan kelapa jadi barang yang digunakan pada tips wajan anti lengket. Hal itu karena ampas kelapa parut dipercaya mengandung minyak alami sehingga dapat dimanfaatkan untuk melincinkan permukaan wajan.

Ampas kelapa parut dimasukan ke dalam wajan, lalu sangrai hingga warnanya berubah kecoklatan. Pada tahapan ini pastikan ampas kelapa parut terkena setiap sisi permukaan wajan. Hal itu agar permukaan-permukaan tersebut terkena minyak alami dari ampas kelapa sehingga menjadikannya lebih licin.

Bila perlu ulangi cara ini beberapa kali. Gunanya agar semakin banyak minyak yang menempel dipermukaan wajan dan menjadikannya licin.

7. Bawang Merah

Tips wajan anti lengket terakhir bisa menggunakan bawang merah. Mula-mula bawang merah dipotong kemudian ditumis. Setelah itu tumisan bawang dipindahkan ke tempat yang disiapkan kemudian masukan bahas masakan yang ingin diolah.

Sisa gorengan bawang merah dipercaya mampu mengurangi permukaan wajan yang lengket. Selain itu potongan bawang merah berguna untuk mengurangi bau tidak sedap dari penggorengan.

Jaga Wajah Agar Tidak Lengket Bersama Plenty

Hasilkan makanan kesukaan anggota keluarga dengan menggunakan wajan yang tidak lengket. Tak perlu beli baru, cukup lakukan tips wajan anti lengket dengan bahan-bahan di atas.

Setelah menggunakan benda-benda tersebut, sebaiknya bersihkan lagi dengan tisu yang tepat. Tisu itu harus kuat dan berdaya serap tinggi agar kebersihan wajan pun terjaga. Tisu yang bantu agar wajan tidak lengket adalah tisu dapur merek Plenty.

Ketebalan 2 Ply serta emboss yang rata membuatnya berdaya serap tinggi serta kuat sehingga dapat membantunya untuk menghilangkan cairan ataupun serbuk untuk menghasilkan panci anti lengket.

Siapkan tisu dapur plenty agar memasak hidangan favorit di rumah saja.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 07 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer