Inilah 8 Alasan Warung Nasi Padang Ada Dimana-mana


 

Eksistensi warung nasi padang tidak hanya di Indonesia. Sekarang sudah banyak warung nasi padang yang ada di luar negeri. Hal itu menunjukan bahwa warung nasi padang ada dimana-mana, lantas mengapa demikian?

Pertanyaan itu mungkin sempat terlintas dibnak Anda. Tak mengherankan pertanyaan itu muncul karena banyak sekali restoran nasi padang yang semakin berkembang. Apalagi beberapa orang terkenal di Indonesia pun punya warung makan padang yang semakin hitas saat ini. Itulah yang menambah kepopuleran warung nasi padang dimana saja.

Baca Juga: Rekomendasi Rumah Makan Padang di 4 Kota Besar Indonesia

Alasan Warung Nasi Padang Ada Dimana-mana

Pertanyaan itu akan dijawab melalui artikel ini. Inilah yang akan Anda ketahui dengan mengetahuinya di artikel ini.

1. Masyarakat Minang Suka Merantau

Alasan mengapa warung nasi apdang ada dimana-mana karena masyarakat Minang punya "hobi" yaitu merantau. Mereka tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Kebiasan itu mereka mulai sejak usia muda atas dasar yang beraneka ragam. Mulai dari pendidikan, sampai ketujuan ekonomi.

2. Orang Minang Hobi Berdagang

Pada dasarnya, restoran Padang adalah bisnis yang biasa di kalangan orang Minang yang merantau. Orang Minang terkenal sebagai pebisnis yang handal. Tak mengherankan jika Anda menemukan warung nasi padang ada dimana-mana. Itu adalah bentuk perwujudan mereka sebagai seseorang yang jadi pebisnis yang aktif.

3. Nasi Padang Cocok untuk Semua Lidah Indonesia

Indonesia suka dengan rasa dari masakan padang lkarena menggunakan rempah-rempah yang cukup banyak. Bahkan kelezatan makanan tersebut juga disukai oleh orang asing. Itulah alasan mengapa warung nasi padang ada dimana-mana bahkan hingga ke luar negeri.

4. Banyak Pesaing

Setiap warung makan padang berlomba-lomba untuk mendapatkan hati pelanggannya. Bahkan setiap warung makan pun menawarkan hidangan yang khas yang tidak daopat didapatkan di restoran lainnaya. Itulah yang membuat warung nasi padang ada dimana-mana.

Disamping itu, banyaknya restoran nasi padang membuat para pelanggannya punya banyak pilihan. Itulah mengapa nasi padang semakin banyak digemari dan tdidak akan pernah mati.

5. Harga yang Relatif Terjangkau

Bayangkan saja, lauk sekomplit nasi padang dijual dengan harga yang terjangkau. Padahal para penjual nasi padang memberikan nasi yang cukup banyak. Maka dari itu warung nasi padang ada dimana-mana karena karena cocok untuk semua kalangan.

Baca Juga:  Alasan Telur Dadar Padang Tebal Serta Tips Pembuatannya

Ciri-Ciri Rumah Makan Padang yang Asli

Meskipun sudah tersebar dimana-mana akan tetapi reoran nasi padang tersebut ada yang asli dan juga ada yang palsu. Hal itulah yang yang membuat kita waspada untuk membedakan rumah makan padang asli dengan rumah makan padang palsu yang seperti berikut ini.

1. Rasa Rendang

Ciri rumah makan padang yang asli rasanya sedikit pedas dan tidak manis. Penyajian rasa itu dipilih karena orang padang asli tidak akan memask rendah yang kuah atau pun yang rasanya manis.

2. Rasa Sambel Ijo dan Merah

Sambal ijo dan sambal merah adalah jenis sambal yang banyak digunakan di warung nasi padang. Kedua rasa sambal itu sangat pedas sehingga rasanya cenderung nyelekit.

Sambal ijo pakai campuran cabai hijau dan bawang yang diulek. Sementara sambal merah di warung makan padang asli menggunakan campuran tumis teri, tumis kentang, dengan campuran bumbu dan ditumis bersama bahan hingga kering. Itulah yang menjadi ciri rumah makan padang yang asli terlihat dari sambal yang digunakan.

3. Rasa Jeroan

Ciri rumah makan padang yang asli pasti menyediakan olahan jeroan yang empuk, tidak bau, dan pastinya nikmat. Olahan jeroan di warung nasi padang yang asli biasanya meliputi: Gulai Tambunsu, Gulai Cancang, Gulai Banak, Gulai Babek, dan Randang Paru.

Menggunakan rempah-rempah yang banyak dan pedas membuatnya terasa nikmat. Apalagi dicampurkan dengan nasi yang hangat.

4. Tidak Menyediakan Lauk Ikan Lele

Ikan lele jadi olahan yang tidak mungkin ada di warung nasi padang yang asli. Umumnya ciri warung makan padang yang asli selalu menyediakan oalahan ikan laut, atau beberapa ikan air tawar misalnya ikan mas, ikan nila, ikan gurame, dan ikan patin.

Biasanya ikan laut dan ikan air tawar itu diolah menjadi gulai. Kuah dari santan kental yang sedikit pedas membuatnya digemari oleh banyak orang.

5. Rasa Teh Manis

Ciri rumah makan padang yang asli pasti menggunakan variasi teh yang berbeda. Teh di warung makan padang yang asli rasanya pahit dan brwarna coklat pekat.

Itu dapat mudah dibedakan dengan teh-teh yang dipakai pada warung makan padang yang palsu. Umumnya mereka hanya menggunakan teh ceklup yang banyak dipakai di warung-warung makan.

6. Rasanya Lebih Mahal

Warung nasi padang yang asli akan memberikan harga lauk-pauk yang lebih mahal. Ciri rumah makan padang yang asli ini ada karena mereka menggunakan bahan baku bumbu dan lauk-pauk yang premium..

Selain itu mereka pun cukup royal untuik memberikan bumbu dan potongan lauk yang cukup besar. Maka tak heran rasanya yang cukup lezat dan pembelinya pun akan terpuaskan.

7. Tektur Gulai yang Berbeda

Dikarenakan penggunakan bahan baku dan rempah-rempah yang terbaik dengan demikian hasiljnya pun tidak mengecewakan. Rasa itu dapat dirasakan pada salah satu lauk autentik nasi padang yaitu gulai.

Kuah gulai di warung nasi padang yang asli sangat kental dan berwarna pekat. Tekstur yang kental itu didapatkan dari penggunaan santan yang cukup melimpah. Dengan kekentalan tersebut menghasilkan rasa yang gurih dari santan yang menambah kenikmatan saat dimakan.

Sementara warna pekat itu berasl dari penggunaan rempah-rempah yang sangat banyak. Dengan demikian rasanya akan lebih nikmat apalagi ditambah dengan kuah yang kental.

8. Pelayannya Pasti laki-laki

Nasi padang yang asli akan dilayani oleh pelayan laki-laki. Meskipun demikian perempuan masih dibutuhkan pada saat warung nasi padang. Akan tetapi perempuan di warung nasi padang bertugas untuk memasak.

Itulah yang akan tampak dari warung nasi padang yang asli. Dengan demikian jangan terkecoh dengan penamaan warung nasi padang yang menggunakan kata-kata asli. Padahal yang menyajikan adalah perempuan. Pernah menemukannya?

Merek Kertas Bungkus yang Dipakai Warung Nasi Padang Asli

Nasi padang selaluidentik dengan banyak lauk. Dengan demikian pedagang nasi padang memerlukan kertas nasi yang kuat dan tahan. Dengan demikian mereka memilih kertas nasi dengan merek yang berkualitas.

Merek kertas bungkus nasi yang dipake adalah kertas nasi Cap Gajah. Merek tersebut sudah didipakai oleh banyak pedagang nasi tidak hanya nasi padang. Itu membuktikan bahwa kertas nasi Cap Gajah mampu digunakan untuk bungkus apapun makannya.

Kertas bungkus itu juga bisa digunakan untuk membungkus makanan yang lainnya. Dengan demikian kertas bungkus Cap Gajah cocok untuk simpanan di rumah.

Anda pun dapat memilikinya dengan berbelanja di sini:

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 05 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer