20 Makanan Khas Makassar yang Kelezatannya Tak Tertandingi


 

Layaknya daerah nusantara yang lainnya, Makassar punya aneka makanan yang nikmat dan menggugah selera. Bahkan sebanyak 20 makanan khas makassar yang wajib dicoba ketika Anda ketika mengunjungi kota tersebut.

20 termasuk jumlah yang sangat banyak bagi suatu tempat yang memiliki makanan khas. Hal itu membuktikan bahwa Kota Makassar termasuk drekomendasi tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi jika Anda punya waktu luang.

Bila perlu sempatkan waktu Anda untuk mencicipi aneka makanan itu angsung di warungnya. Di atas meja makanannya akan disediakan salah satu jenis tisu untuk mengusap area bibir setelah menikmatinya. Anda akan mengetahuinya di akhir artikel ini.

Sebanyak 20 Makanan Khas Makassar yang Wajib Dicoba

Sempatkanlah waktu Anda untuk mencoba 20 makanan khas makassar ini. Seluruhnya dijamin lezat dan pasti ketagihan untuk mencobanya lagi

1. Bebek Palekko

Bebek palekko merupakan hidangan yang termasuk 20 makanan khas makassar yang berbahan dasar daging bebek yang rasanya gurih dan pedas dari rempah-rempah khas Indonesia.

Olahan bebek palekko dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga kuahnya mengental. Maka tak heran jika harga bebek palekko cukup terjangkau dan sesuai dengan kenikmatan yang ditawarkan.

2. Burasa

Burasa adalah makanan khas Makassar yang mirip lontong karena dimasak menggunakan daun pisang dan diikat. Namun burasa punya rasa yang gurih berbeda dengan lontong pada umumnya. Hal itu karena burasa terbuat dari beras yang dimasak dengan santan yang dibungkus dan dikukus hingga matang

Bentuk burasa ini agak pipih dan tidak berbentuk bulat sempurna.

3. Coto Makassar

coto mksr

Coto Makassar dibuat dari rebusan daging, jeroan, dan berbagai rempah-rempah. Coto makassar layak dimasukan ke dalam 20 makanan khas makassar yang wajib dicoba karena cita rasanya yang gurih dan berbeda dengan soto-soto pada umumnya.

Coto Makassar biasanya disantap bersama ketupat yang dibungkus dalam daun kelapa yang disebut buras atau burasa. Hidangan ini merupakan warisan budaya yang telah diturunkan dari generasi ke generasi di wilayah Makassar dan sekitarnya.

4. Gogoso

Jika burasa termasuk dalam 20 makanan khas makassarciri khas yang menyerupai lontong. Sedangkan gogoso adalah makanan di makassar yang bentuknya seperti lemper.

Gogoso terbuat dari beras ketan putih yang dimasak dengan santan. Setelah itu dipanggang di atas bara api hingga kecoklatan.

Setelah matang, gogoso disajikan dengan lauk ikan tongkol suwir yang dimasak dengan aneka bumbu.

5. Jalangkote

Makanan yang masuk dalam 20 makanan khas Makassar yang wajib dinikmati yaitu Jalangkota yang mirip dengan pastel.

Meskipun mirip namun Jalangkote dan  pastel punya perbedaan dari kulit yang digunakan. Jalangkota punya kulit yang lebih tipis daripada pastel. Selain itu isian Jalangkote yaitu daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan tauge.

6. Juku pallu ce'la

Juku pallu ce'la adalah hidangan yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan garam. Cita rasa Juku pallu ce'la yaitu asin dan sedikit asam dari aneka rempah yang digunakan.

Jenis-jenis ikan yang dapat diolah menjadi Juku pallu ce'la adalah cakalang, layang, boku, atau tembang. Ikan-ikan itu punya daging yang tebal sehingga lebih nikmat saat diolah.

7. Kapurung

Tepung sagu juga bisa diolah menjadi masakan yang termasuk 20 makanan khas makassar yang wajib dicoba. Kapurung adalah makanan dari makassar yang dimakan bersama kuah saus kacang.

Kapurung menggunakan aneka campuran yang kaya vitamin dan serat. Isian kapurung umumnya adalah sayuran hijau, daging ayam, daging sapi, hingga aneka seafood.

8.Kue Dange

Secara penampilan, camilan ini mirip dengan pukis karena menggunakan cetakan yang sama. Namun, kudapan ini terbuat dari campuran gula merah, tepung ketan hitam, gram, dan kelapa parut. Bahan-bahan ini menciptakan cita rasa yang unik dan lezat saat dinikmati.

Kami masukan kue dange dalam 20 makanan khas makassar yang patut dinikmati. Rasa manis yang tidak eneg di kue dange membuat Anda ketagihan.

9. Konro Bakar

konro bkr

Konro bakar merupakan hidangan tradisional dari makassar yang berbahan utama Iga Sapi yang dipanggang dengan bumbu khusus. Konro bakar punya rasa yang pedas, manis, dan gurih yang sempurna. Rempah-rempah yang meresap ke dalam daging iga memberikan cita rasa yang khas dan membuat setiap gigitan menjadi nikmat.

10. Laksa Makassar

Laksa makassar sama dengan laksa pada umumnya. Makanan ini cocok dijamin mengenyangkan karena dicampur dengan bihun dan tauge beserta potongan daging seafood..

11. Mie Kering

Mie Kering adalah satu-satu makanan yang masuk dalam 20 makanan khas makassar yang terbuat dari mie yang wajib dicoba. Kenikmatan mie keriting khas makassar berasal dari kuah panas yang kental yang diisi dengan potongan daging ayam, udang, bakso, dan sawi.

12.  Pallubasa

Coto makassar dan pallubasa termasuk dalam 20 makanan khas makasar yang berbahan baku dari jeroan sapi. Nama "pallubasa" berasal dari kata "pallu" yang berarti memasak dan "basa" yang berarti basah atau kuah. Dengan demikian makanan khas makassar yang berkuah.

Pallubasa dimasak dengan campuran rempah hingga kuah menjadi kental dan berwarna kuning. Hidangan ini biasanya disajikan dengan telur ayam kampung yang sering disebut sebagai alas.

13. Pallumara

Pallumara tergolong ke dalam 20 makanan khas makassar yang berbahan utama dari ikan sebagai bahan utamanya. Dalam bahasa Makassar, "pallu" berarti memasak, sedangkan "mara" berarti kering atau kental. Terbuat dari asam jawa, rempah-rempah khas, dan kuah yang kental, pallumara menciptakan cita rasa yang khas dan mengundang selera.

14. Pisang Epe

pisang epe

Pisang Epe adalah hidangan khas makassar yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar dan kemudian dipipihkan dengan penjepit kayu "epe".

Proses ini memberi keunikan tersendiri pada Pisang Epe, menjadikannya salah satu ikon kuliner Kota Makassar. Pisang Epe dapat dengan mudah dinikmati di Pantai Losari di Makassar.

15. Putu Cangkir

Putu cangkir termasuk dalam 20 khas Makassar yang direkomendasikan untuk dicoba karena rasanya yang gurih dan manis dari gula merah. Putu cangkir diisi dengan kelapa parut sehingga ketika digigit makanan ini terasa gurih dari kelapa muda parut yang digunakan.

Makanan ini disebut putu cangkir karena bentuknya seoerti bagian bawah cangkir jika dibalik. Makanan ini akan lebih nikmat jika dinikmati dengan secangkir teh dan kopi hangat.

16. Sop Konro

Sop Konro terbuat dari daging iga sapi yang direbus dalam kuah kaldu yang kaya rasa. Setelah itu kuah kaldu tersebut diberi tambahan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, jahe, dan kayu manis. Penggunaan bumbu-bumbu ini memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan. Dengan daging iga sapi yang empuk, kuah kaldu yang kaya, dan perpaduan rempah-rempah yang menggoda, hidangan ini mampu memikat hati dan selera siapa pun yang mencobanya.

17. Sop Saudara

sop saudara

Sop Saudara adalah hidangan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan segar dan rempah khas. Sop ini terkenal karena cita rasanya yang kaya dan gurih.

Sop Saudara Makassar terbuat dari daging sapi yang empuk. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, serta rempah tradisional seperti kayu manis dan cengkeh memberikan cita rasa yang unik pada hidangan ini. Sop ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan dapat ditambahkan sambal sebagai pelengkap.

18. Songkolo

Songkolo adalah 20 makanan khas makassar yang wsjib dinikmati karena rasanya yang gurih karena terbuat dari beras ketan hitam yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang di atas bara api.

Di Makassar, songkolo sering ditemui di pasar-pasar jajanan pagi hari. Makanan ini biasanya disantap bersama telur asin atau dicelupkan ke dalam sambal cabai keriting.

19. Sop Ubi

Jika biasanya ubi hanya diolah menjadi camilan manis, di Makassar terdapat kuliner khas yang menggunakan ubi sebagai bahan dasar. Makanan ini berupa hidangan sup yang terdiri dari ubi, tauge, bihun, daging, dan telur.

20. Taripang

Makanan khas Makassar banyak yang bercita rasa manis. Makanan manis yang masuk dalam daftar nama dari 20 makanan khas makassar yang wajib dicoba yaitu taripang.

Kue taripang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.Dengan begitu kapanpun Anda mudah menemukannya apalagi saat ingin menikmatinya bersama secangkit koopi dan teh hangat.

Rasakan Kenikmatan Makanan Khas Makassar Bebas Noda dengan Tissue Multipurpose

Dari 20 makanan khas makassar di atas, kebanyakan yaitu bertektur kuah. Dengan demikian berhati-hatilah saat ingin menikmatinya agar kuahnya tidak menjadi noda di pakaian.

Untuk mengantisipasinya maka disajikan tisu khusus di atas meja makan. Tisu tersebut dapat digunakan untuk mengusap area bibir karena lembut tanpa menimbulkan iritasi.

Tisu di atas meja makan itu adalah Tissue Multi Purpose. See-U adalah merek tissue Multi Purpose yang dipercaya oleh warung makan seluruh Indonesia

Tissue See-U #HapusNodamu setelah menikmati kelezatan makanan khas makassar

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 20 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer