14 Alat Makan di Restoran Fine Dining yang paling Eksklusif



 

Fine Dining menjadi acara makan yang terkenal istimewa karena menawarkan menu makanan yang eksklusif. Tidak hanya itu, alat makan di restoran fine dining pun berbeda dari biasanya.

Alat-alat tersebut meliputi sendok, garpu, piring, pisau, mangkok, dan gelas. Sekilas peralatan tersebut biasa digunakan untuk menikmati makanan. Namun peralatan tersebut tentu berbeda saat digunakan dalam restoran yang eksklusif.

Oleh karena itu kenalilah seluruh alat-alat makan di restoran fine dining sebagai berikut:

1.  Service Plate

*gambar*

Alat makan di restoran fine dining ini termasuk dalam piring utama yang berada di tengah susunan alat makan. Lebih tepatnya service pplate diletakkan diantara sendok, pisau, dan garpu.

Jenis piring di fine dining ini digunakan untuk  menyajikan menu utama. Biasanya, makanan utama pada fine dining meliputi makanan olahan daging dan ikan.

2.  Butter plate

Butter plate adalah salah satu alat makan di restoran fine dining berbentuk piring. Butter plate digunakan untuk meletakkan roti untuk sajian pembuka.

Biasanya buteer place diletakkan pada bagian atas kiri susunan alat makan.

Butter plate berbentuk kecil karena digunakan untuk meletakkan roti.

3. Butter Knife

Alat makan di restoran fine dining ini menjadi pendamping butter plate. Butter knife diletakkan tepat di atas butter plate.

Butter knife diletakkan dengan posisi yang tegak lurus atau sejajar dengan tepi meja. Alat makan ini digunakan untuk mengoleskan mentega ke atas roti yang ingin di santap.

4.  Fish fork

Garpu Ikan adalah alat makan di restoran fine dining yang digunakan untuk menyantap olahan ikan. Fish fork terletak di paling kiri dari susunan garpu.

Namun susunan tersebut akan berbeda jika olahan ikan idsajikan sebagai menu utama. Jika demikian fish fork akan diletakkan tepat di kiri service plate. Akan tetapi jika olahan ikan bukan termasuk menu utama, jenis gapu ini akan diletakkan di sebelah kiri dinner fork.

5.  Dinner fork

*gambar*

Dinner fork digunakan untuk menyantap menu utama . Sama halnya dengan fish fork, letak fdinner fork bisa jadi berubah-ubah.

Jika tamu memesan salad, maka garpu ini akan diletakkan ditengah fish fork dan salad fork. Akan tetapi jika salad tidak dipesan maka dinner fork akan diletakkan persis di kiri service plate.

6.  Salad Fork

Garpu ini khusus digunakan untuk menyantap salad dan hanya ada bila tamu memesan salad. Ternyata peletakan garpu ini juga menyesuaikan dengan waktu penyajian salad.

Ketika salad disajikan sebelum makanan utama, letakkan akan di sebelah kiri dinner fork. Sebaliknya, salad fork terletak di kanan dinner fork yang terletak di sebelah kiri service plate.

7.  Soup spoon

Soup Spoon adalah alat makan di restoran fine dining yang terletak di paling kanan susunan pisau. Perlu Anda tahu bahwa susunan pisau di fine dining biasanya terletak di sebelah kanan service plate.

Soup Spoon hanya digunakan untuk bantu menyantap sup yang disediakan. Biasanya sup di fne dining disediakan seblum penyajian hidangan utama.

8.  Fish knife

Fish Knife adalah alat makan di restoran fine dining yang letaknya diantara soup sponn dan dinner knife. Kebalikan dari fish fork, fish knife dterletak di kanan service plate jika menu utamanyaadalah olahan ikan.

Menikmati olahan ikan menjadi lebih muah berkat bantuan "pisau ikan". Alat ini akan memotong olahan tersebut menjadi bagian yang lebih kecil.

9.  Dinner knife

Sementara dinner knife berfungsi untuk memotong makanan yang berukuran besar. Uniknya, pemakaian dinner knife dibedakan sesuai dengan tipe acara yang diselenggarakan.

Pada acara informal, dinner knife difungsikan untuk memorong salad dan hidangan utama. Sementara di acara formal, dinner knife lebih baik digunakan untuk memotong hidangan utama saja.

10. Desert Forkdan Dessert Spoon

Alat makan di restoran fine dining  ini adalah sepasang sendok dan garpu yang digunakan untuk menyantap menu penutup.

Sepasang sendok dan garpu untuk dessert ini diletakkan sejajar di atas service plate namun arahnya yang berlawanan. Sendok diletakkan di bawah garpu  dan menghadap kanan. Sedangkan garpu diletakkan menghadap ke kanan.

11.  Water glass

Water glass adalah gelas air yang letaknya di atas susunan pisau makan. Peletakkan tersebut diikuti dengan susunan gelas lainnya.

Water glass adalah gelas untuk menaruh air putih sebelum hidangan datang.

12.  Champagne glass

Gleas ini digunkana untuk menuangkan minuman sampanye. Ukurannya lebih tinggi daripada water glass. Selain itu posisi alat makan di restoran fine dining ini berada antara water glass dan wine glass.

13.  Red dan White wine glass

Ukuran gelas ini terlihat agak bulat dan lebar yang membuatnya dapat ditangkup dengan jari tangan. Baik Red dan White Wine, ukuran gelasnya sama. Hanya saja yang membedakan adalah letak dari kedua gelas tersebut.

White Wine glass berada di kanan champagne glass. Sementara red wine Glass berada tepat di sebelah white wine glass.

14.  Sherry glass

Ukuran gelas ini cenderung lebih pendek daripada gelas yang lainnya. Sherry glass diletakkan di sebelah kanan gelas anggur (White dan Red Wine Glass).

Sheery Glass digunakan untuk sajian sebelum seup.

Lebih Lengkap dengan Tissue Napkin

Selain 14 alat maka di restoran fine dining yang sudah kami sebutkan, ada satu peralatan yang harus ada di atas meja yaitu tissue. Namun tidak sembarang tissue cukup pantas diletakkan di atas meja retoran.

Pastikan tissue untuk fine dining digunakan untuk menyeka kotoran area bibir. Kemudian tissue untuk fine dining bisa digunakan untuk menutupi baju agar tida terkena percikan kotoran. Bahkan ada pun fungsi tissue fine dining lainnya adalah sebagai tatakan cangkir saat malakukan fine dining.

Fungsi-fungsi tersebut bisa dilakukan dengan 3 (tiga) jenis tissue napkin atau tissue fine dining, yaitu: Dinner Napkin, Luncheon, dan Cocktail Napkin.

Plenty dan See U adalah merek tissue napkin yang menyediakan ketiga jenis tissue napkin yang disebutkan tersebut kami sediakan untuk digunakan oleh semua restoran eksklusif. Kami menggunakan kualitas yang terbaik sehingga para penggunanya akan merasa nyaman saat menggunakan tissue Plenty dan See U.

Oleh karena itu kenali alat makan itu dan kenali tissue untuk fine dining terbaik merek Plenty dan See U. Sudahkah Anda menemukannya?Referensi:

Referensi:

www.pinhome.id
www.kompas.com
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 19 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer