Perusahaan Sustainable di Indonesia | Indonesia's Sustainable Paper Company


 

Sebagai perusahaan Sustainable di Indonesia, PT Suparma Tbk telah menjadi pelopor dalam menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan.

Perusahaan menyadari pentingnya tiga pilar Sustainability dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab yang berfokus pada lingkungan, sosial, dan ekonomi demi menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Melalui berbagai inisiatif, perusahaan PT Suparma Tbk akan selalu berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, meningkatkan kesejahteraan karyawan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat yang mana hal itu termasuk ke dalam pengertian luas dari Sustainability.

Kenali PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainable Paper Company melalui artikel yang berikut ini:

Apa Itu Sustainability?

Apa itu Sustainability? Sustainability adalah sebuah konsep pembangunan ekonomi yang memperhatikan pengendalian dampak operasi perusahaan dalam berbagai aspek meliputi efisiensi energi, konsumsi yang berkelanjutan, pengelolaan lingkungan dan isu terkait dalam praktek bisnis yang bertanggung jawab.

Konsep keberlanjutan merujuk pada suatu keadaan dimana kebutuhan-kebutuhan secara global telah terpenuhi tanpa harus mengorbankan kemampuan generasi mendatang. Dalam proses pemenuhan tersebut maka akan menciptakan keselarasan antara sistem ekonomi dengan isu lingkungan, sosial dan ekonomi.

Oleh karena itu, prinsip dan isu-isu sustainability serta tanggung jawab dalam berbisnis merupakan landasan bagi PT Suparma Tbk untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan agar terciptanya Shared Value bagi semua pihak dapat diwujudkan.

Apa Itu Perusahaan Sustainable?

Apa itu perusahaan sustainable? Perusahaan Sustainable adalah bahasa serapan dari Bahasa Inggris Corporate Sustainability.

Corporate Sustainability atau Perusahaan Sustainability adalah strategi perusahaan menyediakan barang dan jasa secara ramah lingkungan serta mendukung pertumbuhan ekonominya yang memprioritaskan pertumbuhan jangka panjang. Perusahaan Sustainability akan selalu berkomitmen untuk menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab sebagai suatu langkah investasi demi kesejahteraan bumi dan semua pihak yang terlibat dalam proses bisnis diperlakukan secara adil.

Baca Juga: Corporate Sustainability Adalah Apa?

Corporate Sustainability atau Perusahaan Sustainability adalah konsep yang tak terpisahkan dari pengertian keberlanjutan yang mendukung kehidupan dan menjaga keseimbangan planet kita dengan senantiasa memenuhi kebutuhan masa kini, tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di bumi.

Apa Tiga Pilar Sustainability?

Perusahaan Sustainability atau Corporate Sustainability melakukan setiap aktivitasnya berdasarkan tiga pilar Sustainability sebagai berikut ini:

1. Lingkungan

Upaya perusahaan berfokus pada optimalisasi kinerja lingkungan melalui inisiatif seperti pengurangan emisi karbon, pengelolaan limbah yang efektif, efisiensi penggunaan sumber daya air, serta mitigasi dampak negatif terhadap ekosistem.

Pendekatan komprehensif ini tidak hanya sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan global, namun salah satu dari tiga pilar sustainability ini juga berkontribusi signifikan terhadap efisiensi operasional dan keunggulan kompetitif jangka panjang.

2. Sosial

Aspek sosial dalam tiga pilar sustainability yang berfokus pada pengembangan hubungan yang saling menguntungkan dengan seluruh pemangku kepentingan.

Perusahaan berupaya untuk menciptakan nilai bersama melalui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang tinggi, seperti perlakuan adil terhadap karyawan, penghormatan terhadap hak-hak masyarakat dan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.

Investasi dalam pengembangan sumber daya manusia, program kesejahteraan karyawan, serta kegiatan CSR yang berdampak positif pada masyarakat menjadi landasan utama dalam membangun reputasi perusahaan sebagai organisasi yang bertanggung jawab

3. Ekonomi

Pilar ekonomi dalam Sustainability menitikberatkan pada pencapaian kinerja keuangan yang solid tanpa mengkompromikan prinsip-prinsip keberlanjutan. Perusahaan dituntut untuk mengadopsi praktik bisnis yang etis dan transparan, serta menerapkan sistem tata kelola perusahaan yang baik. Hal ini mencakup penerapan standar akuntansi yang berlaku umum, pengelolaan risiko yang proaktif, dan penghindaran konflik kepentingan.

Dengan demikian, perusahaan dapat menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan, baik pemegang saham, karyawan, maupun masyarakat.

PT Suparma Tbk Senantiasa Berupaya Menjadi Corporate Sustainable di Indonesia

Melalui komitmen PT Suparma Tbk terhadap keberlanjutan, Indonesia's Sustainable Paper Company akan terus berupaya membangun ekosistem yang berkelanjutan, di mana perusahaan, konsumen, lingkungan hidup dapat saling melengkapi dan berkembang bersama.

PT Suparma Tbk senantiasa melakukan kolaborasi dan kerjasama yang baik kepada semua pihak yang berkaitan agar cita-cita PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainable Paper Company lewat produk kertas dan tisu berbahan baku ramah lingkungan demi memenuhi kebutuhan seluruh manusia tanpa mengorbankan ekosistem demi terwujudnya lingkungan yang berkelanjutan.

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 05 September 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer