5 Cara Bijak Menggunakan Smartphone Yang Paling Mudah Ditiru



 

Smartphone sudah jadi separuh dari kehidupan masyarakat modern. Apapun bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi ini sehingga banyak aspek yang terbantu dengan adanya smartphone. Agar smarphone membantu Anda secara maksimal, terapkanlah cara bijak menggunakan smartphone seperti pada artikel ini.

Bijak adalah kunci utamamenghindari hal-hal negatif yang disebabkan oleh smarphone. Jika dibiarkan hal itu bisa menyebabkan ketergantungan yang berlebihan dan dampak negatif pada kesehatan dan produktivitas kita.

Cara-cara ini diharapkan dapat diterapkan karena kami telah memastikan bahwa cara ini mudah untuk dilakukan. Berikut ini penjelasan selengkapnya yang bisa ditiru.

1. Memilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Cara bijak menggunakan smartphone yang pertama ini adalah "pintu utama" untuk melrasakan efek yang akan terjadi di kemudian hari. Seringkali kita kerap tergoda  mengunduh banyak aplikasi yang mungkin tidak terlalu berguna bagi Anda. Ini adalah langkah yang kurang bijak karena menyebabkan ruang penyimpanan sehingga memperlambat kinerja smartphone. Inilah langkah-langkah bijak ketika ingin memilih aplikasi untuk smarphone Anda:

1. Ketahui Kebutuhan Anda: Pikirkanlah apa yang ingin Anda raih menggunakan smartphone Anda. Apakah untuk menunjjang produktivitas, mempergiat olahraga, untuk menjadi penjual online, atau hanya membeli barang secara online? Temukan dahulu kebutuhan dasar itu sebelum melakukan langkah cara bijak menggunakan smarphone dalam memilih aplikasi.

2. Periksa Testimoni: Sebelum download aplikasi itu, liatlah ulasan dari pengguna yang pernah memakai aplikasi itu. Lihatlah rating dan komentar mereka terhadap aplikasi itu. Diharapkan pendapat itu dapat memberikan wawasan tentang kualitas aplikasi tersebut.

3. Pilih Aplikasi Resmi: Cara bijak menggunakan smarphone ini menghindari serangan virus yang merugikan karena menyebabkan kerusakan di smarphone Anda. Sumber resmi untuk mengunduh aplikasi sesuai keinginan yaitu seperti Google Play Store bagi pengguna Android dan atau App Store untuk pengguna iOS.

Dengan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan maka smartphone itu akan berfungsi sebagai alat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda.

2. Menghilangkan Aplikasi yang Tidak Begitu Penting

Meskipun ini adalah cara bijak menggunakan smartphone namun berhati-hatilah dalam memutuskan untuk menghilangkan aplikasi tersebut di smartphone Anda. Data dalam aplikasi tersebut kemungkinan akan hilang apabila Anda menghapusnya. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips untuk melakukannya:

1. Evaluasi Penggunaan Aplikasi: Lihatlah daftar aplikasi smartphone dari seberapa sering Anda menggunakannya. Pada aplikasi yang jarak dibuka, pertimbangkanlah untuk menghapusnya.

2. Prioritaskan Kegunaan: Cara bijak menggunakan smartphone adalah ketika bisa menyisihkan aplikasi yang bermanfaat bagi diri sendiri. Hilangkanlah aplikasi yang sekiranya digunakan untuk hiburan semata tanpa memberikan dampak yang signifikan untuk Anda.

3. Cara Bijak Menggunakan Smartphone di Saat Waktu yang Tepat

Jangan seperti yang pernah dilakukan oleh Cinta Mega, seorang Politisi di Indonesia. Tanpa disengaja, Ia tertangkap tangan bermain smartphone ketika mengadakan rapat. Cara bijak menggunakan smartphone ini mampu meningkatkan produktivitas serta menjaga profesionalisme kerja.

Meskipun smartphone sangat penting, namun lakukanlah beberapa cara ini agar smartphone tidak mengganggu aktivitas Anda:

1. Aturlah ke Mode "Do Not Disturb": Aktifkan mode "Do Not Disturb" saat Anda membutuhkan fokus penuh, karena fitur ini mampu mengurangi gangguan dari notofikasi smartphone yang tidak begitu penting.

2. Batas Waktu Layar: Fitur batas waktu layar adalah mematikan mematikan tampilan smartphone agar dapat menghemat baterai. Cara bijak menggunakan smartphone ini lebih baik digunakan ketika memasuki waktu istirahat agar smartphone juga dapat beristirahat.

3.  Jeda Media Sosial: Berselancar di media sosial sangat mengganggu karena dapat menghabiskan banyak waktu. Cobalah untuk menjeda waktu dalam sehari tidak membuka media sosial. Di waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk lebih produktif dalam bekerja dan atau bersama keluarga.

4. Gunakan Smartphone untuk Hal yang Positif

Selain mampu meningkatkan produktivitas dalam beraktivitas, smartphone bisa untuk hal-hal yang positif untuk diri sendri, misalnya sebagai berikut:

1. Belanja: Di zaman teknologi ini, berbelanja menggunakan samrtphone bukan lagi hal yang mustahil. Cara bijak menggunakan smartphone yaitu ketika Anda berbelanja benda yang bermanfaat untuk diri sendiri atau orang lain.

2. Mendapatkan Berita Terbaru: Kecepatan berbagi informasi di smartphone juga dimanfaatkan untuk memperoleh berita dan kabar-kabar lainnya sehingga dapat mempengarahui suasana hati sebelum melakukan aktivitas.

4. Berkomunikasi: Saling bertukar kabar dan memberikan dukungan atas dasar kebaikan akan meningkatkan kualitas hubungan sosial Anda. Cara bijak menggunakan smartphone ini akan mampu membangun hubungan baik antar sosial.

5. Jauhkan Smartphone Ketika di Acara yang Penting

Ketika Anda berada dalam acara penting hormatilah momen tersebut dengan cara menghindari gangguan dari smartphone. Jika tidak memungkinkan untuk menjauhkan smartphone, maka cara bijak menggunakan smartphone ketika di acara yang penting adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Mode "Silent": Gangguan suara notifikasi akan didengar oleh orang disekitar Anda. Demi kebaikan bersama, pindahkan mode suara smartphone ke mode sunyi. Cara bijak menggunakan smartphone ini membantu meningkatkan konsentrasi orang sekitar. Oleh karena itu Anda dan orang lain tetap bisa fokus.

2. Simpan Smartphone di Tas atau Kantong: Untuk sementara waktu, jauhkan jangkauan smartphone ke tempat-tempat yang mudah untuk dilihat seperti contohnya yaitu meja. Pada saat acara penting telah dimulai,, cara bijak menggunakan samrtphone adalah sementara waktu masukan ke tas agar tidak mengganggu konsentrasi Anda.

3. Berikan Waktu Khusus untuk Memeriksa Smartphone: Jika Anda merasa perlu untuk memeriksa smartphone selama acara, tentukan dahulu waktu khusus untuk melakukannya, misalnya setelah acara selesai atau saat istirahat. Lagi-lagi cara ini demi mengurangi gangguan yang menyebabkan fokus menjadi terganggu

Bijaklah Ketika Beli Tisu dan Kertas Nasi Seacara Online

Belanja online bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Beli tisu dan kertas nasi adalah hal yang sering dilakukan ketika Anda sedang berselancar dengan internet. Tisu dan kertas nasi produksi PT Suparma Tbk adalah salah satu produk yang bisa Anda miliki dengan mhanya berbekal internet dan smartphone.

Kami menyadari bahwa berbelanja online tidak selamanya mengntungnya pembeli. Oleh karena itu cara bijak menggunakan smartphone ketika ingin beli tisu dan kertas nasi produksi PT Suparma Tbk yaitu membelinya di tempat pembelian sebagai berikut:

  • E comeerce Suparma
  • Tiktok Shop
  • Official Shopee Jakarta
  • Official Shopee Surabaya
  • Official Shopee Bandung
  • Official Tokopedia Jakarta
  • Official Tokopedia Surabaya
  • Official Tokopedia Bali
  • Official Tokopedia Bandung
  • Official Blibli Surabaya
  • Official Blibli Jakarta
  • Official Blibli Bandung
  • Official Lazada Jakarta

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 23 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer