Tutorial Cara Bungkus Nasi Padang yang Anti "Ambyar"


 

Apakah Anda salah satu orang yang suka membungkus nasi padang? Coba llihatlah pedagang tersebut, caranya membungkus berbeda dengan  teknik membungkus nasi bungkuspada umumnya. Ternyata teknik pelipatan tersebut bisa dipelajari sendiri dengan meniru tutorial cara bungkus nasi padang seperti dalam artikel ini.

Teknik pembungkusan yang berbeda itu bertujuan agar menjaga nasi dan lauk-pauk didalamnya tidak tercerai-berai. Mengingat bahwa nasi padang yang dibungkus porsinya lebih banyak karena beragam alasannya.

Baca juga:

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, ikutilah tutorial yang berikut ini. Kemudian kami akan menginformasikan merek kertas bungkusnasi yang digunakan oleh banyak warung nasi padang di Indonesia. Bacalah hingga akhir untuk mendapatkan informasi tersebut.

Begini Cara Bungkus Nasi Padang

Cara bungkus nasi padang ini bisa Anda tiru krena mudah untuk ditiru,. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Siapkan Aneka Kertas yang Digunakan

Cara bungkus nasi padang yang pertama adalah menyiapkan kedua kertas khusus. Kertas bungkus nasi lapisan pertama yaitu kertas nasi berlogo restoran nasi padang. Kertas tersebut berwarna putih dengan tambahan logo atau identitas dari warung nasi padang.

Setelah itu kertas tersebut dilapisi dengan kertas nasi coklat. Inilah kertas nasi yang akan bersentuhan langsung dengan nasi serta lauk yang dipesan oleh pembeli.

2. Lapisi Dengan Daun Pisang

Cara bungkus nasi padang ini tidak selalu dilakukan oleh kebanyakn warung makan nasi padang. Hal itu karena kertas nasi yang digunakan tersebut sudah dilapisi dengan lapisan licin yang membuatnya aman dan anti rembes.

Daun pisang yang digunakan ukurannya lebih kecil daripa kertas bungkus nasi. Biasanya pelapisan tersbut tdigunakan hanya untuk memastikan agar nasi dan lauk di dalamnya tidak bocor.

3. Lipat Kertas Bungkus Jadi Dua

Kertas nasi dilipat menjadi dua. Lipatan tersebut berbentuk memanjang. Lipatan ini berguna unuk memudahkan pdagang nasi padang saat melakukan lipatan yang berikutnya.

4. Lipat Pinggir Kiri Kertas Bungkus

Ambil beberapa sisi pinggir kertas nasi tersebut dan lipat ke dalam. Lipatan itu berguna untuk menghasilkan bentuk yang sedikit yag menyerupai corong dan menjadikan ruang yang cukup lapang untuk memasukan lauk, sayur, dan lauk yang dipilih.

5. Masukan Lauk yang Dipilih

Urutan memasukan lauk nasi padang yaitu nasi, sayuran, sedikit siraman kuah, sambal, dan lauk-pauk yang dipilih. Urutan tersebut tidak selalu dilakukan secara berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan kebutuhan dari pembeli nasi padang.

Jika pembeli memilih lauk yang besar atau lebih dari satu, letakanlah lauk-lauk tersebut ke tersusun di atas nasi. Hal itu berguna untuk bantu menghasilkan ;ipatan nasi bungkus yang meninggi.

6. Padatkan Nasi dan Lauk

Cara bungkus nasi padang ini bertujuan untuk menghasilkan  "gundukan" sehingga bungkus nasi tersebut seolah lebih tinggi daripada bungkus nasi bungkus yang lainnya.

Memadatkan nasi dan lauk ini bisa dilakukan dengan menggunakan sendok. Selain itu, Anda bisa memadatkannya deng mendorongkan menggunakan sisi kertas nasi  yang tidak terlipat sebelumnya. Caranya yaitu dengan melipat sisi tersebut kemudian dipadat dan didorong-dorongkan dengan menggunakan tangan dari luar kertas nasi

7. Lipat Kertas Bungkus Nasi di Sisi yang Lainnya

Setelah dirasa nasi dan lauknya cukup padat, lipatlah sisi kertas nasi yang sebelumnya digunakan untuk mendorong-dorong nasi dan lauk nasi padang.

Lipat ke arash atas terlebih dahulu. Pastikan sisi tengahnya sudah menyantu dengan sisi kertas nasi yang sudah dilipatkan pada cara bungkus nasi padang di nomor 4 (empat). .

Setelah itu, sisi kanan dan kiri kertas itu dilipat "menyelimuti" bagian kertas nasi yang sebelumnya sudah terlipat. Lihatlah, bungkus nasi padang itu akan membentu gunungan.

8. Tutup Bagian Atas Bungkus Kertas Nasi

Lipatan yang sudah Anda lakukan akan menghasilkan "rongga" di atas lipatan nasi padang. Agar nasi padang bungkus tidak terkena debu atau kotoran dari luar lebih baik tutuplah dengan melipatnya.

Lipatlah dengan rapi agar tidak merusak estetika lipatan nasi padang. Agar semakin mempererat, gunakanlah karet dengan cara merekatkannya dari atas ke bawah.

Kertas Bungkus Nasi yang Digunakan untuk Nasi Padang

Cara bungkus nasi padang di atas berbeda dengan membungkus nasi yang lainnya. Ternyata penyebab perbedaan bungkusan nasi tersebut karena aneka lauk yang digunakan.

Oleh karena itu mereka menggunakan kertas nasi yang sembarangan. Hal itu karena kertas nasi tersebut anti rembes sehingga tidak bocor. Hal itu sangat diperlukan apalagi lauk-pauk didalam bungkusan nasi padang sedikit basah karena menggunakan kuah santan.

Untuk itu pmerek kertas nasi yang digunakan untuk membungkus nasi padang yaitu Laminated Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah. Milikilah untuk membungkus aneka nasi sesuai keperluan Anda dengan membelinya di sini:

  • E Commerce  Kertas Nasi Cap Gajah
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Shopee Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bali
  • Tokopedia Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Surabaya
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • Blibli Kertas Nasi Cap Gajah Bandung
  • Lazada Kertas Nasi Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop Kertas Nasi Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 23 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer