6 Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau 100% Berhasil



 

Hari Raya Idul Adha 2024 akan diselenggarakan sebentar lagi. Saatnya untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan termasuk tata cara memasak daging kambing yang benar agar bau khas kambing bisa hilang. Sambil menunggu Hari Raya Idul Adha 2024 tiba maka ketahuilah cara masak daging kambing agar tidak bau dalam bacaan ini.

Padahal daging kambing bisa dimasak menjadi apa saja, baik yang digoreng maupun yang berkuah. Sayangnya beberapa orang memilih untuk mengolah daging lainnya karena mereka kesulitan menghilangkan aroma daging kambing yang prengus atau bau.

Ternyata menghilangkan bau pada daging kambing sangatlah mudah, seperti cara-cara yang berikut ini:

1. Jangan Cuci Daging Kambing

Cara masak daging kambing agar tidak bau ini sebaiknya dilakukan sebelum daging kambing dimasak. Jangan cuci daging kambing dulu ya karena daging kambing semakin mengeluarkan bau khas kambing dan teksturnya malah menjadi semakin alot.

Namun jika sudah terlanjur dicuci, langsung tambahkan dengan garam dapur secukupnya. Cara masak daging kambing agar tidak bau dengan cara menambahkan garam dapur pada air cucian daging kambing ini bertujuan untuk menetralisir bau prengusnya

2. Hilangkan Lemak di Daging Kambing

Menurut drh. Aji Winarso Dosen di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (Undana), daging kambing bau prengus berasal dari kelenjar di pangkal tanduk. Kelenjar itu kemudian menyebar ke kulit dan daging sehingga bau prengus tercium saat kita ingin mengolah daging kambing.

Selain itu penyebab bau prengus pada daging kambing berasal dari lemak kambing yang mengandung Senyawa Karbonil dan Asam-Asam Lemak. Cara masak daging kambing agar tidak bau ini lebih mudah apabila daging kambing telah dibekukan terlebih dahulu. Proses tersebut membuat lemak pada daging kambing menjadi padat dan mudah untuk dipotong.

3. Lumuri Daging Kambing dengan Nanas

Umumnya orang mengenal kemampuan buah nanas untuk mengempukkan daging sapi dan kambing.  Ternyata, nanas juga bisa hilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya, potong atau parut nanas segar, kemudian balurkan ke daging yang akan dimasak dan tunggu minimal 20 menit.

Cara masak daging kambing agar tidak bau ini harus dilakukan sebelum daging kambing dibersihkan. Hal itu agar bau prengusnya bisa hilang dengan sempurna.

4. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya ampuh untuk menghilangkan bau prengus dan bikin daging kambing empuk. Cara ini harus dilakukan sebelum daging dimasak dan setelah dilumuri oleh buah nanas. Kemudian bungkus dan remas daging kambing pakai daun pepaya selama minimal 45 menit.

5. Baluri dengan Rempah-rempah

Ini adalah cara masak daging kambing agar tidak bau ketika ingin langsung dimasak. Pastikan rempah-rempah yang digunakan masih dalam keadaan segar agar bau prengus pada daging kambing hilang secara optimal.

Rempah-rempah yang dilumuri pada daging kambing untuk menghilangkan bau adalah jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bawang putih yang dihaluskan. Diamkan sebentar, lalu tambahkan bumbu lainnya sesuai menu masakan yang akan dibuat.

Baca Juga:

7 Resep Masakan Daging Kambing Berkuah yang Paling Populer

6. Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Rebus Dengan Cara Direbus

Menurut dr. Devia, cara masak daging kambing agar tidak bau ini lebih sehat karena dapat mengurangi kandungan lemak di daging kambing. Justru daging kambing yang digoreng akan menambah kandungan lemak sehingga menyebabkan bau prengus sulit hilang.

Rebus daging kambing kurang lebih selama tiga jam lebih menggunakan suhu rendah. Teknik ini akan menghilangkan bau prengus pada daging kambing sekaligus mengempukkan daging kambing

Dapur Bebas Amis Cukup Sekali Usap Saja!

Aroma khas kambing akan memenuhi seluruh ruangan di dalam rumah. Hal itu bisa terjadi karena Anda lupa membersihkan sisanya dengan baik.

Sebelum Anda melakukan cara-cara di atas, sebaiknya sediakan tisu dapur Plenty karena terbuat dari bahan baku yang berkualitas dan tebal daripada merek lainnya*. Dengan kualitas premium itu maka sisa lemak dan percikan kotoran penyebab bau amis akan hilang sehingga anggota keluarga terasa lebih nyaman tanpa gangguan aroma yang tidak sedap.

Tissue Plenty #AnytimeAnywhere senantiasa membantu Anda menjaga kebersihan. Milikilah sekarang tisu dapur Plenty 100% original harga terjangkau di Toko Resmi Tissue Plenty.

Referensi:

https://www.bango.co.id/tipsdantrik/6-cara-memasak-daging-kambing-agar-empuk-dan-tidak-bau.html

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/cara-memasak-daging-kambing-agar-empuk-dan-tidak-bau

 



Diposting oleh : Ella
pada 04 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer