Mudah Banget! Ini Cara Mematangkan Alpukat Pakai Tisu


 

Anda sedang menjalankan hidup sehat? Jangan lupa sediakan buah-buahan segar misalnya alpukat. Jangan panik kalau Anda malah membeli buah alpukat yang masih mentah. Anda bisa melakukan cara mematangkan alpukat pakai tisu seperti pada artikel ini.

Iya tisu, Anda tidak salah membaca. Lembaran tisu bisa membantu alpukat cepat matang. Jadi, Anda bisa menikmatinya tanpa menunggu waktu yang lama.

Jika sudah matang, alpukat bisa diolah menjadi berbagai macam jenis minuman yang menyehatkan. Dicampur dengan beberapa toping dan susu kental manis menambah kesehatan minuman yang berbahan dasar alpukat tersebut.

Tidak hanya itu, alpukat yang matang pun juga enak dikonsumsi langsung. Teksturnya yang empuk dan lembut dengan rasa yang khas membuatnya digemari oleh semua orang. Buah ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Jadi jangan khawatir saat ingin mengonsumsinya.

Bagi Anda pecinta buah alpukat, artikel ini cocok untuk menambah pengetahuan Anda. Simak artikel ini sampai habis untuk menambahkan informasi Anda.

Khasiat Buah Alpukat

Tak afdol rasanya jika membahas cara mematangkan buah alpukat pakai tisu tanpa mengetahui kandungan baik yang terkandung di dalamnya. Buah dengan nama latin Persea Americana ini terkandung 9 (sembilan) macam vitamin yang bermanfaat sangat penting bagi tubuh penikmatnya.

Vitamin B5 pada alpukat berfungsi untuk mengurangi stres dan kolestrol tinggi. Jika Anda mengalami nyeri persendian atau Arthiritis, buah alpukat mampu meringankan rasa sakit tersebut.

Bagi orang yang mengalami gangguan tidur, alpukat bisa bantu Anda memiliki jam tidur yang lebih teratur. Hal itu karena alpukat memiliki kandungan vitamin B6.

Mungkin Anda akan melakukan cara mematangkan alpukat pakai tisu untuk digunakan masker pada wajah? Ya, itu juga termasuk dalam manfaat buah alpukat. Buah ini berfungsi sebagai anti-aging alami karena kandungan vitamin E di dalamnya.

Bukan hanya anak muda yang harus mengonsumsi alpukat. Orang lanjut usia (Lansia) juga berhak mengonsumsi buah berwarna hijau ini. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan terkontrol, maka khasiat vitamin K pada alpukat akan dirasakan oleh tubuh para lansia misalnya mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau Osteoporosis.

Meskipun punya beberapa khasiat untuk tubuh, mengonsumsi alpukat harus dikontrol. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi beberapa penyakit baru.

Penyakit kronis lainnya juga bisa dicegah dengan menggunakan buah alpukat yaitu terbantu oleh kandungan Vitamin C. Kandungan itu berkhasiat untuk mengurangi beberapa kelainan penyakit mata, kolestrol dan penyakit jantung.

Penyakit kronis stroke juga bisa diatasi oleh alpukat adalah Potassium. Tekanan darah tinggi pun juga bisa dicegah oleh kandungan ini karena mampu menurunkan tekanan darah tinggi,.

Bagi perempuan yang sedang hamil, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan folate untuk kesehatan ibu dan bayi. Dengan mengetahui informasi cara mematangkan alpukat dengan tisu maka kebutuhan folate bisa terpenuhi.

Hingga kandungan dua macam Omega juga terkandung dalam alpukat, yaitu Omega-6 dan Omega-9. Omega 6 berfungsi untuk menjalankan fungsi otak dengan baik. Sedangkan Omega 9 bantu mengurangi radikal bebas dan membakar lemak pada tubuh. Oleh karena itu buah alpukat banyak dipilih untuk diet yang alami.

Itulah sembilan kandungan alpukat sangat bermanfaat untuk tubuh. Masih ragu untuk mengonsumsi alpukat?

Cara Membedakan Alpukat yang Mentah dan Matang

Sederhana saja, Anda cukup melakukan tiga cara untuk memastikan alpukat benar-benar matang. Tiga cara tersebut adalah: lihat, pegang, goyang.

1. Lihat

Pertama-tama lihatlah kulitnya. Buah alpukat yang matang sempurna memiliki warna kulit hijau tua. Sedangkan alpukat yang mentah akan berwarna hijau terang.

Lihat pula pada bagian pangkal tumbuhnya buah alpukat. Bagian tersebut sering disebut dengan bagian bawah alpukat. Jika berwarna hijau, itu tandanya alpukat sudah matang. Namun jika pangkal tersebut terlihat masih coklat, jangan dibelah dahulu. Itu berarti buah alpukat belum matang sempurna.

2. Pegang

Ini cara yang sering orang gunakan. Jelas, alpukat yang matang akan memiliki tekstur yang lebih empuk saat di pegang. Sedangkan alpukat yang masih mentah memiliki tekstur yang keras. Jadi alpukat tersebut belum bisa dikonsumsi.

3. Goyang

Biji alpukat yang matang akan lepas dari dagingnya sehingga saat kita goyangkan maka akan terdengar pantulan biji di dalamnya. Sebaliknya, saat kita goncangkan buah alpukat yang mentah, kita tidak mendengar pantulan dari biji buah tersebut. Hal itu karena biji alpukat mentah masih menempel pada daging buah.

Cara Mematangkan Alpukat Pakai Tisu

Meskipun sudah menggunakan teknik tersebut, pasti ada saja beberapa buah alpukat yang luput dari pengecekan kita. Tak heran, Anda pun akan mendapatkan alpukat yang mentah dalam kantong belanja Anda.

Tidak perlu mengembalikannya. Anda bisa melakukan cara mematangkan alpukat pakai tisu di rumah. Kami punya cara yang sederhana untuk mematangkan alpukat hanya 2-3 hari saja.

Pertama-tama, sisihkan antara alpukat yang matang dan mentah. Pemisahan ini berguna agar kita tidak salah memilih alpukat yang ingin dimatangkan. Jangan lupa, siapkan pisau dan talenan yang bersih untuk mengiris bagian bawah alpukat.

Ingat, pisau dan talenan yang bersih. Penggunaan alat-alat dapur yang bersih tentunya sangat diperlukan untuk mengurangi penyebaran bakteri selama di dapur. Baca artikel di bawah ini untuk menambah wawasan Anda mengenai kebersihan di dapur.

Baca juga:

  • artikel "peralatan dapur lengkap"
  • artikel "cara menjaga kebersihan di dapur"

Cara mematangkan alpukat pakai tisu berikutnya adalah mengiris ujung alpukat. Pilihlah ujung alpukat yang berdiameter kecil untuk kemudian dipotong menggunakan pisau yang bersih. Potonglah kurang lebih 2 sentimeter, tidak perlu banyak-banyak. Ukuran tersebut dirasa cukup untuk ditutupi dengan tisu nantinya

Setelah dipotong, segeralah untuk menutupinya dengan tisu. Pastikan tisu telah menutupi lubang bekas potongan tersebut.

Agar lebih menempel dengan sempurna, rekatkan tisu dengan buah alpukat menggunakan isolasi bening. Rekatkanlah tisu dengan benar hingga lubang alpukat benar-benar tertutup oleh tisu.

Cara mematangkan alpukat pakai tisu ini harus dilakukan segera mungkin setelah ujung telah dipotong. Hal itu bertujuan agar kotoran maupun bakteri tidak menempel di alpukat yang dapat menghambat pematangan alpukat. Bisa jadi, alpukat tersebut menjadi busuk karena sudah terkontaminasi kotoran dan bakteri sebelum ditempelkan menggunakan tisu.

Setelah itu, letakkan alpukat tersebut ditempat yang aman. Letakkanlah pada suhu ruangan dan hindari tempat dengan langsung yang terpapar matahari. Ini akan membuat alpukat cepat layu dan proses pematangannya pun jadi terganggu.

Tunggulah hingga 2-3 hari, dan cobalah untuk memegang alpukat tersebut. Jika sudah empuk, maka cara mematangkan alpukat pada tisu dinyatakan sudah berhasil.

Bukalah penutup dari tisu di ujung alpukat, dan belahlah buah tersebut untuk dikonsumsi atau dijadikan campuran minuman yang segar.

Anda bisa melihat caranya secara visual melalui Link ini.

Pakai Tisu Ini untuk Mematangkan Alpukat

Pilihlah tisu yang berbahan dasar 100% serat alami. Bahan baku tersebut dijamin kebersihannya sehingga tidak menimbulkan kontaminasi bakteri. Selain itu pilihlah tisu dengan ketebalan yang baik. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan alpukat dengan matang yang sempurna.

Semua itu dimiliki oleh tisu Plenty. Kami menggunakan 100% virgin pulp dengan ketebalan 3 Ply. Mematangkan alpukat jadi lebih seru.

ecommerce suparma

 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 16 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer