5 Cara Membersihkan Sendok yang Berkarat 100% Ampuh


 

Sendok yang terbuat dari stainless steel masih diminati ditengah maraknya aneka warna dan model sendok dari plastik. Sayangnya sensok dari sainless steal punya kekurangan yaitu dapat berkarat. Ternyata ada cara membersihkan sendok yang berkarat agar bisa digunakan kembali.

Stainless steel masih bisa berkarat dalan keadaan tertentu. Penyebab sendok stainless stell berkarat yang pertama adalah karena diletakan pada wadah yang lembap dengan waktu yang lama. Penyebab sendok berkarat lainnya adalah karena pemakaian yang tidak tepat sehingga terkena zat-zat pemicu proses pengaratan.

Jika Anda punya sendok yang mulai berkarat, jangan buru-buru dibuang. Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Rendam dengan Cairan Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga bisa digunakan untuk mengembalikan kilau sendok yang berkarat. Cara  membersihkan sendok yang berkarat cukup dengan merendam sendok yang berkarat dalam cuka semalaman.

Untuk membersihkan karat secara maksimal, lebih baik menggunakan cuka sari apel daripada cuka putih. Meskipun cuka putih juga efektif, namun tidak sebaik cuka sari apel dalam menghilangkan karat.

2. Rendam Dengan Perasan Jeruk Nipis

jeruk nipis

Taburkan garam ke bagian sendok yang berkarat dan biarkan beberapa saat. Setelah itu masukkan pisau ke dalam gelas atau mangkuk yang berisi air perasan lemon atau jeruk nipis.

Cara membersihkan sendok yang berkarat ini harus direndam dengan waktu yang lama hingga karat mulai terlihat luntur. Jika terlihat luntur kemudian kikis sisa karat dengan bola penggosok alumunium.

3. Rendam Dengan Minuman Bersoda

Rendam sendok yang berkarat dalam gelas atau mangkuk yang diisi dengan minuman soda kola. Periksa setengah jam kemudian, pasti karat mulai pudar.

Jika setelah setengah jam karat belum sepenuhnya pudar, teruskan merendam hingga karat benar-benar hilang.

Cara membersihkan sendok yang berkarat ini perlu dilakukan berulang-ulang. Sampai karat di sendok mulai berkurang, kemudian gosokan hingga karat menghilang.

4. Gosok Sendok Dengan Baking Soda

baking soda

Cara membersihkan sendok yang berkarat yang pertama ini dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta baking soda pada bagian sendok yang berkarat, lalu gunakan spons pembersih atau bola penggosok alumunium untuk menggosok bagian yang berkarat hingga karatnya hilang.

Ternyata baking soda juga digunakan untuk membersihkan kompor yang kotor. Itu membuktikan jika baking soda dapat membersihkan peralatan masak yang terampuh

Baca Juga:

5. Menggunakan Kentang

kentang

Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat. Pertama, tusukkan sendok yang berkarat ke dalam kentang dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, angkat sendok dari kentang dan gosok dengan bola penggosok alumunium sampai bersih.

Cara kedua, iris kentang menjadi dua bagian, lalu lapisi bagian dalamnya dengan baking soda secukupnya. Gosok dengan kuat bagian sendok yang berkarat pada kentang yang sudah dilapisi baking soda hingga karatnya mulai luntur.

Kentang dapat digunakan untuk menghilangkan karat di peralatan masak karena mengandung Asam Oksalat. Asam Oksalat berfungsi untuk memecah karat sehingga karat itu mudah dibersihkan saat digosokkan. (Sumber: Kompas)

Keringkan Sendok Pakai Tisu yang Tepat

Setelah melakukan cara membersihkan sendok yang berkarat di atas, jangan lupa keringkan lagi agar bersih maksimal. Proses pengeringan sendok itu cukup mudah dengan mengandalkan tisu yang tepat.

Tisu yang digunakan untuk mengeringkan sendok harus yang bersertifikat Food Grade. Dengan menggunakan itu maka dijamin tidak akan ada zat kimia yang tertinggal di sendok ketika akan digunakan.

Selain Food Grade, tisu yang tepat untuk mengeringkan sendok yaitu yang memiliiki ketabalan 2 Ply beserta emboss yang merata. Dengan begitu maka sisa percikan air akan cepat terangkat hanya dengan sekali usap.

Tisu untuk mengeringkan sendok yang sudah Food Grade adalah Tissue Kitchen Towel Plenty. Mulai dari menyerap minyak, menghilangkan noda, hingga membersihkan peralatan masak, semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan Tissue Kitchen Towel Plenty.

Tissue Kitchen Towel Plenty, #AnytimeAnywhere jaga kebersihan peralatan masak Anda

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 09 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer