Cara Menghilangkan Noda Tinta Pakai 9 Alat yang Sederhana


 

Noda tinta selalu ditemukan di baju kertja atau seragam anak. Noda itu muncul karena kebiasaannya yang kerap memasukan ballpoint ke dalam saku pakaian. Tak perlu resah, noda tersebut bisa dihilangkan dengan melakukan cara menghilangkan noda tinta pada artikel ini.

Tinta adalah salah satu noda yang sulit hilang saat menempel di baju kita. Hal itu karena tinta terbuat dari campuran beberapa zat kimia sehingga pigmen yang dihasilkan lebih lengket hingga sulit untung dihilangkan apalagi saat dibiarkan lama.

Oleh karena itu segra lakukan pembersihan dengan mengguakan benda-benda ini dan aplikasikanlah dengan tisu yang tepat. Tisu itu punya emboss yang merata ke seluruh permukaan. Selain itu setiap lembaran kuat yang membuatnya tidak mudah rontok,

Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara, alat yang dibutuhkan, serta jenis tisu yang dimaksud.

Cara Menghilangkan Noda Tinta

Mudah saja, cara menghilangkan noda tinta yaitu dengan menggunakan alat untuk menghilangkan noda tinta.

1. Cuka dan Sabun Cuci Piring

Di dapur Anda pasti ada cuka, bukan? Selain menyedapkan rasa makanan, cuka digunakan sebagai alat untuk menghilangkan noda tinta.

Cara menghilangkan noda tinta dengan cara mencampurkan cuka dengan sabun cuci piring setengah sendok makan satu sendok makan (sdm) cuka. Setelah itu oleskan campuran itu ke bagian pakaian yang terkena noda tinta.

Berikutnya yaitu diamkanlah selama sepuluh menit tanpa disikat. Cucilah pakaian seperti biasa dengan deterjen pakaian bertekstir kering. Pastikan noda tinta telah hilang sepenuhnya sebelum mengeringkan pakaian.

2. Baking Soda

Baking soda adalah alat untuk menghilangkan noda tinta yang tidak kalah efektifnya. Baking soda punya sifat penyerap dan pemutih alami sehingga baking soda dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan noda tinta.

Pertama, campurkan baking soda dengan sedikit air sampai bertektur pasta. Kemudian oleskan pasta ini ke noda tinta di baju dan biarkan meresap selama beberapa menit. Setelah itu, gosokan perlahan ke area noda dan usap menggunakan tisu untuk membersihkannya. Terakhir, bersihkan pakaian seperti biasa.

3. Pasta Gigi

Selain utnuk membersihkan gigi, pasti gigi juga direkomendasikansebagai alat untuk menghilangkan noda tinta. Seperti cara menghilangkan noda tinta yang lainnya, pasta gigi ddiusapkan ke noda tinta. Pastikan pasta gigi telah menutupi rata ke seluruh noda tinta di baju.

Kemudian gosokan dengan sikat gigit atau tisu yang lembut. Ulangi cara itu jika nodanya masih terlihat. Pasta gigi adalah salah satu alternatif yang aman dan mudah ditemukan, meskipun mungkin tidak berhasil untuk semua jenis kain atau tinta.

4. Garam

Garam, bahan dapur yang mudah ditemukan. Selain menyedapkan seluruh masakan garam juga salah satu alat untuk menghilangkan noda tinta karena memiliki sifat penyerap yang membantu mengatasi noda tinta.

Cara menghilangkan noda tinta ini dengan cara menambahkan sedikit garam ke noda. Kemudian biarkan garam sampai meresap selama beberapa menit. Setelah itu, gosok noda dengan jenis tisu yang kami sarankan di akhir artikel ini. Cara terakhir yaitu cuci baju seperti biasa dengan menggunakan detergen.

5. Alkohol

Alkohol adalah alat untuk menghilangkan noda tinta dengan cara melarutkan tinta pada kain. Cara menghilangkan noda tinta yaitu cukup mengoleskan alkohol pada area yang terkena noda tinta. Tepuk-tepuk area tersebut dengan tisu khusus untuk menyerap tinta. Menepuk-tepuk noda itu bertujuan agar tidak menyebar. Setelah itu cuci baju seperti biasa agar bersihnya maksimal.

Sebelum menggunakan alkohol, lebih baik lakukanlah uji di area yang terpencil di bagian baju. Uji coba ini dilakukan agar tidak merusak merusak warna atau kain.

6. Aseton

Aseton, juga dikenal sebagai penghapus cat kuku atau kutek. Ternyata aseton juga digunakan sebagai alat untuk menghilangkan noda tinta. Agar tidak merusak serat kain, gunakanlah Aseton lebih baik digunakan pada kain yang kokoh dan tebal seperti jeans.

Cara menghilangkan noda tinta pakai aseton yaitu dengan cara mengoleskan aseton pada bagian pakaian yang terkena noda tinta. Kemudian gosok perlahan dengan sikat gigi. Terakhir bilaslah dengan air dan sabun setelah cukup bersih.

7. Susu

Ternyata, selain menyehatkan tubuh, sumber protein hewani ini juga dimasukan dalam alat untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Susu dipilih untuk membersihkan noda tinta karena tidak merusak serat pakaian. Hal itu karena susu punya kandungan Zat Laktosa yang bantu meluruhkan noda tinta sedikti demi sedikit.

Cara menghilangkan noda tinta pakai susu yaitu panaskan susu secukupnya hingga mendidih. Kemudian celupkan pakaian yang terkena noda tinta setidaknya setengah jam sampai satu jam. Biarkan dan gosokaan lagi hingga bersih.

8. Hand Sanitizer

Hand sanitizer dijadikan alat untuk menhilangkan noda tinta karena mengandung alkohol. Ternyata kandungan alkohol itu dapat menghilangkan noda tinta di pakaian dengan efektif.

Cara menghilangkan noda tinta dengan hand sanitizer bisa dilakukan dalam keadaan darurat yaitu dengan cara meneskan alkohol dinoda langsung. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai alkohol berhasil memecah noda tinta dan membuatnya memudar. Agar bersih, uusap dengan tisu khusus agar noda dapat terangkat.

9. Tepung Maizena

Tepung maizena dapat menghilangkan noda pada pakaian. Saat membersihkan noda tinta, jadikan tepung maizena dengan tektur pasta dengan mencampurkan maizena dengan sedikit susu.

Oleskan pasta ke area pakaian yang terkena noda tinta pulpen dan tunggu hingga mengering. Setelah mengering, cuci pakaian putih Anda seperti biasa.

Gunakan Tisu untuk Bersihkan Noda Tinta

Semua benda-benda itu bisa mengangkan noda dengan maksimal dengan cara mengoleskannya dengan tisu. Gunakanlah tisu yang teoat dengan memiliki ciri-ciri punya emboss yang menyebar sempurna disetiap permukannya. Itu adalah jenis tisu hnd towel merek See U

Milikilah tisu hand towel See U dengan klik tulisan di bawah:

    Referensi:  
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 01 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer