Ciri-ciri Produk Sustainability yang Terbukti Ramah Lingkungan


 

Gerakan Green Living semakin marak dilakukan oleh banyak orang. Mereka memulainya dengan cara memilih produk yang sudah menganut sustainability atau berkelanjutan. Jika Anda juga melakukannya, ketahuilah ciri-ciri produk sustainability sebelum membelinya.

Anda akan semakin berhati-hati dalam memilih barang yang ingin dimiliki. Kewaspadaan itu berkat kesadaran yang semakin baik terhadap lingkungan pada jangka waktu yang lama.

Kita patut berbangga sebagai warga Indonesia karena produk sustainability semakin mudah didapatkan dan dimiliki. Tak heran jika salah satu barang itu kerap digunakan oleh pedagang nasi disekitar kita, apakah itu? Anda akan menemukan produk sustainability yang dimaksud di artikel ini.

Disamping itu artikel ini akan membahas tentang pengertian sustainability. Maka dari itu lengkapilah pengetahuan Anda dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Sustainability Adalah

Sebelum mengetahui ciri-ciri produk sustainability, ketahuilah definisi dari sustainability. Secara etimologis, Sustainability termasuk pada kata berbahasa Inggris yang berarti 'keberlanjutan'. Dengan demikian sustainability adalah langkah atau metode manusia yang dilakukan secara sadar dan proaktif agar memberikan dampak yang positif untuk bumi dan seisinya.

Terdapat tiga lingkup kerangka waktu sustainability, yaitu: memperbaiki kesalahan di masa sebelumnya, mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah saat ini, dan juga membangun peninggalan untuk generasi di masa mendatang. Manusialah yang memiliki peran besar untuk menjalankan sustainability. Berbekal keilmuwan dan kemampuan yang dimiliki setiap manusia maka sustainability dapat dijalankan dengan maksimal sehingga manfaatnya pun akan dirasakan dikemudian hari.

Ciri-ciri Produk Sustainability

Setelah mengetahui definisi sustainbility, saatnya kita untuk sama-sama melakukannya. Dimulai dari memilih produk-produk yang sudah sustainbility.

Ciri-ciri produk sustanability yang layak untuk Anda pilih yaitu memuat hal-hal yang berikut ini:

1. Terbuat dari Bahan yang Ramah Lingkungan

Ciri-ciri produk sustainability yang pertama dan terpenting adalah dilihat dari bahan baku yang digunakan. Pemilihan bahan baku yang sudah sustainability menunjukkan komitmen produsen suatu produk terhadap perlindungan lingkungan dan juga  upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Bahan baku yang dipilih pada produk sustaibility diantaranya yang meninggalkan jejak karbon yang rendah, dan tidak merugikan ekosistem lingkungan secara berkepanjangan. Kdua hal tersebut sudah tergolong dalam bahan baku yang memenuhi syarat untuk disebut diolah menjadi produk yang sustainability.

Selain itu bahan baku yang sudah sustainability didapatkan dari proses yang bertanggung jawab. Artinya, proses pengambilan bahan baku tersebut  tidak melibatkan deforestasi atau penggundulan hutan.

Demi memenuhi kebutuhannya maka bahan bakunya diambil dari hutan yang dikelola dengan baik atau pemilihan sumber daya alam. Dengan demikian hutan tersebut dapat diperbaharui tanpa mengancam keberlanjutan ekosistem.

Selain itu, ciri-ciri produk sustainability adalah memanfaatkan bahan alternatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti penggunaan plastik biodegradable dan bahan daur ulang. Penggunaan dua bahan baku ini  dapat membantu mengurangi ketergantungan bahan baku yang didapatkan dari alam yang menyebabkan permasalahan lingkungan.

2. Menggunakan Kemasan yang Berkelanjutan"

Kemudian, ciri-ciri produk sustainability juga dapat dilihat dari packaging atau kemasan yang digunakan. Produsen suatu produk yang sustainbility akan senantiasa berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan dengan menciptakan kemasan yang ramah lingkungan.

Selain itu packaging yang ramah lingkungan yaitu yang terbuat dari bahan yangtidak terpakai namun tetap layak untuk digunkan. Pemilihan ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang merugikan untuk setiap indivisu dan lingkungan.

3. Tidak Menggunakan Bahan yang Berbahaya

Produk yang sustainability pasti menggunakan bahan yang aman dan tidak mengandung zat beracun atau berbahaya misalnya timah berat, merkuri, formaldehida, ftalat, dan bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat membahayakan tubuh manusi dan lingkungan.

Ciri-ciri produk sustainability ini jadi contoh tanggung jawab suatu produsen terhadap keamanan pelanggan saat menggunakannya. Dengan menggunakan bahan yang aman dan menjalankan pengujian produk yang menyeluruh, konsumen dapat menggunakan produk dengan meminimalisir risiko kesehatan. Itulah yang membuat produk sustanibility diminati bukan hanya karena menjaga lingkungan akan tetapi menjaga ksehatan setiap penggunanya. Dengan demikian produk sustainability aman untuk digunakan secara terus-menerus.

4. Telah Bersertifikat Berkelanjutan

Ciri-ciri produk sustainability yang tidak kalah penting adalah mengantongi berbagai sertifikasi yang telah terpeercaya. Dengan beragam sertifikasi tersebut berguna untuk bahan pembuktian bahwa produk tersebut telah memenuhi standart yag berkelanjutan.

Sertifikasi tersebut dapat menjadi jaminan untuk pelanggan karena produk tersebut telah melewati proses penilaian dan memenuhi kriteria tertentu. Tentunya lembaga yang mengeluarkan sertifikasi itu adalah lembaga yang terkenal dan terkemuka. Dengan demikian maka kepercayaan pun menjadi semakin meningkat dan menghilangkan kekhawatirannya sangat menggunakan produk tersebut.

Selain produknya yang bersertifikat, akan lebih afdol jika produsennya pun juga telah bersertifikat. Baik produsen hingga produk yang bersertifikasi maka keraguan pun dapat menghilang seiring dengan berjalannya waktu yang diimbangi dengan peningkatan kualitas.

Kini semua pelanggan dapat mengetahui sertifikasi setiap produk yang sustainbility dengan mudah. Sertifikasi sebuah produk dapat dilihat dari kemasannya dengan demikian semua orang dapat mengetahuinya dengan mudah.

Salah satu produk berkelanjutan yang memberikan informasi sertifikasi dikemasannya yaitu kertas nasi Cap Gajah. Beraneka sertifikasi itu dapat Anda ketahui dengan membaca artikel di bawah ini:

Cari Produk yang Sudah Berkelanjutan, Percayakan Kertas Nasi Cap Gajah!

Kini, produk yang sudah berkelanjutan atau sustainbility merambat ke produk kemasan makanan. Dengan adanya kemasan makanan yang sustainbility diharapkan dapat mengurangi keraguan kita saat menggunakanya dalam jangka waktu yang panjang.

Tahukah Anda bahwa terdapat satu pembungkus makanan yang sudah sustainbility? Bungkus kemasan itu kerap digunakan oleh pedagang nasi disekitar Anda. Dalam hal ini, produk yang sudah berkelanjutan tersebut adalah kertas nasi coklat Cap Gajah. Bahkan seluruh ciri-ciri produk sustainability diatas sudah dimiliki oleh kertas nasi cap gajah

Kertas nasi coklat Cap Gajah paling banyak digunakan oleh pedagang nasi untuk membungkus pesanan kita. Untuk menghindari kekhawatiran kita terhadap kertas nasi coklat maka produsen Cap Gajah pun menghadirkan produk kertas nasi yang berkelanjutan atau sustainbility. Dengan demikian menggunakan kertas nasi Cap Gajah berarti menjaga keberlangsungan lingkungan yang baik dalam jangka yang panjang.

Jagalah lingkungan, percayakan pembungkus makanan Anda yaitu kertas nasi coklat atau LWK Cap Gajah!

Bungkus sekarang juga dengan membelinya di bawah ini.

  • E Commerce kertas nasi coklat Cap Gajah
  • Shopee kertas nasi coklat Cap Gajah Jakarta
  • Shopee kertas nasi coklat Cap Gajah Surabaya
  • Shopee kertas nasi coklat Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia kertas nasi coklat Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia kertas nasi coklat Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia kertas nasi coklat Cap Gajah Bali
  • Tokopedia kertas nasi coklat Cap Gajah Bandung
  • Blibli kertas nasi coklat Cap Gajah Surabaya
  • Blibli kertas nasi coklat Cap Gajah Jakarta
  • Blibli kertas nasi coklat Cap Gajah Bandung
  • Lazada kertas nasi coklat Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop kertas nasi coklat Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 07 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer