3 Ciri Khas Dodol Garut yang Jadi Pembeda Dodol Lainnya


 

Layaknya jajanan tradisional Indonesia yang lainnya, Dodol Garut punya keistimewaan tersendiri. Keistimewaan itulah yang membuat dodol layak untuk menjadi oleh-oleh ketika mengunjungi Garut. Ciri khas dodol garut ini menjadikan oleh-oleh ini wajib untuk diketahui.

Dengan mengetahui ciri khasnya, maka Anda pun dapat mengeriti perbedaannya dengan dodol yang lainnya. Dengan demikian Anda pun tidak akan terkecoh dengan dodol dari kota manapun.

Agar lebih memahami tentang dodol khas garut, artikel ini akan dilengkapi dengan sejarah dodol garut. Lengkap dengan pembungku dodol garut yang bisa Anda siapkan di rumah ketika Anda membuat dodol garut di rumah.

Ciri Khas Dodol Garut

Dodol garut punya ciri khas yang membuatnya berbeda dari dodol-dodol di Indonesia yang lainnya. Berikut ini ciri khas dodol garut yang harus Anda ketahui

1. Warnanya Coklat

Ciri khas dodol garut berasal dari warna adonannya yaitu berwarna coklat. Warna coklat itu berasal dari penggunaan gula aren yang cukup melimpah.

Gula aren diambil dari nira, yaitu cairan dari bunga-bunga dari pohon dalam keluarga palma yang sama seperti kelapa, aren dan sivalan. Cara mengambil cairan nira yaitu dengan cara mengumpulkan Bunga jantan pohon aren ke dalam tabung bambu. Agar cairan nira tidak terfermentasi, maka cairan ini ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.

Gula aren dihasilkan dari nira yang mengental. Tanda-tanda cairan nira sudah menjadi gula aren yaitu terasa cukup berat saat diaduk,  campurannya pecah saat dikerok dari panci dan dituang lagi.

Faktanya, menggunakan gula aren ternyata lebih sehat daripaa menggunakan gula pasir. Faktanya, gula aren dijadikan sebagai pemanis yang lebih sehat dibandingkan gula pasir yang dilihat dari kandungan nutrisinya.

Gula aren memiliki kandungan mineral  dan kandungan vitamin B2 yang tinggi daripada gula pasir. Dengan demikian Selain itu, jenis gula ini juga mengandung vitamin B2. Jadi tidak salah untuk menjadikah gula aren sebagai pilihan pemanis alami.

2. Tekturnya Lebih Kenyal dan Lengket

Ciri khas dodol garut yaitu dirasakan pada adonannya yang lebih kenyal dan lengket. Tektsur tersebut karena adonan dodol garut terbuat dari tepung ketan.

Tepung ketan dipercaya lebih lengket daripada tepung-tepung yang lain. Tektur yang lengket itu berasal dari bahan bakunya yang terbuat dariberas ketan putih. Keras ketan putih lebih lengket karena bahan baku utama tersebut berkomposisi utama zat pati sebesar kurang lebih 90%. Dengan kadar tersebut maka terjadilah pengikatan hidrogen dan molekul-molekul tepung beras ketan putih sehingga bentuknya menjadi mengental.

Beras ketan diproses dengan cara dicuci dan ditiriskan terlebih dahulu. Kemudian beras ketan yang sudah dicuci akan digiling sampai membentuk ukuran granula yang diinginkan. Dengan demikian jadilah tepung ketan yang bisa digunakan untuk membuat dodol garut dengan resep-resep dodol garut seperti dalam artikel di bawah ini:

Baca Juga:

6 Resep Dodol Garut Serta Merek Kertas Minyak Pembungkusnya

3. Dibungkus Menggunakan Kertas Minyak

Adonan dodol garut yang lengket kemudian dikemas menggunakan kertas minyak. Ada pula pedagang dodol garut yang membungkusnya menggunakan plastik yang sudah dilengkapi dengan cap produsen.

Meskipun sudah beralih ke plastik, ciri khas dodol garut yang masih dipertahanin hingga sekarang yaitu mengguanakan kertas minyak. Kertas minyak itu berukuran kecil dengan bentuk kotak. Bentuk tersebut memudahkan produsen dodol garut saat mengemas adonan dengan kertas minyak.

Kertas minyak untuk dodol garut biasanya berwarna putih. Adonan dodol garut akan terlihat meskipun dibungkus dengan kertas minyak berwarna putih.

Keunggulan kertas minyak itu karena memiliki permukaan yang licin. Dengan demikian adonan dodol garut pun tidak akan menempel di kertas minyak tersebut

Cap Gajah, Merek Kertas Minyak Dodol Garut yang Berkualitas

Saat membeli dodol garut, lihatlah media pembungkus yang digunakan. Pilihlah dodol garut yang dibungkus dengan kertas minyak yang berkualitas. Dengan demikian menggunakan kertas minyak tersebut, setiap pengguna pun akan merasa nyaman dan aman ketika makan dodol garut. Merek kertas inyak dodol garut itu adalah Cap Gajah

Kertas minyak Cap Gajah warna putih atau Laminated Machine Glazed bisa untuk membungkus segala makanan. Bersertifikat Fppd Grade dan Halal dijamin menambah kepercayaan penggunanya. Berkat kedua hal tersebut, semua pengguna akan nyaman saat membungkuskan makanan dengan kertas minyak warna putih Cap Gajah.

#BungkusinAja dengan kertas minyak dodol garut bersama Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 23 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer