8 Contoh Kemasan Primer yang Mudah Ditemukan Sekitar Kita


 

Kemasan jadi alat pelindung aneka produk didalamnya yang terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu primer, sekunder, dan tersier. Dari ketiga jenis tersebut, kemasan primer jadi satu-satunya kemasan yang kontak langsung dengan benda di dalamnya. Agar memudahkan Anda dalam memahaminya, kami berikan contoh kemasan primer yang pasti Anda pernah temukan.

Informasi itu diharapkan jadi pengetahuan Anda dalam mengidentifikasi seluruh kemasan yang beredar di pasar. Dengan demikian Anda pun dapat menggunakannya dengan tepat sesuai fungsi yang disarankan.

Berikut ini contoh pengunaan kemasan primer sekaligu salah satu merek kemasan primer yang banyak digunakan untuk makanan. Inilah penjelasan selengkapnya.

Contoh Kemasan Primer Sekitar Kita

Tak perlu pergi ke pusat perbelanjaan untuk mengetahui contoh kemasan primer sekitar kita. Lewat artikel ini ANda akan mengetahui contoh-contoh dari kemasan primer sebagai berikut:

1. Bungkus Mie Instan

Semua merek mie instan pasti menggunakan kemasan primer. Hal itu karena mie dan bumbu didalamnya bersentungan langsung dengan kemasan tersebut. Tak heran jika mie instan mudah remuk jika terjatuh atau tertumpuk. Itu karena mie di dalamnya tidak dilapisi lagi dengan kemasan tambahan.

2. Bungkus Snack

Snacks adalah makanan ringan yang biasanya teksturnya renyah. Contoh kemasan primer untuk snack bisa beraneka jenis yang digunakan. Umumnya kemasan primer yang digunakan untuk membungkus makanan ringan yaitu berbahan plastik dan alumunium foil.

Snack di dalamnya tidak dilapisi dengan kemasan lainnya. Dengan begitu smacks itu juga rawan remuk seperti mie instan.

3. Bungkus Bumbu Dapur

Contoh kemasan primer juga dimanfaatkan oleh beraneka ragam merek bumbu dapur. Baik bentuknya serbuk maupun bumbu kental, semuanya menggunakan kemasan primer. Bumbu dapur tersebut diantara: penyedap rasa, kecap, sambal, aneka bumbu masakan nusantara, dan sebagainya.

Bungkus kemasan primer untuk bumbu dapur banyak bentuknya. Semua bentuknya sesuai dengan jenis dan isi di dalamnya.

4. Botol/Gelas Air Mineral dan Minuman Manis

Contoh kemasan primer ini jadi salah satu yang paling sering dilihat oleh kita. Baik yang bentuknya botolan hingga gelas semuanya termasuk dalam kemasan primer.

Minuman manis yang menggunakan kemasan primer diantara susu siap minum, kopi siap minum, teh siap minum, dan olahan minuman manis yang lainnya.

5. Bungkus Olahan Makanan dan Minuman Sachet

Ini juga termasuk dalam contoh kemasan primer yang ditemukan sekitar kita. Bahkan ada pula beberapa produk yang menggunakan kemasan primer yang tembus pandang. Dengan demikia isi serbuk di dalamnya sangat terlihat jelas.

6. Bungkus Peralatan Kebersihan Badan

Contoh kemasan primer juga dapat ditemukan di aneka produk kebersihan diri. Produk tersebut meliputi sabun batangan, sabun cair, shampoo, pasta gigi, dan sebagainya.

Selama kemasan tersebut bersentuhan langsung dengan produknya maka itulah yang disebut dengan kemasan primer. Namun jika produk didalamnya masih dilapisi dengan plastik, maka emasan tersebut tidak dikatakan sebagai kemasan primer.

7. Bungkus LMG

LMG adalah singkatan dari Laminated Machine Glazed. Orang awam kerap menyebut contoh kemasan primer ini dengan kertas nasi putih. Sebutan tersebut karena biasanya kemasan ini digunakan untuk membungkus nasi dan warna lembarannya putih.

LMG atau kertas nasi putih tergolong sebagai kemasan primer karena bersentuhan langsung dengan makanan di dalamnya. Tidak hanya dibungkus saja, namun LMG juga digunakan untuk alas makanan. LMG digunakan untuk alas makanan dimsum sampai pizza.

8. Bungkus LWK

Laminated Wrapping Kraft adalah kepanjangan dari LWK. Sama dengan LMG, LWK juga termasuk contoh kemasan primer. Hal itu karena dua-duanya sama bersentuhan langsung dengan makanan.

Sama-sama jadi pembungkus dan alas beberapa makanan, ternyata perbedaan LWK dan LMG tidak terlalu jauh. Selain dari warna lembarannya, perbedaan LWK dan LMG terlihat dari ukuran dan rekomendasi makanan yang disarankan untuk menggunakan kedua contoh kemasan primer tersebut.

Baca Juga:

Pilih Kemasan Primer yang Tepat Agar Masa Depan Selamat

Tak dipungkiri kemasan primer dibutuhkan oleh beberapa pedagang untuk membungkus jualannya. Dikarenakan kemasan primer berselantungan langsung dengan produk di dalamnya, maka telitilah dalam memilih kemasan primer. Apalagi jika kemasan primer digunakan untuk membungkus makanan.

Pembungkus makanan harus bersertifikat Food Grade sehingga terbukti aman digunakan. Food Grade jadi jaminan yang mutlak untuk konsumen ketika mingin mengonsumsi makanan.

Selain aman untuk dikonsumsi, pastikan kemasan itu juga untuk lingkungan. Salah satu upayanya kemasan itu adalah menggunakan teknologi Oxium agar mudah terurai tanpa meninggalkan partikel-partikel plastik. Itulah langkah yang tepat dalam memilih kemasan primet agar selamat diri sendiri dan lingkungan.

Dengan demikian pertimbangkanlah untuk menggunakan kemasan primer LWK dan LMG merek Cap Gajah. Hal itu karena Cap Gajah dtelah Food Grade dan berteknologi Oxium.

Ayo, #BungkusinAja pakai kemasan primer yang tepat agar selamat yaitu Cap Gajah. Klik toko online resmi di bawah ini untuk mendapatkannya:

 

ecommerce pt suparma

    Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 24 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer